Sukses

Sebelum Jadi Miliarder, Apa Pekerjaan 5 Orang Ini?

Sebelum jadi orang kaya, para miliarder ini ada yang kerja sebagai asisten foto, ada yang kerja di restoran cepat saji,

Liputan6.com, Jakarta - Semua miliarder pasti juga memiliki masa lalu. Jangan kira miliarder selalu berasal dari keluarga kaya, karena faktanya banyak yang memulai dari bawah. 

Tidak terlahir dari keluarga kaya membuktikan mereka tetap bisa membangun sesuatu yang mengangkat status mereka, serta memberikan lapangan kerja dan membantu hidup orang banyak. Jeff Bezos, misalnya, ia pernah bekerja di McDonald's saat remaja. Warren Buffett malah pernah cuci mobil. 

Perjuangan dan masa lalu mereka bisa memotivasi banyak orang, bahwa kesuksesan seseorang tidak selalu terikat oleh masa lalu mereka. Berikut daftar 5 miliarder dan pekerjaan mereka sebelum meraih kesuksesan. 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

1. Li Ka-Shing

Harta saat ini: USD 32,3 miliar (Rp 478,6 triliun, USD 1 = Rp 14.820)

Sebelum era Jack Ma, sosok bernama Li Ka Shing sudah duluan dikenal sebagai orang paling tajir di Hong Kong dan dihormati di Asia atas pengaruhnya. Dilansir Bloomberg, dia sempat menjadi tukang sapu di pabrik. Pekerjaan itu dilakoninya di sebuah pabrik di Hong Kong sambil mengurus bapaknya yang sakit.

Pendidikan Li juga terhenti di SMA. Meskipun dalam hidupnya justru Li menyumbangkan banyak uang kepada unniversitas-universtias bergensi dunia seperti Universtitas Stanfrod, UC San Fransico, dan UC Berkeley.

3 dari 6 halaman

2. Warren Buffett

Harta saat ini: USD 88,2 miliar (Rp 1.307 triliun)

Sama seperti orang Amerika Serikat lain, Warren Buffett sudah mulai kerja sambilan sejak usia belia. Saat remaja, ia bekerja di toko keluarganya, mencuci mobil, dan mengirim koran, demikian lansiran Investopedia.

Ayah dari Buffett memiliki usaha pialang kecil. Dari situlah Warren Buffett belajar memahami saham, dan bahkan membeli saham pertama kali ketika masih berusia 11 tahun.

4 dari 6 halaman

3. Oprah Winfrey

Harta saat ini: USD 2,8 miliar (Rp 41,4 triliun)

Sosok Oprah Winfrey selalu erat dengan senyumnya yang hangat, tatapannya yang penuh empati, dan motivasi yang ia berikan pada pemirsa. Wanita kelahiran Mississippi berhasil mengubah masa lalu kelam menjadi kehidupan gemilang.

Sewaktu muda, Oprah pernah diperkosa oleh kakak sepupunya yang berusia sembilan belas tahun. Menurut situs Oprah, setika beranjak remaja, ia bekerja di sebuah toko di sebelah toko cukur rambut sang ayah. Kemudian, ia mendapat pekerjaan sebagai jurnalis. Meski sempat dipecat, tetapi ia tidak menyerah dan berhasil sukses sebagai pembawa acara.

5 dari 6 halaman

4. Travis Kalanick

Harta saat ini: USD 5,45 miliar (Rp 80,7 triliun)

Travis Kalanick adalah pendiri Uber, sebuah jasa transportasi inovatif yang mengubah model bisnis antar jemput. Ia mendirikan Uber di San Fransisco pada 2009 lalu, dan ia menjabat sebagai CEO sebelum akhirnya meninggalkan perusahaan yang dia bangun karena masalah internal.

Menurut CNBC, pekerjaan pertama Kalanick adalah sales. Yang ia jual, kala itu ia masih remaja, adalah pisau. Itu ia lakukan dari pintu ke pintu.

6 dari 6 halaman

5. Jeff Bezos

Harta saat ini: USD 161 miliar (Rp 2.386 triliun)

Siapa sangka orang terkaya di dunia pernah kerja di McDonald's saat remaja? Posisi yang dijabat adalah tukang goreng, meskipun ia juga perlu membereskan dapur bila sedang berantakan, soalnya kala itu ia adalah anak baru.

Menurut Business Insider, Bezos mensyukuri pengalaman yang ia pelajari di McDonald's, karena bekerja secara langsung memiliki nilai yang tak sama seperti di sekolah. Bezos sendiri merupakan murid yang pandai. Ia adalah lulusan jurusan ilmu komputer dan teknik elektro Universitas Princeton, salah satu dari Ivy League yang merupakan kumpulan perguruan tinggi bergengsi.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Miliarder adalah seseorang yang memiliki kekayaan bersih setidaknya satu miliar (1.000.000.000 atau seribu juta) unit mata uang tertentu.

    Miliarder

  • Karier adalahperkembangan dan kemajuan dalam kehidupan, pekerjaan, jabatan, dsb.

    Karier

Video Terkini