Sukses

Aturan Ojek Online Segera Terbit, Ini Bocoran Isinya

Kementerian Perhubungan menyatakan aturan ojek online akan selesai disusun pada Februari 2019.

Liputan6.com, Jakarta - Kementerian Perhubungan (Kemenhub) sedang menyusun peraturan ojek online. ‎Rencananya, regulasi tersebut diterbitkan pada Februari 2019.

Menteri Perhubungan, Budi‎ Karya Sumadi mengatakan, salah satu hal yang tercantum dalam peraturan ojek online adalah keselamatan.

Ini sebab ojek online yang beroperasi menggunakan roda dua lebih rawan kecelakaan. Terlebih sering dijumpai penggunaan telepon seluler sambil mengemudikan motor.

"Apalagi saat menggunakan handphone saat berkendara, yang lain kita juga menyarankan mereka juga hal hal keselamatan lainnya agar seyogyanya ikuti aturan," kata Budi, saat menghadiri silaturahmi nasional (Silatnas) dengan keluarga besar pengemudi Online, di Jakarta International Expo Kemayoran, Jakarta, Sabtu (12/1/2019). 

Budi melanjutkan, regulasi ojek online tersebut juga me‎ngatur pemutusan mitra, antara pengemudi ojek dengan penyedia aplikator.

Hal ini menjadi prioritas dalam peraturan tersebut. Serta cara perhitungan tarif dengan mempertimbangkan azas keadilan.

"Yang penting juga untuk kita atur adalah berkaitan dengan suspend. Suspend itu kita atur," tutur dia.

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Bakal Ada Pakaian Khusus

Budi menuturkan, penampilan pengemudi ojek juga akan dicantumkan dalam regulasi tersebut, sehingga akan ada pakaian khusus yang dikenakan untuk para pengemudi ojek online. Hal ini ditetapkan untuk menjaga keselamatan pengemudi dan penumpang.

"Juga berkaitan dengan bahwa mereka itu harus tampan. Dia pakai pakaian tertentu sehingga kalau mereka jalan pada malam hari juga terlihat," kata dia.

Menurut Budi, saat ini aturan tersebut sedang disusun, berdasarkan masukan dari berbagai pihak seperi perwakilan komunitas pe‎ngemudi, penyedia aplikasi dan pemangku kepentingan. Rencananya regulasi tersebut selesai disusun pada Februari 2018.

"Jadi aturan ini kita buat sehingga memang mengundang aliansi dan asosiasi kelompok mereka kita undang untuk memberikan masukan. Insya allah awal bulan depan selesai," kata dia.

 

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.