Sukses

Bandara Juanda Sudah Beroperasi Normal

Penerbangan kedatangan pertama yaitu Citilink QG 417 dari Pontianak sedangkan untuk pemberangkatan penerbangan pertama dari yaitu Lion Air JT 856 tujuan Palembang.

Liputan6.com, Jakarta - Bandar Udara (Bandara) Internasional Juanda, Jawa Timur, dinyatakan kembali beroperasional normal berdasarkan NOTAMC A0540/19 pukul 11.56 WIB setelah sempat ditutup sejak pukul 09.15 WIB, karena perbaikan landasan pacu (runway) 10.

General Manager Bandar Udara Internasional Juanda Heru Prasetyo dalam keterangan resminya di Jakarta, Kamis, mengatakan perbaikan perbaikan runway 10 dilakukan sejak pukul 09.00 WIB hingga 11.30 WIB.

"Kami telah menyelesaikan perbaikan runway 10 sebagai bentuk komitmen terhadap keselamatan dan keamanan penerbangan. Saat ini, operasional telah kembali normal, diharapkan para maskapai dapat mempersiapkan secara kondusif keberangkatan para calon penumpang yang terkena dampak akibat penutupan sementara ini," katanya dikutip dari Antara, Kamis (7/2/2019). 

Adapun penerbangan kedatangan pertama yaitu Citilink QG 417 dari Pontianak sedangkan untuk pemberangkatan penerbangan pertama dari Bandar Udara Internasional Juanda yaitu Lion Air JT 856 tujuan Palembang.

Sebelumnya, terdapat 11 penerbangan yang terkena dampak akibat perbaikan landasan tersebut yakni Malaysia Airline (Kuala Lumpur-Surabaya), Sriwijaya Air (Taipei-Surabaya), Garuda Indonesia (Surabaya-Jember), Garuda Indonesia (Surabaya-Cengkareng) dan Garuda Indonesia (Surabaya-Cengkareng).

Selain itu juga Citilink Indonesia (Cengkareng-Surabaya), Citilink Indonesia (Banjarmasin-Surabaya), Citilink Indonesia (Balikpapan-Surabaya), AirAsia (Kuala Lumpur-Surabaya), Scoot (Singapura-Surabaya), dan Singapore Airline (Singapura-Surabaya).

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Landasan Pacu Rusak, Bandara Juanda Tutup hingga Pukul 12.00 WIB

Kerusakan pada landasan pacu atau runway di Bandara Juanda, Surabaya, membuat kegiatan penerbangan di lapangan udara tersebut menghadapi beberapa kendala pada hari ini.

Hal itu disampaikan Kementerian Perhubungan (Kemenhub) dalam sebuah pemberitahuan kepada pihak penerbang (Notice to Airmen/NOTAM) A0539/19. 

Dari informasi yang diberikan dalam NOTAM tersebut, disampaikan bahwa runway di Bandara Juanda harus ditutup untuk sementara waktu hingga pukul 12.00 WIB siang ini.

Selain itu, kerusakan pada landasan pacu juga turut membuat penerbangan menuju Batam dari Bandara Juanda terhambat, lantaran para penumpang pesawat diminta turun dari pesawat yang ditumpanginya.

Di lain sisi, penerbangan pesawat Lion Air tujuan Lombok-Surabaya yang lepas landas dari Lombok International Airport pada pukul 9.50 WITA pun harus berputar baik ke tempat semula, setelah sempat terbang selama 30 menit.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.