Sukses

HEADLINE HARI INI:PERPISAHAN WAPRES, MENGENANG EKSISTENSI JK DI PANGGUNG POLITIK NASIONAL

Mengapa Pebisnis Butuh Mentor? Ini 6 Alasannya

Liputan6.com, Jakarta - Setiap pemula tentu membutuhkan bantuan dari orang yang lebih berpengalaman untuk membimbing mereka. Begitu pula dalam berbisnis, pemula pun butuh mentor

Sayangnya, banyak pebisnis yang memulai jejak mereka tanpa arahan dari seorang mentor. Ada yang berargumen seorang pebisnis hanya perlu mengikuti insting mereka. Namun nyatanya, kebanyakan miliarder teknologi memiliki mentor yang membantu mereka.

Pendiri Facebook Mark Zuckerberg punya Steve Jobs sebagai mentornya. Jobs sendiri dimentori oleh Mike Markulla. Mantan CEO Google Eric Schimdt dibimbing oleh pendiri Google sendiri, Larry Page dan Sergey Brin. 

Mengutip Entrepreneur.com, berikut 6 alasan mengapa memiliki mentor itu penting bagi seorang pebisnis pemula.

2 dari 4 halaman

1. Mendapat pembelajaran nyata

Pengalaman merupakan aset yang sangat berharga dan penting dalam kesuksesan bisnis. Tidak semua pengetahuan yang didapat dari pengalaman ini bisa diperoleh dari buku. 

Ini sebabnya mentor merupakan bagian penting dalam membangun bisnis. Mentor bisa berbagi pengetahuan, pengalaman, kesalahan, dan saran mengenai cara membangun bisnis yang kuat.

 

2. Kemungkinan sukses yang lebih besar

Hasil riset dan survei menunjukkan bahwa mentor memiliki peran penting dalam mencapai kesuksesan. Riset Sage menunjukkan 93 persen pendiri startup mengakui bahwa mentor berpengaruh terhadap kesuksesan.

Peluang Anda untuk sukses dalam berbisnis juga bisa didorong dengan adanya arahan dari mentor yang tepat. Koneksi, nasihat, dan arahan dapat menjadi lompatan bagi Anda menuju keberhasilan.

3 dari 4 halaman

3. Memperluas jaringan

Investor biasanya lebih mempercayai startup yang direkomendasikan oleh teman mereka. Ditambah lagi, mentor yang sukses memiliki jaringan yang luas yang dapat membantu karier anda.

Ini merupakan salah satu kesempatan berharga yang tidak Anda dapatkan jika tidak memiliki mentor.

 

4. Meningkatkan kepercayaan diri

Riset membuktikan, mentor yang berkualitas memiliki dampak positif yang kuat bagi pengusaha muda. Dengan adanya seseorang yang memberi arahan sekaligus tempat berbagi tantangan yang yang dihadapi, mentor bisa meyakinkan Anda dengan pengalaman mereka di kala rasa ragu datang. 

Kepercayaan diri ini penting dalam membangun bisnis. Menurut laporan Telegraph, kepercayaan diri yang tinggi lebih berkontribusi terhadap kesuksesan dibanding kompetensi atau talenta.

Mentor bisa mendorong pebisnis muda untuk melihat setiap tantangan sebagai peluang dan meningkatkan kepercayaan diri Anda.

 

4 dari 4 halaman

5. Membantu Anda bertahan

Berdasarkan data SBA, 30 persen bisnis baru tidak akan bertahan pada 24 bulan pertamanya dan 50 persen tidak berhasil menginjak tahun kelimanya. Namun, 70 persen bisnis yang memiliki mentor bertahan lebih dari 5 tahun.

 

6. Dukungan tambahan

Menanggung kegagalan seorang diri dapat membuat Anda putus asa dan mempengaruhi produktivitas. Pada masa-masa sulit, mempunyai mentor bisa membantu Anda untuk terus berjuang.

Banyak pengusaha muda yang merasa depresi saat tidak bisa mencapai target dan ekspektasi mereka. Seorang mentor yang sudah banyak mencicip asam garam dunia bisnis dapat memberikan nasihat serta menenangkan Anda. (Felicia Margaretha)

 

 

Loading