Sukses

Pantauan Pasar: Harga Cabai dan Bawang Naik

Liputan6.com, Jakarta - Harga cabai dan bawang kompak naik di Pasar Mencos Setiabudi, Jakarta Selatan, Jumat (12/10/2018). Berdasarkan pantauan Liputan6.com, kenaikan terbilang besar untuk masing-masing komoditas sayuran tersebut.

Pedagang sayur di Pasar Mencos, Mutia (42) mengungkapkan, untuk komoditas utama seperti bawang dan cabai, kenaikan bisa berkisar dari Rp 10 ribu-15 ribu per kilogram (kg).

Di akhir pekan ini, Mutia membanderol cabai merah besar seharga Rp 45 per kg, sedangkan cabai rawit dipatok Rp 40 ribu per kg.

"Naik semua, cabai merah biasanya kan kita bisa jual Rp 35 ribu per kg. Sekarang sudah Rp 45 ribu," jelasnya.

Selain cabai, komoditas bawang juga ikut kena imbas kenaikan harga yang disebabkan kurangnya pasokan dari distributor itu.

"Bawang merah naik Rp 5 ribu jadi Rp 30 ribu per kg. Adapun bawang putih naik Rp 1.000 jadi Rp 25 ribu per kg," ujarnya.

Senada, Rusdi (41), seorang pedagang di Pasar Mencos, tidak menampik harga sayuran kini mengalami kenaikan di akhir pekan Jumat. Untuk wortel saja, Rusdi pada hari ini menjualnya di harga Rp 12 ribu per kg.

"Sudah tiga sampai empat hari inilah naik," ungkap dia.

Rusdi yang berasal dari Bogor bahkan mengaku, harga sayuran dari pasar induk sudah mahal. "Sudah mahal dari pasar induk. Saya malah ambilnya dari Bogor sekarang. Misalnya kalau bawang merah Rp 24 ribu per kg di Bogor, di pasar induk sudah Rp 25 ribu per kg. Makanya kita ambil dari Bogor," ungkapnya.

Adapun sayuran lain yang dipatok naik oleh Rusdi antara lain, timun di harga Rp 13 ribu per kg, tomat Rp 14 ribu per kg serta kol yang ikut melonjak di harga Rp 12 ribu per kg. Hanya terong saja yang tercatat normal, yakni Rp 10 ribu per kg.

* Update Terkini Asian Para Games 2018 Mulai dari Jadwal Pertandingan, Perolehan Medali hingga Informasi Terbaru di Sini.

Artikel Selanjutnya
Harga Cabai Semakin Murah
Artikel Selanjutnya
Harga Cabai dan Bawang Merah Kompak Turun