Sukses

UI Gandeng Dewan Ketahanan Nasional Dorong Inovasi Lewat Riset

I-Gov UI Expo 2018 digelar karena saat ini UI tengah mengedepankan upaya hilirisasi produk inovasi dari para dosen dan mahasiswa agar dapat diserap industri.

Liputan6.com, Jakarta Universitas Indonesia (UI) mengadakan Industry Government Expo atau I-Gov UI Expo 2018. Acara ini menggagas pertemuan lima elemen pemangku kepentingan atau Penta Helix yaitu universitas, pemerintah, industri, media dan juga masyarakat.

Rangkaian kegiatan yang berlangsung selama dua hari ini, 31 Oktober – 1 November 2018 terdiri dari workshop, talkshow, dan pameran yang diisi 14 fakultas, 2 sekolah, program vokasi, kementerian, lembaga pemerintah, dan juga kepolisian.

I-Gov UI Expo 2018 digelar karena saat ini UI tengah mengedepankan upaya hilirisasi produk inovasi dari para dosen dan mahasiswa agar dapat diserap industri dan menjawab kebutuhan masyarakat Indonesia ke depan.

"Kami bangga dapat menjadi inisiator pertemuan para elemen pemangku kepentingan ke dalam satu event besar yang dikemas secara ilmiah dan interaktif," tutur Rektor UI Muhammad Anis di Depok, Kamis (1/11/2018).

Pada kesempatan ini, juga dilakukan nota kesepakatan bersama (NKB) atau MoU antara UI dengan Dewan Ketahanan Nasional yang diwakili Sekjen Dewan Ketahanan Nasional Doni Munardo untuk Pendidikan, Riset dan Pengabdian Masyarakat.

"Sinergi ini menjadi kunci pengembangan inovasi karena dijadikan sebagai dasar untuk perjanjian kerjasama selanjutnya yang lebih konkret," jelas dia.

Adapun dari pertemuan ini diharapkan dapat menguatkan peran UI sebagai perguruan tinggi yang berkontribusi membangun masyarakat Indonesia dan dunia.

"Selain itu, ajang membuka potensi-potensi yang dimiliki oleh daerah yang diharapkan bermuara pada perkembangan industri di daerah serta peningkatan hilirisasi hasil inovasi sivitas akademika UI," terang Anis.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini