Sukses

3 Fakta Eka Tjipta Widjaja, Sang Pendiri Sinar Mas

Dulunya berjualan memakai sepeda, Eka Tjipta Widjaja berjuang hingga menjadi pebisnis sukses dengan 380 ribu pegawai.

Liputan6.com, Jakarta - Pendiri Sinar Mas Eka Tjipta Widjaja baru saja tutup usia pada usia 98 tahun. Sosok Eka sudah menorehkan sejarah sebagai sosok yang berhasil mengembangkan Sinar Mas dari usaha kecil hingga menjadi sebesar saat ini.

Lahir di provinsi Fujian, China, pada 27 Februari 1921, Eka Tjipta Widjaja dan keluarganya pindah ke Indonesia ketika ia masih anak-anak. Di kota Makassar, ia merintis bisnis Sinar Mas, awalnya ia berjualan makanan.

Sekarang, Sinar Mas sudah bergerak di berbagai lini bisnis, mulai dari agribisnis, real estate, telekomunikasi, keuangan, serta mulai merambah ke bisnis digital.

Dan berikut ini Liputan6.com tampilkan 3 fakta mengenai Eka Tjipta Widjaja:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

1. Mulai Bisnis Sejak Remaja

Eka Tjipta Widjaja terlahir dalam keadaan miskin dan hanyalah lulusan SD. Menginjak usia remaja, ia memulai bisnis Sinar Mas dan berjualan makanan.

Dulunya, ia dikenal dengan nama Oei Ek Tjhong. Pada usia belia, yakni 15 tahun, ia mengandalkan sepeda dalam berdagang.

Filosofi Eka dalam berbisnis adalah kejujuran, ketekunan, dan kepedulian terhadap sekitar. Berbekal semangat tersebut, ia berhasil mengembangkan Sinar Mas hingga bisnisnya menyentuh usia 80 tahun.

Sekarang, Sinar Mas memiliki 380 ribu pegawai dan Eka Tjipta Foundation aktif di dunia pendidikan dan membagikan beasiswa.

3 dari 4 halaman

2. Miliarder Tertua

Berdasarkan data Forbes akhir tahun lalu, Eka Tjipta Widjaja adalah orang terkaya ketiga di Indonesia. Hartanya tercatat sebesar USD 8,6 miliar atau Rp 121,1 triliun (USD 1 = Rp 14.092). Namanya pun selalu muncul dalam daftar orang terkaya versi Forbes.

Usianya yang hampir 1 abad menjadikannya sosok tertua di antara para miliarder Indonesia. Berdasarkan informasi juru bicara Sinar Mas, Eka Tjipta Widjaja wafat bukan karena mengidap penyakit, melainkan karena faktor usia lanjut.

4 dari 4 halaman

3. Sosok Teladan Bagi Orang Sekitar

Berkat filosopi kepedulian yang ia anut, Eka Tjipta Widjaja menjadi populer di kalangan pegawai. Kepedulian terhadap pegawai pun menjadi salah satu prinsip Sinar Mas.

Filosofi kejujuran, kredibilitas, dan tanggung jawab kepada keluarga, pekerjaan, dan sosial, menjadi kompas hidup Eka Tjipta Widjaja dan turut berperan sebagai nilai-nilai luhur yang digenggam Sinar Mas dan para pegawainya.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.