Sukses

Sri Mulyani Jadi Menkeu Terbaik di Dunia, Bos IMF Beri Ucapan Selamat

Menteri Keuangan, Sri Mulyani, kembali mendapatkan penghargaan dari dunia internasional.

Liputan6.com, Jakarta - Menteri Keuangan, Sri Mulyani, kembali mendapatkan penghargaan dari dunia internasional. Mengawali 2019, majalah keuangan The Banker menyematkan penghargaan menteri keuangan terbaik di dunia kepada Sri Mulyani.

Penghargaan itu diberikan kepada Sri Mulyani lantaran mampu merangsang pertumbuhan dan menstabilkan ekonomi Indonesia.

Direktur Pelaksana International Monetary Fund (IMF) atau Dana Moneter International, Christine Lagarde, pun memberikan ucapan selamat kepada Sri Mulyani atas penerimaan penghargaan tersebut.

Dalam akun Twitter @Lagarde, Christine Lagarde menulis apresiasinya kepada Sri Mulyani pada 3 Januari 2019.

"Congratulation to my dear friend Sri Mulyani Indrawati of Indonesia for being named Finance Minister of the year by The Banker. Well done. Well deserve @KemenkeuRI".

Dalam unggahannya, bos IMF tersebut juga menampilkan foto Christine Lagarde dengan Sri Mulyani. Unggahan @Lagarde tersebut mendapatkan tanda like mencapai 1.196 dan di-retweet 914 kali, serta mendapatkan 35 komentar.

Ini bukan kali pertama Sri Mulyani mendapatkan penghargaan dari dunia internasional. Pada 11 Februari 2018, Menteri Keuangan Sri Mulyani dinobatkan sebagai menteri terbaik di dunia versi World Government Summit di Dubai.

Selain itu, ia juga dinobatkan sebagai Menteri Keuangan terbaik Tahun 2018 versi majalah Global Markets pada Oktober 2018.

Anugerah Finance Minister of the Year, East Asia Pacific ini diberikan atas kiprahnya mempertahankan reputasi keuangan Indonesia di tengah kondisi yang lebih menantang, saat kembali menjabat Menkeu kedua kalinya. Kebijakan Sri Mulyani juga dianggap kredibel dan efektif.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Deretan Prestasi Sri Mulyani

Sebelumnya, Menteri Keuangan (Menkeu), Sri Mulyani, dinobatkan sebagai Menteri Terbaik di Dunia versi World Government Summit di Dubai pada 11 Februari 2018. Para pengusaha tak mau ketinggalan untuk mengomentari predikat yang diraih mantan Direktur Pelaksana Bank Dunia itu.

CEO Bosowa Corporation, Erwin Aksa, mengaku bersyukur dan bangga dengan penghargaan yang telah disabet Sri Mulyani. ‎Segala tindak-tanduknya Sri Mulyani untuk menjaga stabilitas perekonomian nasional menjadi sorotan dunia internasional.

"Kita bersyukur karena keberhasilan dan kinerja menteri menjadi perhatian internasional," ujar dia saat dihubungi Liputan6.com, Jakarta, Senin, 12 Februari 2018.

Wakil Ketua Umum Bidang Konstruksi dan Infrastruktur Kadin Indonesia itu mengatakan, Sri Mulyani telah mampu menjaga stabilitas ekonomi dan fiskal Indonesia, sehingga tetap berkesinambungan. Hal ini yang sudah dirasakan pengusaha. "Stabilitas ekonomi dan menjaga fiskal," kata Erwin.

Dihubungi terpisah, Chairman GarudaFood, Sudhamek AWS menanggapi senada. Dia bilang, ada banyak keberhasilan Kementerian Keuangan di bawah kepemimpinan Sri Mulyani. Yang paling diingatnya adalah keberhasilan program pengampunan pajak (tax amnesty).

"Tax amnesty relatif berhasil, penerimaan pajak yang meningkat, serta transparansi dan produktivitas pengelolaan Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN)," dia menerangkan.

Indonesia, kata Sudhamek, mendapat status layak investasi (investment grade) dari tiga lembaga rating dunia, seperti Fitch (2011), Moodys (2012), dan terakhir Standard & Poors (Mei 2017), setelah menunggu 20 tahun lamanya.

"Bu Ani (Sri Mulyani) ‎rajin menjalin komunikasi dengan dunia usaha, sehingga kebijakan yang telah dan akan dikeluarkan praktis adalah menjawab harapan dunia usaha, seperti paket insentif pajak yang akan dikeluarkan," tuturnya.

Paling menarik, diungkapkan anggota Komite Ekonomi Industri Nasional (KEIN) itu ‎Sri Mulyani memberikan perhatian yang intensif tentang ekonomi inklusi. Para pengusaha besar, Sudhamek menjelaskan, didorong untuk ikut membangun desa tertinggal dan sangat tertinggal.

Sri Mulyani juga dinilainya siap memberikan insentif pajak apabila program tersebut dijalankan. "Jadi singkat kata, Bu Ani memang pantas mendapat penghargaan kelas dunia tersebut," tutur Sudhamek.

 

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.