Sukses

Bercerai, Miliarder Ini Berebut Barang Koleksi Rp 10 Triliun

Liputan6.com, New York - Seorang miliarder Harry Macklowe dan istrinya Linda menghebohkan dunia seni karena koleksi lukisan mewah menjadi bagian prosesi perceraian mereka. Total nilai kolesi lukisan mereka ditaksir melebihi USD 700 juta atau setara Rp 10 triliun (USD 1 = Rp 14.581).

Dilansir dari Bloomberg, keduanya mulai mengoleksi barang seni sejak menikah pada 1959. Karya Pablo Picasso, Mark Rothko, dan Andy Warhol termasuk dalam koleksi mereka.

Salah satunya adalah lukisan Nine Marilyns yang menggambarkan wajah Marilyn Monroe pada sembilan negatif film. Harga satu lukisan ini saja diperkirakan USD 50 juta (Rp 729 miliar).

Lukisan lain yang mereka miliki adalah Sixteen Jackies, juga karya Warhol, serta lukisan abstrak Mark Rothko yakni No.7 dan Untitled tahun 1960 yang keduanya seharga USD 100 juta (Rp 1,4 triliun).

Namun, sang miliarder dan istrinya juga tidak satu suara dalam perhitungan nilai koleksi mereka. Pihak sang suami menyebut USD 788 juta (Rp 11 triliun) dan pihak istri berkata USD 625 juta (Rp 9 triliun).

Pihak pengadilan telah memerintahkan agar barang koleksi itu dijual untuk menyelesaikan antara pasangan tersebut. Kemungkinan, mereka akan berkolaborasi dengan Sotheby's dan Phillips untuk pelelangan.

Perceritaian (Divorce) terkenal sebagai satu dari tiga D yang menyebabkan barang seni masuk pelelangan. Dua D lainnya adalah Death dan Debt. Harry Macklowe merupakan miliarder di bidang developer, sementara pasangannya aktif sebagai trustee di Metropolitan Museum of Art (Met) di New York.

2 dari 2 halaman

Lukisan Laku Rp 1,3 Triliun, Pelukis Ini Jadi Seniman Termahal di Dunia

November kemarin, pelukis asal Inggris David Hockney disebut sebagai seniman paling mahal di dunia karena lukisannya yang berlokasi di kolam renang laku terjual dengan harga yang memecahkan rekor. Uang yang didapat mencapai USD 90 juta atau setara Rp 1,3 triliun (asumsi kurs USD 1 = Rp 14.612).

Dilansir dari Money Makers, lukisan bernama Portrait of an Artist (Pool with Two Figures) dijual pada 15 November 2018 oleh miliarder Joe Lewis yang membelinya dari miliarder lain pada 1995.

Harga USD 90 juta itu melewati estimasi harga awal yakni USD 80 juta. Pelelangan dimulai dengan penawaran sebesar USD 18 juta (Rp 263 miliar) sebelum sampai ke Rp 1,3 triliun. Identitas pembelinya tak diketahui.

Lukisan tersebut menampilkan Peter Schlesinger, mahasiswa seni di UCLA, yang merupakan mantan kekasih Hockney. Schlesinger sedang menatap kolam renang sembari menatap perenang yang menyelam ke arahnya.

Dengan ini, David Hockney menjadi seniman termahal yang masih hidup. Karyanya menggeser harga karya seni buatan seniman asal New York yaitu Jeff Koons. Pada 2013, karya Koons bernama Balloon Dog laku USD 58,4 juta.

Bloomberg menyebut, Lewis memiliki harta sebesar USD 5,8 miliar (Rp 84,7 triliun). Hartanya terkumpul dari kegiatan investasinya di bidang konsumen, perhotelan, dan agrikultur.

Ia juga pemilik dari klub sepak bola Tottenham Hotspur. Ia juga terkenal sebagai kolektor seni seperti lukisan karya Pablo Picasso, Gustav Klimt, dan Edgar Degas.

 

Masuk 20 Besar, Baim Wong Ungguli Atta Halilintar

Tutup Video
Artikel Selanjutnya
Lenyap 400 Hari, Harta Miliarder Arab Malah Meroket
Artikel Selanjutnya
Bisa Beli Kebahagiaan? Ini 4 Dilema Besar Hidup Jadi Orang Kaya