Sukses

Pertamina Genjot Produksi Lapangan Handil

Penambahan produksi di Lapangan Handil yang telah mature (tua) ini tercapai berkat upaya optimisasi oleh Pertamina Hulu Mahakam selaku operator.

Liputan6.com, Balikpapan - PT Pertamina Hulu Mahakam (PHM) menggenjot produksi minyak dan gas Lapangan Handil di Blok Mahakam menyusul operasinya sumur, H-L-174. Sumur baru di Lapangan Handil ini mulai memproduksi 1.057 BOPD minyak dan 2,6 MMscfd gas sejak beroperasi 21 September 2018 lalu.

“Penambahan produksi di Lapangan Handil yang telah mature (tua) ini tercapai berkat upaya optimisasi oleh PHM selaku operator,” demikian Sunaryanto, Executive Vice President PHM, yang mengepalai kegiatan operasi di WK Mahakam, ditulis pada Jumat (28/9/2018).

Sunaryanto mengatakan, produksi sumur baru jauh lebih tinggi dari perkiraan sebesar 598 BOPD minyak. Produksi sumur baru ini berkontribusi mendongkrak produksi Lapangan Handil mencapai 18.207 BOPD dan 11,5 MMscfd gas.

“Pengeboran sumur ini menggunakan Rig Yani yang memang didesain untuk dioperasikan di kawasan delta,” paparnya. Untuk diketahui, Lapangan Handil di Blok Mahakam berproduksi sejak 40 tahun silam.

Kawasan ini terdapat terdapat 107 sumur hidrokarbon aktif, 4 sumur water producer, dan 13 sumur water injector.

Pada awal produksi minyak dan gas di Lapangan Handil, semua berlangsung secara alamiah (natural flow) tanpa alat bantu. Pada tahun keemasannya lapangan mampu berproduksi hingga 200 ribu BOPD minyak.

Kini, produksi sumur tua di Handil harus dibantu pemanfaatan teknologi injeksi air, gas, pengangkatan buatan (artificial lift) dan electrical submersible pump. Itu semua akibat penurunan tekanan reservoir yang berdampak negatif terhadap produksi migas.

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Total Produksi

Luas Lapangan Handil sendiri sekitar 40 kilometer persegi di kawasan Delta Mahakam Kutai Kartanegara Kalimantan Timur. Cadangan minyaknya terletak di zona utama kedalaman 1.500 - 2.700 meter di bawah permukaan tanah.

Total produksi lapangan mencapai 900 juta barrel kondesat dan 1,9 Tcf gas selama 40 tahun terakhir. Lapangan Handil menjadi salah satu andalan eksploitasi migas di Blok Mahakam.

Data lapangan, produksi Blok Mahakam sendiri kini sebesar 44 ribu BOPD kondesat dan 976 MMscfd gas dari keseluruhan lapangan. Blok ini meliputi beberapa lapangan eksploitasi migas ; South Mahakam, Peciko – Rubi, Bekapai, Tambora CPU, SPS, Handil, centra processing unit, north processing unit dan south processing unit.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.