Sukses

Begini Cara Hemat Uang ala 7 Orang Sukses Dunia

Liputan6.com, Jakarta - Sering terlihat banyaknya seleb digital yang kerap memamerkan harta di Instagram atau YouTube. Padahal, orang sukses dengan uang jutaan dolar Amerika Serikat (AS) seperti Warren Buffett dan Ed Sheeran malah memiliki gaya hidup yang hemat.

Para seleb berikut ini tidak mengejar tampil mewah. Dalam masalah uang, mereka malah  fokus pada tabungan pribadi, bahkan kupon.

"Kebiasaan kita akan mengatur kekayaan finansial kita. Ada banyak hal yang kamu bisa pelajari dari para seleb," jelas Christopher Tracy, presiden dari kesejahteraan keuangan di Mvelopes, sebuah perusahaan sistem anggaran.

Dilansir dari Fox Business, berikut kebiasaan finansial 7 selebritas dan penjelasan dari Tracy mengenai pelajaran apa yang bisa diikuti dari kebiasaan mereka terkait uang:

2 dari 8 halaman

1. Warren Buffett

Warren Buffett, salah satu orang terkaya di unia, masih tinggal di rumah yang ia beli pada 1958. Pilihan sarapannya adalah McDonald's, namun ia memastikan tidak menghabiskan lebih dari USD 3,17 di restoran cepat saji itu.

Pelajaran yang bisa didapat: "Ketika penghasilanmu bertambah, pengeluaranmu tidak perlu bertambah. Jika kamu bisa menjaga pengeluaranmu saat penghasilan naik, hal itu akan menopang kesuksesan di kemudian hari. Baik itu untuk tabungan pensiun atau biaya kuliah anak," ujar Tracy.

3 dari 8 halaman

2. Gwyneth Paltrow

Paltrow adalah aktris yang melebarkan sayap ke dunia bisnis dan bos perusahaan gaya hidup Goop. Meski sukses, ia tetap berusaha melakukan desain rumahnya seorang diri, padahal dia bisa saja menyewa perancang interior kelas dunia.

Pelajaran yang bisa didapat: "Jangan membuang materi untuk tugas yang dengan mudah bisa kamu lakukan sendiri. Ketika kamu mendapat kesempatan untuk mengurus hal demikian secara mandiri, kamu akan mengurangi pengeluaran dan menyimpan banyak uang."

4 dari 8 halaman

3. Leonardo DiCaprio

Cerdas, rupawan, berbakat, dan sukses, itulah Leonardo DiCaprio. Pria ini masih suka mengendarai Toyota Prius yang hemat bahan bakar, berbeda dari seleb lain yang notabene cenderung mengeluarkan banyak uang untuk kendaraan.

Pelajaran yang bisa didapat: "Bila kamu melakukan itu, kamu bisa menyimpan banyak uang dalam hal pengeluaran keseluruhan," jelas Tracy. "Sisihkan uang dari pengeluaranmu lewat uang bensin yang lebih sedikit, tetapi juga melakukan hal baik untuk lingkungan."

5 dari 8 halaman

4. Jennifer Lawrence

Aktris pemenang Oscar Jeniffer Lawrence pernah masuk daftar Forbes sebagai aktris dengan bayaran tertinggi di tahun 2015 dan 2016. Ia pun masih hobi mengandalkan kupon-kupon belanja.

Pelajaran yang bisa didapat: "Pada ekonomi zaman sekarang, kamu tidak perlu mengumpulkan kupon. Ada banyak aplikasi di mana kamu bisa mendapat kupon digital. Itu memudahkanmu untuk menyisihkan uang ketika berbelanja," jelas Tracy.

6 dari 8 halaman

5. Ed Sheeran

Tahun 2018 ini, Ed Sheeran tercatat sebagai musisi terkaya kedua di Britania Raya. Untuk masalah uang, pria berambut merah ini lebih suka memberi dirinya uang bulanan ketimbang langsung menghamburkannya.

Pelajaran yang bisa didapat: "Jika kamu tidak suka merinci anggaran, maka memberikan diri uang jajan (allowance) adalah cara luar biasa untuk mengurus pengeluaranmu secara keseluruhan," jelas Tracy.

7 dari 8 halaman

6. Kristen Bell

Wanita ini adalah pengisi suara Putri Anna di film Frozen yang fenomenal. Pada tahun 2016 lalu, pernikahannya sempat menjadi sorotan karena ia dan sang kekasih hanya mengeluarkan USD 142 (sekitar Rp 2 juta) untuk biaya pernikahan.

Pelajaran yang bisa didapat: "Kita terlalu sering melihat contoh ketika kita merasa tertekan untuk mengeluarkan uang lebih pada acara spesial," ujar Tracy. "Kenyataannya adalah, ada banyak hal yang bisa kamu lakukan untuk merayakan sesuatu dan tidak perlu keluar banyak dana," ucapnya.

8 dari 8 halaman

7. Keira Knightley

Mirip dengan Ed Sheeran, pemain film Pirates of Caribbean ini membatasi uang yang ia keluarkan hanya USD 50 ribu (Rp 725 juta, USD 1 = Rp 14.507). Tentunya jumlah tersebut tak termasuk tinggi bagi seorang aktris sukses yang mendapat jutaan dolar setiap membintangi film.

Pelajaran yang bisa didapat: "Pertama menyiapkan anggaran tahunan. Ide tersebut benar-benar membantumu menuju kesehatan finansial. Kedua adalah ketika kamu bisa menjaga anggaran yang lebih sedikit dari pendapatanmu, kamu bisa menyisihkannya untuk tujuan lain, baik itu tabungan, investasi, atau aktivitas lain."

Loading