Sukses

3,5 Tahun Memimpin, Jokowi Renovasi 2.600 Pasar Tradisional

Jokowi melakukan peninjauan dan melihat kondisi pasar tradisional yang ada di Yogyakarta.

Liputan6.com, Jakarta - Agenda pertama kunjungan kerja Presiden Joko Widodo (Jokowi) ke Provinsi DI Yogyakarta adalah melakukan peninjauan dan melihat kondisi pasar tradisional yang ada di daerah.

“Saya lihat ini kan sudah direhab, tapi tadi ada usulan dari Pak Kepala Dinas Pasar. Untuk pasar yang bukan di sini, tapi pasar di  Prawirotaman, itu mungkin kita rehab. Insya Allah akan kita kerjakan 2019,” ujar Jokowi seperti dikutip dari laman Sekretariat Kabinet, Rabu (25/7/2018).

Lebih lanjut, Jokowi menyampaikan, pembenahan pasar tradisional karena beberapa di antaranya masih banyak yang becek dan kumuh. Ia berharap agar Pasar Kranggan yang sudah tertata dapat lebih ditata supaya lebih rapi lagi.

Soal jumlah pasar yang direnovasi atau dibangun, dia menyatakan sampai sekarang telah mencapai 2.600 pasar selama hampir 3,5 tahun. Kepala Negara menginginkan agar pasar yang jadi tujuan berbelanja harus bagus.

“Memang semuanya harus rapi, ada tempat parkir, dalamnya tertata, tidak becek, tidak bau, supaya bisa bersaing dengan pasar-pasar modern, dan retail-retail modern,” ujar Jokowi.

Belanja Emping dan Cipir

Saat meninjau Pasar Kranggan, Presiden juga sempat membeli emping dan cipir. “Yang tadi saya belanja yang memang di tempat lain enggak ada,” ungkap dia.

Dengan mengenakan kemeja Putih, Jokowi tiba di pasar sekitar pukul 09:30 WIB. Warga dan pedagang pasar sangat antusias menyambut kedatangan serta berebut untuk bersalaman dan berfoto bersama Presiden.

Sambil berkeliling pasar, Presiden membagikan kain batik kepada warga dan pedagang serta berbincang dengan pedagang pasar.

Turut mendampingi Presiden dalam kunjungan tersebut Menteri Sekretaris Negara Pratikno dan Gubernur Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) Sultan Hamengkubuwono X.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini