Sukses

Ingin Sukses Mendalami Ilmu Bisnis? 7 Universitas Ini Pilihannya

Liputan6.com, Jakarta - Mencari pekerjaan bukanlah hal yang mudah di era MEA seperti sekarang, di mana lapangan pekerjaan semakin sempit, sementara jumlah saingan semakin banyak. Melihat kondisi ini, banyak orang yang akhirnya beralih ke dunia bisnis demi menafkahi diri sendiri dan anggota keluarga.

Mempersiapkan diri sebelum terjun ke dunia bisnis sangat penting agar kelak Anda mampu mengelola bisnis dengan baik. Ilmu tentang bisnis bisa diperoleh dari metode pembelajaran formal di berbagai universitas yang menyediakan jurusan ini.

Sayangnya, tidak semua universitas memiliki kualifikasi yang cukup dalam mengajarkan ilmu bisnis kepada mahasiswanya. Tapi tidak dengan universitas berikut, karena universitas ini telah sukses meluluskan pengusaha-pengusaha terkenal di dunia.

Berikut universitas-universitas internasional yang melahirkan ahli-ahli bisnis atau pengusaha sukses seperti dikutip dari Cermati.com.

1. Harvard Business School

Nama Harvard University sudah tidak asing lagi di telinga kita. Universitas yang terletak di Boston, Massachusetts ini memiliki metode pembelajaran yang canggih.

Para mahasiswa diajar langsung oleh para pengusaha terkemuka di dunia. Pengusaha ini didatangkan khusus untuk berbagi ilmu agar mahasiswa lebih tahu bagaimana proses bisnis yang sebenarnya.

Biaya perkuliahan untuk menempuh ilmu bisnis di Universitas Harvard sangat fatastis yaitu USD 73,440 atau setara dengan sekitar Rp 1 miliar. Biaya ini belum termasuk biaya kesehatan, sewa apartemen, dan lain-lain. Sangat fantastis!

2 dari 7 halaman

2. London Business School

Terletak di jantung kota London, Inggris, universitas yang satu ini juga menjadi tempat impian bagi yang ingin mendalami ilmu bisnis.

Selain ilmu bisnis, Universitas London juga menawarkan berbagai cabang ilmu lain, seperti keuangan, manajemen, teknologi dan sistem operasi.

Sayangnya, biaya perkualiahan di universitas ini sangatlah bombastis. Bagaimana tidak? Untuk program master saja, Anda harus mau merogoh kocek sebesar 84.500 pound sterling atau hampir sekitar Rp 1,6 miliar. (Baca Juga: Ingin Anak Jadi Dokter: Berapa Biaya Kuliah Kedokteran?)

3 dari 7 halaman

3. INSEAD

Setidaknya ada puluhan alumni terkemuka yang lulus dari universitas ini. Salah satunya adalah Wakil Presiden Indonesia, Jusuf Kalla.

Universitas yang terletak di Fontainebleau, Perancis, ini memiliki metode belajar yang sangat ketat dan didukung dengan teknologi serba canggih.

Nah, jika ingin serius mendalami ilmu bisnis dan menjadi orang sukses seperti Wapres Jusuf Kalla, persiapkan dana sebesar 84.000 euro atau setara dengan sekitar Rp 1,4 miliar untuk menempuh gelar master.

4 dari 7 halaman

4. Massachusetts Institute of Technology (MIT)

Universitas yang terletak di Cambridge, Amerika Serikat, ini wajib dipertimbangkan. Meski memiliki embel-embel ‘teknologi’ di belakangnya, universitas ini juga memiliki Jurusan Bisnis yang sudah ada sejak 60 tahun terakhir.

Untuk menempuh pendidikan dan memperoleh gelar master saja, Anda harus menyiapkan dana lebih besar dibandingkan belajar di Universitas Harvard, yakni sebesar USD 74,200 untuk tahun pertama dan USD 73,700 untuk tahun kedua.

5 dari 7 halaman

5. University of Pennsylvania

Universitas swasta yang sudah berdiri sejak tahun 1740 ini telah banyak menghadirkan alumni terkemuka di dunia. Dua diantaranya sudah tidak asing lagi di telinga, yaitu Donald Trump dan Elon Musk.

Keduanya memiliki kemampuan bisnis yang sangat kuat. Maka tidak heran kalau keduanya masuk dalam jajaran orang terkaya dan paling berpengaruh di Amerika Serikat.

Kalau berniat untuk menempuh bangku master di sini, silakan kunjungi situs resminya untuk mendapat informasi detail.

6 dari 7 halaman

6. Standford Graduate School of Business

Terletak di bagian Tenggara Kota San Fransisco, Universitas Standford juga jadi universitas paling pas bagi yang ingin menjadi pebisnis handal.

Di balik popularitas dan mekanisme pembelajaran yang bagus, letak universitas ini juga sangat strategis. Anda bisa menggunakan jatah liburan di musim panas untuk mengelilingi kota-kota besar di Amerika Serikat.

Kelebihan yang didapat oleh seluruh mahasiswa di Standford University pun seimbang dengan uang kuliah yang dikeluarkan, yaitu sebesar USD 45,136 atau sekitar Rp 620 jutaan untuk gelar master.

7 dari 7 halaman

7. University of Oxford

Terletak di Inggris Raya, Universitas Oxford juga menjadi salah satu tempat perkuliahan yang banyak diincar oleh pebisnis muda zaman sekarang.

Mahasiswa yang datang dari luar Inggris membayar uang kuliah 2,5 kali lipat lebih mahal dibandingkan masyarakat asli Inggris, belum lagi ditambah biaya lain-lain.

Tapi tenang saja, alumni dari Universitas Oxford tidak pernah mengecewakan. Salah satunya Rupert Murdoch, pemiliki News Corporation. Apakah Anda berminat?

Belajar Bisnis Selagi Masih Muda

Ilmu bisnis bukan cabang ilmu yang stagnan, melainkan cabang ilmu yang bergerak mengikuti arus perkembangan zaman. Jika ingin menjadi pebisnis handal, belajarlah di salah satu universitas bisnis terbaik di dunia.

Manfaatkan waktu muda Anda untuk terus belajar mendalami ilmu bisnis agar cita-cita untuk menjadi pebisnis sukses jadi kenyataan. Tak ada biaya? Carilah beasiswa.

Minum Miras Oplosan, 6 Warga Tewas
Loading
Artikel Selanjutnya
5 Cara Dongkrak Karier Lewat Personal Branding
Artikel Selanjutnya
Jenuh dan Bosan di Kantor? Ini Cara Mudah Mengusirnya