Sukses

Gandeng Bintang Ternama, Pebisnis Jepang Sukses Jadi Miliarder

Liputan6.com, Tokyo - Tsuyoshi Matsushita tidak mengenal Cristiano Ronaldo ataupun Madonna, namun dirinya mampu membuat mereka menjadi wajah dari produknya.

Menggandeng dua bintang ternama membuat perusahaan pebisnis asal Jepang itu menjadi perusahaan bernilai USD 2,3 miliar sekaligus menjadikannya seorang miliarder. Menurutnya, keberhasilannya ini terjadi karena ia berani bertaruh dengan mengajak artis papan atas untuk meng-endorse produknya.

“Kebanyakan orang bahkan tidak akan mencoba untuk bermitra dengan Ronaldo atau Madona karena mereka berpikir bahwa kemungkinannya kecil” ungkap pria yang menjabat sebagai Presiden MTG Co itu dalam sebuah wawancara di Tokyo. “Saya sudah sukses mengembangkan 1 persen peluang itu sejak kecil. Dan saya beruntung.”

MTG Co., perusahaan yang dipimpin Matsushita, memproduksi beragam produk, termasuk produk perawatan kulit yang melibatkan Madonna dan alat olahraga otot perut bernama SIXPAD dengan Ronaldo.

2 dari 3 halaman

Dimulai Sejak Belia

Matsushita yang kini berusia 48 tahun memiliki sejarah panjang sebagai seorang pengusaha. Jajak pertamanya dalam dunia bisnis dimulai saat ia masih bersekolah di sebuah pulau kecil di Jepang. Tak berbeda dari sekarang, lini produknya berusaha memanfaatkan tren.

Pada tahun 1994, Matsushita membangun bisnis penjualan mobil bekas. Namun dirinya kemudian memutuskan untuk menciptakan produk sendiri, yang kemudian melahirkan pendahulu perusahaannya sekarang pada 1996. Ia mencoba keberuntungannya dalam beragam produk, mulai dari produk kesehatan hingga keramik. Pada tahun 2009, alat rol pijatnya ReFa menjadi sukses.

3 dari 3 halaman

Madonna dan Ronaldo

Beberapa tahun setelahnya, Matsushita bertekad untuk mengembangkan sebuah merek perawatan kulit dengan menggandeng Madonna sebagai langkah selanjutnya setelah ReFa. Matsushita mencoba mencari agen periklanan untuk menghubungkannya dengan sang ratu pop.

“Saya mulai menanyakan orang sekitar saya apabila mereka mengenal Madonna. Mereka melihat saya seolah saya gila. Namun pada akhirnya, kita mampu menghubunginya” ungkap Matsushita dilansir dari Valley News.

MTG meluncurkan produknya MDNA SKIN dengan Madonna pada Februari 2014. Tidak puas, Matsushita mengalihkan perhatiannya pada Ronaldo. Ia memutuskan peraih lima gelar pemain terbaik FIFA satu-satunya sosok yang ia inginkan untuk merepresentasikan produk rol kecantikan wajahnya ReFa Active. MTG pun berkolaborasi dengan Ronaldo pada Juli 2014. Tahun selanjutnya, MTG kembali bermitra dengan Ronaldo untuk SIXPAD.

Iklan televisi SIXPAD yang menampilkan Ronaldo menjadi begitu terkenal di Jepang, dan MTG pun berhasil menjual lebih dari 1 juta unit dalam tiga tahun terakhir. Penghasilan perusahaannya pun menjadi berlipat ganda setelah produk tersebut diluncukran. (Felicia Margaretha)