Sukses

Ini Kelebihan dan Kekurangan Pinjaman Online Langsung Cair

Liputan6.com, Jakarta - Saat sedang butuh dana mendesak, pinjaman online langsung cair hadir sebagai penolong bagi masyarakat yang ada di kota-kota besar hingga kota kecil.

Sesuai dengan namanya, pinjaman uang online langsung cair merupakan jenis pinjaman yang dilakukan secara online, baik itu melalui situs website maupun aplikasi yang bisa di-download di PlayStore.

Pinjaman online langsung cair diberikan atau disediakan oleh perusahaan fintech, baik itu yang berjenis market aggregator hingga peer to peer lending.

Keberadaan pinjaman online langsung cair di Indonesia mulai dilirik sejak keberadaan internet semakin familiar di kalangan masyarakat, yakni mulai tahun 2010-an. Hingga kini, tercatat ada puluhan lebih situs fintech yang menawarkan pinjaman online langsung cair.

Berkembangnya situs fintech di Indonesia tak lepas dari tingginya minat masyarakat akan pinjaman online langsung cair yang memberikan beragam penawaran menarik yang memikat. Jadi tak heran kalau keberadaan pinjaman online langsung cair bukanlah hal yang asing lagi di mata masyarakat.

Untuk lebih mengetahui lebih jauh, TunaiKita telah merangkum beberapa kelebihan dan kekurangan pinjaman online langsung cair. Berikut uraiannya:

2 dari 5 halaman

Kelebihan Pinjaman Online Langsung Cair

Buat yang masih awam dengan pinjaman online langsung cair, ada baiknya kamu mengetahui apa saja kelebihan yang dimiliki oleh jenis pinjaman ini supaya kamu bisa memahami alasan orang-orang memilih pinjaman online langsung cair. Mari kita simak bersama!

1. Proses Mudah

Kelebihan dari pinjaman online langsung cair adalah prosesnya yang jauh lebih mudah jika dibandingkan pinjaman offline yang mengharuskanmu untuk datang ke cabang bank terdekat terlebih dahulu untuk mengajukan pinjaman.

Hanya dengan menggunakan gadget dan jaringan internet, maka pengajuan pinjaman online langsung cair bisa langsung dilakukan. Dengan begitu, kamu bisa lebih menghemat waktu dan tenaga karena proses pengajuannya bisa dilakukan dari mana saja dan kapan saja.

2. Dana Cair dalam Hitungan Hari

Salah satu alasan utama beberapa orang mengajukan pinjaman online langsung cair adalah karena dana pinjaman bisa cair dalam jangka waktu hitungan hari, yakni antara 1-3 hari kerja saja.

Jika kamu sudah pernah mengajukan pinjaman, prosesnya bahkan bisa berlangsung hanya dalam hitungan jam. Jadi ketika sedang dalam keadaan terdesak dan butuh dana mendadak, maka pinjaman online langsung cair bisa langsung kamu manfaatkan.

Kenapa proses pencairan dananya bisa cepat? Hal ini dikarenakan tidak ada agunan yang diberikan sehingga tidak perlu proses penaksiran aset terlebih dahulu. Ditambah lagi, semua data diberikan secara digital sehingga bisa langsung segera diproses.

Berbeda jika kamu mengajukan pinjaman secara offline dengan cara datang langsung ke bank karena data yang diberikan adalah data fisik sehingga harus dipindahkan menjadi data digital agar bisa diproses.

3 dari 5 halaman

3. Persyaratan Tidak Ribet

Persyaratan dokumen yang disyaratkan oleh pinjaman online langsung cair ini juga tidaklah ribet karena pada dasarnya mereka ingin memberikan pinjaman yang bisa dengan mudah diajukan oleh semua orang.

Rata-rata persyaratan yang diberikan oleh penyedia pinjaman online langsung cair hanyalah kepemilikan KTP (Kartu Tanda Penduduk), NPWP (Nomor Pokok Wajib Pajak), slip gaji atau surat keterangan penghasilan, dan rekening tabungan.

Dengan persyaratan yang tidak ribet dan mudah dipenuhi, maka siapa saja bisa mengajukan pinjaman online langsung cair.

4. Bisa Digunakan untuk Keperluan Apa Saja

Tidak seperti jenis pinjaman lainnya, seperti KPR (Kredit Pemilikan Rumah) yang hanya dikhususkan untuk membeli rumah, KKB (Kredit Kendaraan Bermotor) yang dikhususkan untuk membeli kendaraan bermotor, atau KUR (Kredit Usaha Rakyat) yang dikhususkan untuk modal usaha, pinjaman online langsung cair bisa dipergunakan untuk keperluan apa saja. Kamu bisa menggunakannya untuk renovasi rumah, biaya pendidikan, biaya berobat ke rumah sakit, hingga modal pernikahan.

Tapi ingat, pinjaman online langsung cair tidak dianjurkan untuk membayar utang cicilan kartu kredit, uang muka membeli kendaraan atau rumah, hingga untuk keperluan konsumtif seperti berbelanja.

4 dari 5 halaman

Kekurangan Pinjaman Online Langsung Cair

Setiap produk keuangan dan perbankan pasti memiliki kekurangan, tak terkecuali pinjaman online langsung cair. Oleh karena itu, ketahui terlebih dahulu kekurangan dari pinjaman online langsung cair agar nantinya kamu bisa mempertimbangkan dengan baik sebelum mengajukan pinjaman.

1. Sistem Bunga Harian

Tidak seperti bunga kredit tanpa agunan yang diberikan oleh bank yang menerapkan sistem perhitungan bunga bulanan, pinjaman online langsung cair menggunakan sistem perhitungan bunga harian.

Memang jika kita mengambil masa tenor yang singkat, maka bunganya tidak terlalu berasa, tapi jika masa tenor yang diambil cukup lama, maka bunga yang dikenakan akan cukup berat.

Oleh sebab itu, sebelum mengajukan pinjaman online langsung cair, ada baiknya kamu melakukan perhitungan terlebih dahulu agar nantinya bisa mengetahui perbedaan bunga yang harus dibayar jika mengambil masa tenor singkat dan panjang.

2. Plafon Pinjaman Tidak Terlalu Besar

Berhubung pinjaman online langsung cair dananya bisa dicairkan dalam waktu 1-3 hari kerja, maka plafon pinjaman yang diberikan tidak terlalu besar.

Tidak seperti kredit tanpa agunan yang memberikan plafon pinjaman hingga Rp 500 juta, pinjaman online langsung cair hanya bisa memberikanmu plafon pinjaman hingga Rp 20-30 juta saja.

Tapi sebenarnya, plafon pinjaman yang tidak terlalu besar ini bisa menjadi kelebihan karena untuk kredit tanpa agunan, minimal plafon pinjaman yang harus diajukan adalah Rp 5 juta, sehingga bagi kamu yang butuh dana di bawah Rp 5 juta tidak akan bisa mengajukan pinjaman. Berbeda dengan pinjaman online langsung cair yang mematok minimal dana pinjaman Rp 1 juta saja.

5 dari 5 halaman

3. Masa Tenor Singkat

Plafon pinjaman yang tidak terlalu besar juga mempengaruhi masa tenor yang diberikan oleh pinjaman online langsung cair. Biasanya masa tenor yang ditawarkan mulai dari hitungan 10 hari hingga 180 hari. Semakin lama masa tenor yang kamu ambil, maka semakin besar bunga cicilan yang harus dibayarkan.

Jadi sebaiknya ketika mengambil pinjaman online langsung cair, kamu juga memperhitungkan masa tenor yang diambil dan sesuaikan dengan kemampuan membayar cicilannya.

4. Tidak Semua Pinjaman Online Langsung Cair Terpercaya

Kekurangan pinjaman online langsung cair yang terakhir ini memang patut kamu perhatikan karena banyaknya penyedia pinjaman online langsung cair yang menjamur tapi tidak semuanya bisa terpercaya dan memiliki kredibilitas tinggi. Tak jarang kita mendengar ada kasus penipuan berkedok pinjaman online langsung cair di berbagai media.

Pinjaman online langsung cair memang sangat rentan terhadap penipuan, oleh karena itu ketika akan mengambil pinjaman, hal pertama yang harus kamu lihat adalah apakah penyedia pinjaman tersebut terdaftar di OJK (Otoritas Jasa Keuangan) atau tidak.

Dengan terdaftarnya penyedia pinjaman online langsung cair di OJK, maka perusahaan fintech tersebut berarti diawasi oleh OJK sehingga tergolong aman dan terpercaya.

Pikirkan secara matang dan lakukan simulasi perhitungan

Sekarang kamu sudah tahu bukan apa saja kelebihan dan kekurangan yang dimiliki dari pinjaman online langsung cair ini. Jadi sebelum mengajukan, coba pikirkan terlebih dahulu secara matang mengenai berapa jumlah dana yang akan kamu pinjam dan juga masa tenor yang akan dipilih.

Lebih baik lagi kalau kamu melakukan simulasi perhitungan terlebih dahulu. Dengan melakukan simulasi, kamu jadi tahu berapa cicilan per bulan yang harus kamu bayar sehingga bisa disesuaikan dengan kemampuan membayar hutang per bulan.

Semoga dengan adanya informasi di atas, kamu bisa menambah pengetahuan mengenai pinjaman online langsung cair ya, Sobat!

Diskon 15% untuk Pengguna Tol Trans Jawa

Tutup Video
Artikel Selanjutnya
5 Destinasi Kuliner yang Wajib Dikunjungi saat Liburan
Artikel Selanjutnya
Jangan Pakai Dana Pinjaman Online untuk 5 Hal Ini