Sukses

Emtek dan SCMA Raih Penghargaan Tata Kelola Perusahaan Terbaik

PT Surya Citra Media Tbk (SCMA) dan PT Elang Mahkota Teknologi Tbk (Emtek) terima Top 5 Good Corporate Governance (GCG) Issues in Media Sector.

Liputan6.com, Jakarta - PT Surya Citra Media Tbk (SCMA) dan PT Elang Mahkota Teknologi Tbk (Emtek) menerima penghargaan Top 5 Good Corporate Governance (GCG) Issues in Media Sector dalam acara Corporate Secretary Award 2018 yang diselenggarakan Warta Ekonomi di Balai Kartini, Jakarta, Jumat (26/10/2018).

Dalam kesempatan tersebut, SCMA diwakili Head of Corporate Communication Irnawati W Kahardja, sedangkan Emtek diwakili oleh Legal & Corsec Sr. Manager, Rahmiyati.

Head of Corporate Communication PT Surya Citra Media Tbk, Irnawati W Kahardja, mengatakan anugerah penghargaan ini akan memacu perusahaan untuk dapat menjalankan fungsi Good Corporate Governance (GCG) dengan lebih baik.  

"Kita cukup berbesar hati, karena dengan adanya penghargaan ini kita semakin terdorong untuk bisa menjalankan fungsi Good Corporate Governance (GCG). Di mana salah satu pilar dari GCG adalah peran dari corsec yang sangat penting bagi sebuah perusahaan," ungkapnya kepada Liputan6.com.

Adapun Good Corporate Governance (GCG) atau tata kelola perusahaan yang baik mulai dikenalkan di Indonesia pada 1997. Pada saat itu, pemerintah memperkenalkan GCG dengan tujuan untuk memperbaiki kondisi ekonomi akibat krisis yang terladl di Indonesia. 

GCG adalah struktur dan mekanisme yang mengatur pengelolaan perusahaan agar bisa menghasilkan nilai ekonomi jangka panjang yang berkesinambungan bagi para pemegang saham maupun pemangku kepentingan.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Peranan Corporate Secretary

Melalui GCG, perusahaan dapat menjalankan kegiatan perusahaan secara profesional dan efisien. Salah satu peranan yang paling penting dalam pelaksanaan GCG adalah peranan sekretaris perusahaan atau Corporate Secretary.

Corporate Secretary (corsec) memiliki peranan kunci dalam pelaksanaan GCG, khususnya pada perusahaan publik dan emiten di bursa. Hal ini tidak dapat dipungkiri karena posisi dan tugas yang dipikul corsec sangat strategis dan menentukan. Namun, di Indonesia banyak yang belum menyadari pentingnya peranan corsec.

Melalui kegiatan 'Corporate Secretary Award 2018', Warta Ekonomi memberikan apresiasi kepada perusahaan yang melaksanakan peranan corsec dengan baik, serta menjadikan perusahaan dengan corsec yang baik sebagai benchmark untuk perusahaan lain agar dapat menjalankan peranan corsec lebih baik ke depannya.

Pada riset ini, Warta Ekonomi memakai tools media monitoring dengan menggunakan media content analysis, yaitu menganalisis hasil pemberitaan media online yang terdiri atas sentimen positif, negatif, dan netral.

Pencarian berita dilakukan dengan menggunakan keyword S konsep GCG, yaitu transparency (keterbukaan), accountability (akuntabilitas), responsibility (tanggung jawab), independency (kemandirian), dan fairness (kewajaran dan kesetaraan)

Riset ini dilakukan sejak Januari hingga Juni 2018 kepada perusahaan-perusahaan terbuka yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI). Keyword dalam penelitian ini sebanyak 25.103 dengan total pemberitaan sebanyak 60.231.

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.