Sukses

Ingin Buat CV Terbaik? Ikuti 3 Tips Berikut

Liputan6.com, Jakarta - Curiculum Vitae (CV) merupakan hal pertama dan terpenting untuk mendapatkan pekerjaan impian. Ini akan memberi tahu atasan tentang siapa, bagaimana keterampilan, pengalaman, dan latar belakang pendidikan Anda.

Dengan membuat CV yang benar maka akan dapat membuka peluang Anda untuk dapat dipanggil dan masuk kedalam daftar kandidat pegawai. Dengan kata lain, CV merupakan kesempatan pertama Anda untuk menjual diri kepada calon atasan perusahaan yang Anda impikan.

Jadi siapkanlah CV Anda sebaik mungkin untuk memberikan kesan pertama yang terbaik. Perlu diingat CV Anda harus menonjol dan berbeda dari yang lain, serta buatlah CV yang menarik dan mudah untuk dibaca dalam 10 detik pertama.

Mau tahu bagimana cara membuat CV terbaik? Berikut 3 tips yang harus Anda lakukan:

1. Presentasikan diri dengan Jelas

Pastikan CV Anda disajikan dengan baik, terstruktur, dan mudah dibaca. Anda dapat membaginya menjadi beberapa bagian seperti keterampilan utama, riwayat pekerjaan, pendidikan, pelatihan dan minat.

Gunakanlah poin-poin dan kalimat yang pendek. Serta jangan lupakan ejaan, dan tata bahasa yang Anda gunakan. Usahakan CV Anda tidak melebihi 3 lembar.

 

2 dari 2 halaman

2. Perhatikan bahasa yang digunakan

Untuk membuat CV yang baik, maka gunakanlah bahasa yang profesional dan formal. Hindarilah jargon dan akronim yang sulit untuk dimengerti oleh beberapa orang.

Meskipun saat ini sudah banyak layanan jasa untuk pembuatan CV, namun sebaiknya Anda membuat CV sendiri agar ketika wawancara Anda dapat menyesuaikan jawaban yang tertera pada CV.

Jangan sungkan untuk meminta bantuan teman Anda yang lain untuk memeriksanya karena terkadang kita tidak menyadari melakukan kesalahan dalam penulisan.

3. Sesuaikan CV dengan perusahaan yang akan dilamar

Kebanyakan perusahaan akan melihat pengalaman kerja dan keterampilan yang Anda miliki apakah sesuai dengan persyaratan pekerja di perusahaan tersebut.

Untuk itu Anda harus memiliki kemampuan dan pengalaman kerja yang sesuai dan relevan dengan perusahaan tersebut.

 

Loading