Sukses

Mau Tahu Cara Menabung untuk Beli Rumah?

Liputan6.com, Jakarta Harga rumah yang kian melambung tinggi sering menjadi penghalang bagi orang-orang yang ingin membeli rumah. Mengingat harga yang terus naik di pasaran, membuat orang cenderung untuk menunda-nunda membeli rumah.

Bahkan membuat orang akan memilih membelanjakan uang untuk berbagai kebutuhan lainnya, yang mungkin saja jauh lebih tidak penting dan menjadi kebiasaan buruk yang memengaruhi keuangan.

Jika pola tersebut terus berlanjut, kemungkinan keinginan Anda untuk membeli rumah tidak akan pernah terwujud di masa mendatang, atau bahkan seumur hidup Anda.

Oleh karena itu, sangat penting menjaga komitmen dan membulatkan tekad untuk menabung demi rumah impian. Lalu, bagaimana cara menabung yang benar agar bisa membeli rumah idaman?

Berikut beberapa kiat mudah menabung untuk mewujudkan keinginan segera membeli rumah seperti dikutip dari Cermati.com.

1. Buat Financial Plan Tiap Bulan

Membuat financial plan per bulan ini sangat penting untuk Anda lakukan. Dengan adanya perencanaan keuangan, Anda akan lebih cermat dan perhitungan. Tentu, cermat di sini bukan berarti pelit dalam melakukan pengeluaran.

Dengan memiliki perencanaan keuangan yang baik, maka Anda juga akan terhindar dari kebiasaan mengeluarkan uang tanpa perhitungan yang jelas. Nah, dengan perencanaan keuangan, maka Anda memiliki hitungan yang tepat untuk bisa memenuhi kebutuhan dan keinginan.

Nah, jika Anda ingin bisa membeli rumah, jangan lupa menetapkan jumlah uang yang konsisten untuk ditabung. Seberapa besar pun pengeluaran Anda nantinya, Anda harus patuh pada jumlah yang telah Anda tetapkan itu.

2 dari 4 halaman

2. Memiliki Prinsip Hemat

Memulai pola hidup hemat memang akan begitu terasa sulit di awal. Bisa jadi karena Anda sudah terbiasa membelanjakan uang tanpa pikir panjang dan selalu mengikuti kemauan.

Mulailah dari hal-hal yang kecil. Seperti, memulai untuk mengurangi makan di luar dan mengatasinya dengan masak sendiri di rumah. Percayalah, dengan masak sendiri, Anda akan memangkas banyak pengeluaran, bahkan jadi lebih sehat.

Selain itu, cara lainnya adalah dengan belanja lebih cerdas, mengurangi jajan di luar, juga dengan tidak terlalu mengikuti tren-tren yang sedang hits yang bisa merogoh kocek Anda. Intinya, dahulukan kebutuhan utama, dan tahan selera ataupun keinginan belaka. (Baca Juga: Lebih Untung Mana, Beli Rumah dengan Cara KPR atau KTA?)

3. Mulailah Investasi Kecil-kecilan

Mulailah berinvestasi meskipun dalam skala kecil-kecilan. Walaupun kecil, yang penting halal dan jelas atau tidak melanggar hukum. Sebaiknya, Anda selektif dalam memilih bentuk investasi, ada baiknya menghindari bisnis seperti MLM (Multi Level Marketing) yang memberi banyak janji di awal.

Anda bisa mencari perusahaan-perusahaan kecil atau startup-startup yang terpercaya dan janjinya masuk akal. Atau alternatif lainnya, Anda bisa mencoba menabung saham ataupun menjadi investor pada perusahaan-perusahaan go public. Dengan memulai investasi kecil-kecilan, Anda akan lebih terpacu untuk menabung, juga akan bermanfaat dalam jangka panjang.

3 dari 4 halaman

4. Buka Rekening Tabungan yang Tidak Bisa Diambil

Agar terhindar dari godaan-godaan saat menabung, Anda bisa membuka rekening tabungan yang tidak bisa diambil. Anda dapat meminta kepada pihak bank untuk mengikuti program seperti ini. Tujuannya, agar proses menabung Anda lebih efektif dan menghindari godaan untuk mengambil uang tabungan Anda secara terus-menerus.

5. Lepaskan Diri dari Ikatan Utang Konsumtif

Tidak ada yang salah dengan berutang, asalkan utang tersebut digunakan untuk hal-hal yang produktif seperti modal usaha dan lainnya. Maka sebaiknya hindari utang yang sifatnya konsumtif, seperti sekadar untuk makan-makan di restoran, dan sebagainya.

Jika Anda masih memiliki utang-utang ataupun berbagai tagihan, sebaiknya selesaikan terlebih dahulu. Menabung demi rumah impian akan lebih mudah dan menyenangkan jika Anda tidak punya beban lain.

Dengan menyelesaikan utang-utang, Anda akan lebih fokus mengumpulkan uang untuk membangun rumah serta Anda akan mengalokasikan dana tabungan yang lebih besar, tidak terpotong oleh cicilan utang lainnya. Dengan demikian, rumah impian Anda pun akan segera terwujud.

 

4 dari 4 halaman

6. Menabunglah di hari H Gajian

Waktu paling tepat untuk menabung adalah di hari-H Anda gajian, bukan seminggu ataupun sebulan sesudahnya. Jika Anda menunda untuk menabung, kemungkinan besar gaji Anda sudah banyak terpakai ataupun habis karena tergoda untuk membelanjakannya. Jika terus-terusan terjadi, hal ini akan memperlambat pembangunan rumah impian Anda untuk bisa terwujud.

7. Waktu Luang adalah Tabungan

Untuk memperoleh sesuatu memang membutuhkan pengorbanan. Demi rumah impian, Anda harus rela mengorbankan sebagian waktu luang Anda. Anda dapat mengonversikan waktu luang menjadi tabungan.

Caranya, carilah kerja sampingan di waktu luang Anda. Tidak perlu kerja yang ribet atau menguras tenaga, cari atau ciptakanlah perkerjaan yang Anda sukai atau hobi. Anda bisa memilih pekerjaan di waktu luang Anda seperti menjadi fotografer di pernikahan teman, menjadi freelance writer, translator, dan lainnya.

Nah, uang yang Anda peroleh dari kerja sampingan tersebut dapat dimanfaatkan untuk menambah nominal tabungan. Maka, bisa segera memiliki rumah impian bukanlah hal yang mustahil lagi.

Jaga Komitmen dan Bulatkan Tekad untuk Rumah Impian

Untuk mendapatkan sesuatu yang kita inginkan tidaklah instan, tentunya butuh proses dan perjuangan. Bahkan untuk memasak mi instan sekali pun, kita perlu merebus air terlebih dahulu. Begitu juga dengan menabung untuk membeli rumah.

Tentunya bukanlah hal yang mudah, mengingat harga rumah yang kini tinggi di pasaran, sehingga butuh waktu yang lama. Namun, tidak ada yang mustahil jika Anda bertekad dan menjaga komitmen dalam menabung. Mulailah dari sekarang dan pastikan sebuah rumah impian Anda akan terwujud di masa mendatang.

 

Loading
Artikel Selanjutnya
Menteri Jonan: Permukaan Tanah Jakarta Sudah Turun 40 Meter
Artikel Selanjutnya
Top 3: Jared Leto Kecewa Perannya di Joker Tidak Dianggap