Sukses

7 Tips Penting Hadapi Setiap Fase Kehidupan Keuangan Anda

Berikut tujuh tips penting hadapi setiap fase kehidupan keuangan Anda.

Liputan6.com, Jakarta - Setiap orang pernah membuat kesalahan keungan dalam kehidupan mereka, entah itu menghabiskan barang-barang yang tidak perlu atau lalai memberikan sumbangan dana pensiun sesegera mungkin. Bahkan para ahli keuangan tidak kebal membuat kesalahan.

Untuk membantu Anda menghindari perangkap yang sama, para ahli membagikan saran terbaik yang dapat membantu Anda menjalani kehidupan keuangan, tidak peduli berapa usia Anda.

Mengutip laman Laruno.id, berikut uraiannya:

1. Jangan buang uang untuk hal-hal yang tidak Anda butuhkan

Apakah Anda baru saja menerima gaji pertama atau kenaikan gaji pertama, Anda mungkin tergoda untuk membelanjakan uang untuk hal-hal yang Anda inginkan daripada hal-hal yang Anda butuhkan, tetapi ini bisa menjadi kesalahan besar. Jangan menghabiskan banyak uang untuk pakaian.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

2. Jangan membeli barang jika hanya untuk mengesankan orang lain

Membelanjakan kebutuhan langsung dapat melukai kebutuhan masa depan Anda. Jangan buang waktu Anda dengan mobil atau gadget mahal. Lebih baik menyimpan uang untuk jangka panjang dan untuk hal-hal yang dapat terus menghasilkan uang, daripada mengambil uang Anda.

3. Jangan takut dengan pasar saham

Melakukan sesuatu yang membuat Anda takut bisa menjadi hal yang baik untuk keuangan Anda. Investor pemula sering takut dengan pasar saham, tetapi hanya dengan memulai bahkan dalam skala kecil, Anda memajukan kehidupan finansial Anda.

3 dari 4 halaman

4. Berinvestasi lebih banyak lagi

Investasikan di pasar, dan kunci keuntungan adalah dengan membeli pendapatan. Begitu pengeluaran dasar Anda ditutupi dengan pendapatan, beli lebih banyak lagi. Dengan membuat investasi yang bijak, Anda dapat menciptakan penghasilan diri sendiri di masa pensiun untuk menambah Jaminan Sosial, tentu memungkinkan Anda menjalani kehidupan yang lebih nyaman di masa pensiun.

5. Investasikan pada diri Anda sendiri

Selain membuat investasi keuangan, penting untuk berinvestasi dalam diri Anda dengan mempelajari semua yang Anda bisa tentang keuangan pribadi sehingga Anda dapat membuat rencana keuangan yang sesuai.

Tidak ada yang peduli tentang kesuksesan finansial Anda, belajarlah sebanyak yang Anda bisa hari ini. Semakin cepat Anda meluangkan waktu untuk mempelajari beberapa dasar-dasar uang, maka semakin cepat Anda dapat menggunakan pengetahuan ini.

4 dari 4 halaman

6. Dengarkan dirimu sendiri dan lakukan dengan tindakan

Cari tahu apa yang Anda inginkan dalam hidup, kemudian buat keputusan berdasarkan sekitar tujuan tersebut. Ketika Anda tahu persis apa yang Anda hemat, itu memotivasi Anda untuk tetap berpegang pada tujuan Anda dan bekerja lebih keras.

7. Jangan buang waktu dengan mengkhawatirkan

Jangan biarkan rasa takut menghalangi Anda untuk menginginkan apa yang Anda inginkan. Mengkhawatirkan adalah berdoa untuk apa yang tidak Anda inginkan, jadi berhentilah khawatir tentang uang dan fokus pada apa yang Anda inginkan.

Semoga Bermanfaat.

GRATIS... Pelatihan 365 hari bersama Tung Desem Waringin yang bisa merevolusi bisnis, marketing, sales, karier, kehidupan, kesehatan, kebahagiaan, dan keuangan, bahkan percintaan dengan materi terbaru seharga Rp 2.997.000.

Khusus untuk 97 orang pembaca Liputan6.com hari ini jadi gratis.

Daftar sekarang juga, klik di sini untuk daftar

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.