Sukses

Harga Ayam Potong Turun, Daging Sapi Naik Tipis

Harga daging ayam turun jelang akhir pekan di Pasar Rumput, Jakarta. Namun, harga daging sapi masih naik tipis.

Liputan6.com, Jakarta - Harga daging ayam terpantau turun di Pasar Rumput, Jakarta Selatan, Jumat (27/7/2018). Akan tetapi, harga daging sapi terbilang naik tipis di Pasar Rumput.

Pedagang ayam di Pasar Rumput, M. Yuli (35) kini menjual daging ayam di kisaran Rp 35 ribu - Rp 50 ribu per kilogram (kg). Yuli menuturkan, harga daging ayam turun sepekan ini.

"Lagi turun omzet sampai 10 persenan-lah, kita juga untungnya tipis, cuma ambil Rp 2 ribu per kg. Modalnya Rp 48 ribu, kita jualnya Rp 50 ribu per kg," tutur dia kepada Liputan6.com.

Yuli juga berpesan, agar stok atau pasokan ayam agar dipermudah dan tidak ditimbun. Ada stok yang ditimbun menurut Yuli membuat harga ayam tidak stabil di pasar.

"Supply ayam kalau bisa dipermudah jangan dipersulit. Barang kadang-kadang ditahan, tolonglah harga ayam dibuat stabil," kata dia.

Senada, pedagang lain, Harsidi (53) mengatakan harga daging ayam menurun. Kini ia membanderol daging ayam seharga Rp 35 ribu per kg.

Sementara itu, harga daging sapi di Pasar Rumput terbilang stabil atau naik tipis hari ini. Daging sapi dipatok di kisaran Rp 120 ribu - Rp 125 ribu per kg.

"Masih normal, daging sapi masih Rp 120 ribu per kg. Kalau ati Rp 60 ribu per kg. Sepi untuk daging sapi, kalau ramai biasanya pada ikut ramai juga di pasar-pasar lain," tutur Aswari (68) pedagang sapi.

Sedangkan Saprudin (66) mematok harga daging sapi Rp 125 ribu per kg, yakni naik Rp 5 ribu dari harga acuan daging sapi Rp 120 ribu per kg.

Kemudian untuk harga telur kini dibanderol seharga Rp 26 ribu per kg di Pasar Rumput. Masih terbilang tinggi dari harga eceran telur yang diharapkan Kementerian Pertanian sekitar Rp 22 ribu per kg. 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Harga Cabai dan Bawang Kompak Turun

Sebelumnya, harga sejumlah bahan pangan di Pasar Rumput, Jakarta Selatan, terpantau turun pada Jumat ini. Salah satunya adalah komoditas cabai.

Pedagang sayur di Pasar Rumput, Samsudin (59), membanderol harga cabai merah senilai Rp 25 ribu per kilogram (kg). Sedangkan harga cabai rawit merah ia banderol di kisaran Rp 50 ribu - Rp 55 ribu per kg.

Sebelumnya, harga cabai rawit merah per kg sempat menyentuh Rp 60 ribu per kg. Penurunan harga cabai rawit merah sebesar Rp 5 ribu sampai Rp 10 ribu per kg.

"Lagi sepi sekarang, pada turun. Bingung juga ya ini kenapa tiba-tiba sepi begini," tuturnya kepada Liputan6.com, di Pasar Rumput, di Jakarta, Jumat 27 Juli 2018.

Pedagang lain, Samiati (34), menuturkan hal yang sama. Harga cabai di Pasar Rumput mengalami penurunan harga. Samiati menjelaskan, pasokan cabai dari Pasar Kramat Jati terbilang lancar pada pekan ini.

"Cabai keriting merah besar Rp 32 ribu per kg, turun Rp 8 ribu dari Rp 40 ribu per kg kemarin. Harga cabai rawit merah juga turun Rp 5 ribu menjadi Rp 55 ribu per kg," ucapnya.

 

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.