Sukses

Penjualan Sepi, Harga Daging Ayam Naik di Pasar Kebayoran Lama

Pedagang mengeluhkan penjualan yang kini cenderung sepi beberapa hari belakangan.

Liputan6.com, Jakarta Harga daging ayam di Pasar Kebayoran Lama, Jakarta Selatan naik. Harga ayam potong kini dibanderol Rp 28 ribu-Rp 29 ribu per kilogram (kg). Namun ayam utuh masih dijual Rp 40 ribu per kilogram (kg) per ekor.

Sainah (48), salah satu pedagang menuturkan, harga ayam potong sebesar Rp 28 ribu sampai Rp 29 ribu per kg, naik Rp 3.000 hingga Rp 4.000 per kg.

"Biasanya ayam potong mah udah normal di harga Rp 25 ribu, sekarang naik. Jadi saya jual Rp 28 atau palingan Rp 29 ribu per kg. Tapi ayam per ekor masih normal kok," tuturnya saat berbincang dengan Liputan6.com, Senin (17/9/18).

Namun Sainah turut mengeluhkan penjualan yang kini cenderung sepi beberapa hari belakangan.

"Sayuran, ayam, sepi pembeli sekarang. Makanya masih normal ayam ekor harganya. Ini udah 3 jam aja kita jualan belum ada yang beli," ungkap dia.

Sri (53), pedagang ayam lainnya di Pasar Kebayoran Lama mengatakan hal senada.

"Ini yang ayam potong (yang kecil ini), kalau yang Rp 40 ribu per kg itu beratnya di atas 1,5 kg. Tapi ini yang kecil sama yang gede juga kan kelihatan ya masih banyak. Masih dikit yang beli," ujarnya.

"Biasanya jam segini udah lumayan, kan dari subuh kita udah jualan," tambah dia.

Saat ditanya bagaimana perkembangan harga ayam untuk beberapa hari kedepan, Sri mengaku masih belum mengetahu. "Belum ada hari-hari besar sih kayanya, jadi nggak tahu," tutup dia.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Stok Melimpah, Harga Pangan di Pasar Tradisional Stabil

Harga komoditas sayuran di Pasar Kebayoran Lama, Jakarta Selatan, terpantau stabil pada awal pekan. Hal ini disebabkan stok sayuran dalam keadaan melimpah.

Berdasarkan pantauan Liputan6.com, Senin (17/9/18), salah satu pedagang sayur di Pasar Kebayoran Lama yakni Mbah Jumi (85) menjual sayuran pada awal pekan ini sama dengan pekan lalu atau stabil. Namun memang, meskipun tak ada perubahan harga, jumlah pembeli justru mengalami penurunan.

"Stok Ada, tapi pembeli sepi. Kalau aku ditanya ya bingung juga kenapa pada enggak beli," tuturnya saat berbincang dengan Liputan6.com.

Ia pun menjabarkan, untuk harga cabai rawit dibanderol Rp 28 ribu per kilogram (kg), cabai keriting merah besar di harga Rp 25 ribu per kg.

Sedangkan untuk komoditas bawang seperti bawang putih ia jual di kisaran Rp 20 ribu hingga Rp 23 ribu per kg. Sementara itu untuk bawang merah pada harga Rp 27 ribu per kg.

Beralih ke pedagang lain, Sri (33), ia memang membenarkan minat pembeli di Pasar Kebayoran Lama sedang surut pada minggu ini.

Meski begitu, Sri saat ini menaikkan harga jual kentang. Sri mengaku menaikkan harga kentang sebesar Rp 3 ribu.

"Emang lagi sepi, tapi kentang saya jual Rp 14 ribu per kg. Dari pasar kan kita beli paling Rp 10 ribu sampai Rp 11 ribu per kg. Kalau sayuran lain masih pada normal," ujarnya.

Untuk komoditas bawang, Sri tercatat berbeda Rp 1000 - Rp 2000 dibandingkan dengan Mbah Jumi. Ia menjual bawang putih Rp 25 ribu per kg dan bawang merah yang sebesar Rp 28 ribu per kg.

Sedangkan untuk sayuran lainnya, Sri menambahkan, pada awal pekan ini, ia menjual tomat sebesar Rp 8 ribu per kg, dan timun Rp 9 ribu per kg. Sedangkan wortel masih di kisaran harga yang sama yaitu Rp 10 ribu per kg.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.