Sukses

PLN Kucurkan Rp 243 Miliar Bangun Infrastruktur Listrik Asian Games 2018

Investasi PLN untuk pembangunan pembangkit dan infrastruktur kelistrikan untuk wilayah Jakarta, Banten dan Palembang di 2018 sebesar Rp 5,7 triliun.

Liputan6.com, Jakarta - PT PLN (Persero) menjamin perhelatan Asian Games 2018 tak akan terjadi pemadaman listrik. Ini dikarenakan PLN telah mempersiapkan sistem pengamanan berlapis di setiap veneu yang akan digunakan.

Direktur Bisnis Regional Jawa bagian Barat Haryanto WS mengaku, PLN bahkan sudah membangun fasilitas infrastruktur kelistrikan khusus untuk Asian Games 2018.

"Kami sudah siapkan investasi dedicated Asian Games Rp 243 miliar. Itu di luar sponsor yang kita berikan Rp 25 miliar untuk mensukseskan acara ini," kata dia usai menggelar Apel Kesiapan Pengamanan Asian Games 2018 di Halaman Monas, Kamis (9/8/2018).

Sementara investasi PLN untuk pembangunan pembangkit dan infrastruktur kelistrikan lainnya untuk wilayah Jakarta, Banten dan Palembang di 2018 sebesar Rp 5,7 triliun. Dimana khusus wilayah Jakarta dan Banten sebesar Rp 2,7 triliun.

Khusus untuk wilayah Jakarta, persiapan penguatan sistem distribusi yang dilakukan PLN diantaranya membangun jaringan tegangan menengah untuk memperkuat pasokan ke Gardu Distribusi. Kemudian, melakukan rekonfigurasi JTM untuk meninngkatkan keandalan dan kecepatan pemulihan pasca gangguan.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Perawatan

Tidak hanya itu, masih ada lagi yaitu melengkapi gardu distribusi dan gardu hubung dengan fasilitas ACO dan RC untuk mempercepat pemulihan pasca gangguan. Terakhir, penggantian dan pemeliharaan peralatan gardu distribusi beserta peralatan pendukungnya.

Meski demikian, PLN tetap bakal melakukan perawatan beberapa pembangkit yang memasok Jakarta. Hanya saja, hal itu tidak akan mengganggu perhelatan Asian Games 2018.

"Pembangkit yang maintenance yang tidak bisa ditunda tetap kita lakukan. Namun tetap perhatikan kecukupan daya kita. Salah satunya Labuan dan itu sudah terjadwal," pungkas dia. 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.