Sukses

9 Hobi Ini Bisa Datangkan Uang Tambahan

Liputan6.com, Jakarta - Kerja sampingan memberikan kesempatan untuk mendapat penghasilan kedua. Sayangnya, tidak semua orang memiliki waktu atau tenaga untuk melakukan pekerjaan kedua.

Solusi yang dapat digunakan adalah memakai hobi sebagai kerja sampingan ketimbang melamar kerja lagi di suatu tempat. Dengan ini kamu bisa tetap bekerja, lalu menyalurkan hal yang kamu senangi untuk mendapatkan uang ekstra, serta bisa melakukanna dengan fleksibel.

Yang paling populer saat ini, misalnya, adalah menjadi sopir online. Tak jarang pula orang memakai hobi di bidang estetika untuk meraup pemasukan tambahan.

Selengkapnya, berikut 9 hobi yang bisa kamu gunakan sebagai pemasukan keuangan, seperti dilansir dari situs investasi The Motley Fool.

2 dari 10 halaman

1. Bermain Instrumen Musik

Jika mau suka bermain piano atau memetik gitar, kamu memiliki peluang untuk mengundang uang lewat kemampuan itu. Kamu bisa mencoba bermain di toko kopi atau restoran yang tertarik memakai jasa live music.

Kamu pun bisa mengajarkan orang bermain musik. Ditambah lagi, sekarang ada YouTube dan media sosial tempat kamu unjuk bakat, dan siapa tahu ada yang tertarik memakai jasa musik kamu.

3 dari 10 halaman

2. Memasak

Industri konsumen akan selalu populer, kreasi makanan baru selalu muncul, dan hal itu menjadi dorongan bagi orang untuk berbisnis makanan. Ini tentunya kabar baik baik mereka yang jago memasak.

Bila kamu bisa membuat resep baru atau hobi berkreasi kue, maka jangan sepelekan kemampuan itu. Resep homemade yang kamu buat bisa dijual lebih mahal dari biaya pembuatannya. Di YouTube pun banyak koki yang membagi tips mereka.

Sebelum memulai, luangkanlah waktu untuk memahami aturan-aturan dalam dunia jual-beli makanan.

4 dari 10 halaman

3. Menjahit

Ada orang yang menjahit sebagai sarana melepas stres. Dan mungkin, ada di luar sana yang berminat membeli karya jahit kamu.

Sekali lagi, internet memberikan peluang untuk mempromosikan produk kamu, serta tempat untuk mempelajari trik-trik jahit yang baru.

5 dari 10 halaman

4. Menyetir

Suka berjalan-jalan dan bertemu orang baru? Cobalah gunakan kendaraanmu untuk menjadi pengemudi transportasi online.

Selain fleksibel, layanan transportasi online juga semakin populer. Dan karena kebutuhan jasa ini selalu ada, otomatis pemasukan pun pasti ada.

6 dari 10 halaman

5. Menulis

Mungkin menulis puisi atau haiku akan sulit untuk dijadikan bisnis. Tetapi, jika kamu menikmati menulis berbagai jenis hal baru dan mau meluangkan waktu untuk mempelajarinya, kamu bisa mendapat uang sebagai penulis freelance.

Banyak sektor yang membutuhkan jasa penulisan untuk mempromosikan mereka, ada fashion, urusan keluarga, seputar kesehatan, bahkan penulis untuk travel. Tak hanya itu, copywriter dan technical writer juga memberi peluang finansial yang lebih besar bagi kamu memiliki keahlian itu. Peluang pun makin bersinar bila kamu memiliki kemampuan membuat ilustrasi.

7 dari 10 halaman

6. Berjualan

Suka berinteraksi dengan orang baru dan mengenal produk baru? Berjualan adalah pekerjaan sampingan yang tepat untuk kamu.Kamu pun bisa mempromosikan produk ke orang-orang yang kamu kenal.

Sisi positif lainnya adalah kamu bisa menjual produk yang kamu suka dan pahami, bisa itu sepatu atau skincare. Kecintaan dan pengetahuan kamu pada produk tersebut bisa memberikan nilai tambah.

Jika kamu serius, kamu bisa merekrut bawahan untuk membantu jualan. Hati-hati pula membuat rekan sebal jika terlalu memaksa. Bila dilakukan dengan baik, kamu bisa meraup banyak uang lewat pekerjaan sampingan ini sembari memperkuat relasi.

8 dari 10 halaman

7. Perbaiki Alat

Punya ketertarikan memperbaiki sesuatu? Kamu bisa menjadikan hobi itu uang, namun kamu harus melakukan investasi dulu.

Caranya, yakni mencari dan membeli furnitur yang tak orang inginkan, perbaiki, lalu kamu perbaiki dan ambil untung dengan menjualnya kembali. Kamu bisa mencari barang-barang bekas tersebut lewat situs-situs e-commerce di internet.

9 dari 10 halaman

8. Mengurus Hewan Peliharaan

Bila suka dengan binatang, kamu bisa mencari orang-orang yang ingin menitipkan hewan, seperti membawa anjing jalan-jalan, atau menjaga peliharaan di rumah. Jasa seperti ini sudah muncul di Amerika Serikat.

Lewat situs Rover, mereka yang berminat bisa membuat profil dan membangun relasi dengan pemilik hewan untuk mendapat uang ekstra.

10 dari 10 halaman

9. Fotografi

Betapa pun canggihnya kamera smartphone, keahlian fotografer tetap menjadi pilihan bagi mereka yang ingin mendapat foto keren.

Jika kamu jago, kamu bisa mencoba sebagai fotografer pernikahan, atau banyak peluang lainnya. Namun, kamu tetap perlu berinvestasi mendapatkan peralatan mumpuni untuk memperkuat bisnis.

Bila kamu sudah mendapatkan reputasi, maka kamu bisa memetik investasimu, bahkan bisa lebih banyak lagi.