Sukses

Ada Gempa, Sektor Wisata Lombok Segera Pulih

Menko Maritim Luhut Binsar Panjaitan mengakui gempa yang mengguncang Lombok bakal berpengaruh ke sektor Pariwisata.

Liputan6.com, Jakarta - Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman Luhut Binsar Panjaitan mengakui gempa Lombok bakal berpengaruh ke sektor Pariwisata. Meskipun demikian, dia yakin dampak yang terjadi tak akan besar.

"Ya biasalah, pasti (berdampak). Untuk sementara ada dampaklah. Paling tidak akan lama, berapa minggu ke depan saja," ungkapnya saat ditemui, di Hotel Borobudur, Jakarta, Selasa (7/8/2018).

Berbagai upaya penanggulangan pasca bencana pun terus dikerjakan oleh pemerintah pusat. Salah satunya dengan menyiapkan porsi anggaran khusus.

Namun, Mantan Kepala Staf Kepresidenan itu tidak menyampaikan secara rinci berapa besar anggaran yang disiapkan. Sebab masih dihitung oleh Kementerian Keuangan.

"Saya belum tahu (berapa) nanti saya tanya ya," ujarnya.

Selain itu, tambah dia, penanganan pasca kebakaran di padang Giri Lawa, Taman Nasional Komodo, Nusa Tenggara Timur (NTT) pun sudah dilakukan. Insiden yang terjadi di salah satu spot destinasi di Kabupaten Manggarai Barat, Flores itu, menurut dia sudah berhasil ditangani dan tidak bakal menggangu arus wisatawan.

"Sudah ditangani kemarin. Di mana-di mana aja pasti ada petaka. Yang penting mitigasinya bagaimana," tandasnya.

Reporter: Wilfridus Setu Embu

Sumber: Merdeka.com

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Garuda Kerahkan Pesawat Jumbo Buat Angkut Wisatawan di Lombok

Garuda Indonesia memberlakukan kebijakan untuk kemudahan penumpang melakukan reschedule, reroute, full refund dan perpanjangan masa berlaku tiket bagi penumpang yang terdampak peristiwa gempa bumi Lombok tanpa dikenakan biaya.

VP Corporate Secretary Garuda Indonesia Hengki Heriandono menegaskan, kebijakan tersebut berlaku hingga 20 Agustus 2018 mendatang, khusus untuk penumpang yang memiliki jadwal penerbangan dari tanggal 6-11 Agustus 2018.

"Kebijakan tersebut diberlakukan sebagai bagian dari layanan Garuda Indonesia kepada para penumpang yang terdampak gempa," kata Hengki kepada wartawan, Selasa (7/8/2018).

Garuda Indonesia juga merencanakan untuk kembali menambah extra flight pada Selasa ini dengan rute Lombok - Denpasar (pp) sebanyak 3 kali penerbangan. Salah satu penerbangan tersebut menggunakan pesawat berbadan besar A330 seri 300, melalui nomor penerbangan sebagai berikut :

- GA4364 / ATR / DPS-LOP / 08.20 LT GA4374 / ATR / LOP-DPS / 09.40 LT

- GA4377 / B738 / DPS-LOP / 08.50 LT GA4376 / B738/ LOP-DPS / 10.35 LT

- GA4506 / A330 / DPS-LOP / 13.30 LT GA4507 / A330 / LOP-DPS / 15.00 LT.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini