Sukses

Live Report:PELANTIKAN MENTERI KABINET JOKOWI JILID 2

5 Pesepak Bola Termahal Dunia di 2018, Siapa Saja?

Liputan6.com, New York - Menjelang akhir 2018, harga tertinggi di bursa transfer pesepak bola tahun ini mencapai hampir Rp 3 triliun. Dari empat pemain, transfer tiga di antaranya melibatkan klub La Liga, baik itu sebagai pihak penjual atau pembeli.

Menariknya, tidak semua pemain ini adalah pesepak bola yang sudah lama aktif di lapangan bola. Salah satunya bahkan pesepak bola kelahiran 1994. Kebanyakan dari mereka juga kelahiran Eropa, kecuali Philippe Coutino yang lahir di Rio de Janeiro, Brasil.

Total akumulatif uang yang keluar berkat empat pemain itu mencapai 564,5 juta euro atau setara Rp 9,3 triliun (1 euro = Rp 16.489). 

Untuk lengkapnya berikut daftar pesepak bola termahal tahun 2018, seperti dilansir dari ESPN.

2 dari 6 halaman

5. Kepa Arrizabalaga

Kiper kelahiran 3 Oktober 1994 ini awalnya ingin dibeli Real Madrid. Keputusan itu dibatalkan oleh Zinedine Zidane karena tak inginmembawa kiper baru di tengah liga championship.

Batal pindah ke klub top di negaranya, ternyata rezeki Kepa berada di Liga Inggris. Pada Agustus lalu, ia akhirnya dibeli oleh Chelsea dengan nilai transfer 80 juta euro (Rp 1,3 triliun).

3 dari 6 halaman

4. Virgil van Dijk

Kapten Tim Nasioal Belanda ini berpindah dari Southampton ke Liverpool dengan nilai transfer 84,5 juta euro atau hampir menyentuh 1,4 trilun.

Virgil pun ikut membawa Liverpool ke final EUFA 2018, meski harus kalah 3-1 melawan Real Madrid.

4 dari 6 halaman

3. Cristiano Ronaldo

Transfer CR7 tak hanya diliput luas media olahraga, melainkan juga media bisnis hingga seleb. Untuk mendapatkan pemain Portugal ini, Juventus harus, mengeluarkan dana sebesar 100 juta euro (Rp 1,6 triliun).

Sambutan meriah pun diberikan pendukung La Vechita Sigora. Seragam CR7 pun diborong habis pembeli sehingga memberi pendapatan ekstra ke Juve.

5 dari 6 halaman

2. Philippe Coutinho

Setelah menjadi bintang di Liverpool, Coutino akhirnya berhasil mencapai tujuannya: pindah ke Camp Nou.

Total transfer yang digelontorkan Barcelona untuk gelandang asal Brasil ini mencapai 120 juta euro (Rp 1,97 triliun).

6 dari 6 halaman

1. Kylian Mbappe

Kiki bukan hanya pemain termuda di daftar ini, tetapi juga termahal. Paris Saint Germain membeli Kylian Mbappe dari Monaco dengan harga 180 juta euro atau setara Rp 2,96 triliun.

Dengan ini, Kiki merupakan pemain termahal ke dua sepanjang masa. Nomor satu masih dipegang oleh seniornya di PSG, Neymar Jr.

 

Loading
Artikel Selanjutnya
10 Pemain Bola Terkaya di Dunia, Siapa Saja?