Sukses

Menhub Gandeng Ridwan Kamil Promosikan Bandara Kertajati

Menhub Budi Karya Sumadi mengharapkan masyarakat dapat memanfaatkan Bandara Kertajati untuk menggali potensi wisata dan kuliner yang ada di Jawa Barat.

Liputan6.com, Jakarta - Mengawali 2019, Kementerian Perhubungan (Kemenhub) melalui Direktorat Jenderal Perhubungan Udara bersama dengan Bandara Internasional Jawa Barat Kertajati atau Bandara Kertajati mengadakan acara Ngapung Bareng Ti Kertajati (Terbang Bersama dari Kertajati). 

Acara ini merupakan kegiatan promosi untuk lebih mengenalkan Bandara Kertajati dan menarik minat masyarakat terutama di kawasan Jawa Barat untuk menggunakan bandara ini.

Menteri Perhubungan, Budi Karya Sumadi, bersama Direktur Jenderal Perhubungan Udara Polana B. Pramesti dan Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil beserta FORKOPIMDA bertemu untuk membahas strategi untuk lebih mengenalkan dan  meningkatkan minat masyarakat untuk menggunakan Bandara Kertajati.

Polana menuturkan, hingga kini sudah ada beberapa maskapai yang melayani penerbangan melalui Bandara Kertajati yaitu Citilink, Lion Air, Wings Air, Transnusa dan Garuda Indonesia. 

"Saat ini sudah ada penerbangan dari Kertajati - Surabaya PP, Kertajati - Bandar Lampung PP, Kertajati - Semarang PP, Kertajati - Medan PP dan Kertajati - Balikpapan PP. Juga sudah ada penerbangan internasional yaitu Kertajati ke Madinah untuk melayani penerbangan umrah," ujar Polana, Rabu (9/1/2019).

Selain rute-rute tersebut, dalam pekan ini juga akan ada tambahan rute lainnya dan termasuk rute baru.

"Sebentar lagi akan dilayani pula Kertajati-Jogjakarta, Kertajati-Balikpapan dan Kertajati-Jakarta melalui Halim Perdana Kusuma," imbuh Polana.

Sejalan dengan itu, Budi berharap masyarakat dapat memanfaatkan Bandara Kertajati untuk menggali potensi-potensi wisata dan kuliner yang ada di Jawa Barat.

"Jawa Barat memiliki potensi wisata yang sangat besar. Ada yang punya keunggulan kuliner, batik, dan destinasi wisata alam, ini harus dikemas dengan baik dan dipromosikan kepada masyarakat sehingga menggugah minat masyarakat untuk datang ke Jawa Barat melalui pintu gerbang udara ini," ucap Budi Karya.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Pemberangkatan Umrah Lewat Bandara Kertajati

Sementara itu, Ridwal Kamil menegaskan, Pemerintah Provinsi Jawa Barat akan mendorong keberangkatan umrah untuk masyarakat Jawa Barat melalui Bandara Kertajati.

Ia juga meminta jajarannya untuk kreatif menciptakan kegiatan-kegiatan promosi, seperti festival-festival yang akan mengundang wisatawan untuk datang dan mengunjungi Jawa Barat.

"Saya harap pemerintah daerah dapat memberikan ide-ide kreatif bagaimana menciptakan kegiatan yang dapat mempromosikan pariwisata Jawa Barat melalui festival-festival. Saya juga minta untuk nantinya, Penerbangan Umrah untuk masyarakat Jawa Barat dari Bandara Kertajati”, tutur Ridwan Kamil.

Kegiatan yang juga dihadiri oleh CEO dari operator bandara dan maskapai penerbangan serta asosiasi perjalanan wisata dan umroh juga para milenial ini diakhiri dengan dialog dan tanya jawab.

Yang terpenting dari hasil kegiatan ini adalah komitmen bersama, pemerintah pusat, pemerintah daerah, maskapai, operator bandara dan seluruh pemangku kepentingan untuk bahu membahu bekerja sama dalam mendukung dan memanfaatkan infrastruktur yang telah lama dinanti-nantikan oleh masyarakat Jawa Barat.

Dengan luas 1.800 hektare dan landasan sepanjang 3000x45 meter, BIJB adalah bandara kedua terbesar setelah Bandara Internasional Soekarno-Hatta. BIJB juga dibangun dengan tujuan untuk mengurangi beban bandara yang terletak di Tangerang, Banten.

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.