Sukses

10 Perusahaan Tempat Kerja Terbaik di Dunia

Daftar 10 tempat kerja terbaik di dunia. Mana saja?

Liputan6.com, Jakarta - Forbes telah merilis daftar 2.000 perusahaan tempat kerja terbaik di dunia. Daftar tersebut terdapat dalam World's Best Employers List 2018.

430 ribu perusahaan dianalisis oleh Forbes untuk menghasilkan daftar tersebut. Para karyawan diminta untuk menjawab pertanyaan perihal perusahaan mereka, seperti apakah mereka mau merekomendasikan tempat mereka bekerja kepada teman atau keluarga. 

Sejumlah perusahaan asal Indonesia pun berhasil menembus daftar tersebut. Mereka adalah Bank Mandiri, Bank BCA, Gudang Garam, Telkom Indonesia, dan Bank BRI.

Di antara 2.000 perusahaan yang terpilih, ternyata perusahaan besar seperti Facebook dan Tesla ternyata tidak mencapai urutan 10 besar. Siapakah yang mendapat urutan 10 besar? Berikut daftarnya seperti dilansir dari Forbes.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 11 halaman

10. BMW Group

CEO: Harald Krüger

Berdiri sejak: 1916

BMW Group menjadi salah satu perusahaan dari industri otomotif yang terbaik di dunia. Perusahaan asal Jerman ini berhasil menduduki peringkat 10, sementara Ferrari berada di nomor 36.

Tercatat 129.932 pegawai bekerja di perusahaan ini. Markasnya berlokasi di kota München, di negara bagian Bayern.

3 dari 11 halaman

9. Celgene

CEO: Mark Alles

Berdiri sejak: 1986

Bila BMW menjadi perusahaan otomotif terbaik di dunia, Celgene adalah yang pertama di bidang bioteknologi. Salah satu fokus perusahaan ini adalah penelitian pengobatan kanker, seperti leukimia dan myelofibrosis, serta multiple sclerosis.

Perusahaan ini bermarkas di Summit, New Jersey. Jumlah pegawaina ada 7.467 orang dan dipimpin oleh CEO Mark Alles, seorang veteran marinir dan memiliki rekam jejak karier yang panjang di industri farmasi.

4 dari 11 halaman

8. Kasikornbank

CEO: Banthoon Lansam

Berdiri sejak: 1945

Perusahaan asal Thailand ini berhasil menjadi yang terbaik di Asia Tenggara. Kasikornbank adalah grup perbankan terbesar di Thailand. 

Tetapi, tidak ada bank lain yang melewati peringkat bank. Maka, Kasikornbank adalah bank terbaik di dunia untuk bekerja. Bermarkas di Bangkok, perusahaan ini mempekerjakan 34 ribu orang. 

5 dari 11 halaman

7. Daimler

CEO: Dieter Zetsche

Berdiri sejak: 1886

Sebelum BMW berdiri, sudah ada yang namanya Daimler. Perusahaan otomotif ini berada di balik Mercedes-Benz Cars, Daimler Trucks, Mercedes-Benz Vans, Daimler Buses dan Daimler Financial Services.

Berdasarkan daftar Forbes, Daimler adalah perusahaan terbaik di dunia dari sektor otomotif. Lokasi markas Daimler berada di Stuttgart, tidak jauh dari München. Jumlah pegawainya saat ini adalah 289.321.

6 dari 11 halaman

6. CNOOC

CEO: Guangyu Yuan

Berdiri sejak: 1999 

Perusahaan terbaik di benua Asia. China National Offshore Oil Corporation (CNOOC) adalah perusahaan yang bergerak di sektor minyak dan gas (migas), dan rumah bagi 19.030 karyawan.

Pada September lalu, Pertamina mengambil alih Blok South East Sumatera yang sebelumnya dikelola CNOOC. Perusahaan ini bermarkas di Hong Kong.

7 dari 11 halaman

5. Amazon

CEO: Jeff Bezos

Berdiri sejak: 1994 

Masuk ke lima besar dibuka oleh perusahaan yang dipimpin oleh orang terkaya di dunia. Amazon adalah perusahaan belanja online. Perusahaan juga beralih ke toko offline yang membiarkan pembeli membeli barang tanpa perlu membayar di kasir. 

Amazon memiliki markas di Seattle, markasnya di sana memiliki tema seperti hutan dan menjadi daya tarik bagi mereka yang datang ke kota tersebut. Jumlah pegawai Amazon adalah 566 ribu orang.

8 dari 11 halaman

4. Walt Disney

CEO: Robert Iger

Berdiri sejak: 1923

Dibangun oleh Walt Disney tak lama setelah berakhirnya Perang Dunia I. Disney memang terkenal atas film-fimnya, namun saat ini sudah memiliki bermacam segmen seperti jaringan media, taman dan resort, serta bermacam produk seperti lisensi karakter.

Markas Disney berada di Burbank, California, dan perusahaan memiliki 199 ribu pegawai. Sampai saat ini, Disneyland telah dibangun di tujuh wilayah di seluruh negara, dua di antaranya berada di Asia.

9 dari 11 halaman

3. Apple

CEO: Tim Cook 

Berdiri sejak: 1976

Perusahaan yang selalu membanggakan inovasi yang mereka lakukan. Contoh yang terbaru adalah ketika iPhone memiliki poni, dan produk smartphone lain langsung ikut-ikutan. 

Didirikan oleh Steve Jobs, sampai saat ini dia adalah semacam simbol di Silicon Valley. Tidak mengagetkan bila para pegawainya memiliki kebanggaan untuk bekerja di Apple Park.

10 dari 11 halaman

2. Microsoft

CEO: Satya Nadella 

Berdiri sejak: 1975 

Posisi runner-up berhasil didapatkan oleh Microsoft. Meski sudah ditinggalkan Bill Gates sebagai CEO, ternyata Microsoft masih dicintai oleh pegawainya.

Bill Gates lebih sering menghabiskan waktunya untuk berkeliling dunia. Dia dan istrinya berusaha membantu para orang-orang miskin agar mendapatkan akses kehidupan yang lebih baik. 

11 dari 11 halaman

1. Alphabet

CEO: Larry Page

Berdirik sejak: 2015

Alphabet adalah induk korporasi dari produk Google, YouTube, dan Google Fiber. Berdirinya Alphabet diprakarsai oleh pendiri Google itu sendiri, yakni Larry Page yang menjabat sebagai CEO dan Sergey Brin sebagai presiden perusahaan. 

Markas Alphabet berada di Mountain View dan pegawainya berjumlah 80.100 orang.  

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini