Sukses

Miliarder India Geser Jack Ma sebagai Orang Terkaya di Asia

Liputan6.com, Jakarta - Nama miliarder Mukesh Ambani mungkin tak setenar pendiri Alibaba, yaitu Jack Ma. Meskipun namanya kurang terkenal, harta pria India itu berhasil membawanya sebagai pria terkaya di Asia.

Dilansir dari Bloomberg, tercatat kekayaan Ambani meroket menjadi USD 44,3 miliar setelah sebelumnya hanya di kisaran USD 41,7 miliar.

Sementara, harta CEO Alibaba Jack Ma berada tipis di belakang Ambani, yaitu sebesar USD 44 miliar pada penutupan Jumat kemarin. Dengan menggeser posisi Jack Ma, maka saat ini Mukesh menjadi miliarder terkaya di Asia.

Sumber kekayaan Mukesh berasal dari konglomerasi yang ia miliki, yaitu Reliance Industries Ltd, yang aktif di sektor energi, ritel, dan telekomunikasi.

"Ambani, telah menambah USd 4 miliar kekayaannya tahun ini sebagaimana Reliance menggandakan kapasitas petrokimia mereka dan para investor mendukung kesuksesan mendadak dari Reliance Jio Infocomm Ltd," terang Bloomberg.

Beberapa proyek besar yang dilakukan Reliance adalah pembuatan platform dagang hibrida online-to-offline, dan layanan broadband fiber yang akan melayani 1.00 kota India pada Agustus mendatang melalui Jio, salah satu anak perusahaan Reliance.

Meski miliarder ini berkebangsaan India, sang miliarder adalah kelahiran Yaman. Dia memiliki dua saudara perempuan, Dipti Salgaoncar dan Nina Kothari serta satu adik laki-laki, Anil Ambani. Ayahnya, Dhirubhai Ambani tadinya bekerja di sebuah perusahaan di Yaman sebelum akhirnya pindah ke Mumbai tahun 1958 dan menempuh pendidikan di Universitas Stanford, Amerika Serikat (AS).

2 dari 2 halaman

Banyak Miliarder dari Sektor Teknologi

Perusahaan Ambani mendapat tambahan kesuksesan berkat Jio di bidang telekomunikasi. Ternyata, miliarder yang sukses di bidang teknologi memang mendominasi daftar orang-orang terkaya di dunia.

Para miliarder yang menjadi orang terkaya berkat teknologi berkat perusahaan yang mereka dirikan adalah Jeff Bezos (Amazon), Bill Gates (Microsoft), Mark Zuckerberg (Facebook), serta Larry Page dan Sergey Brin (Google).

Jack Ma juga berasal dari sektor teknologi berkat perusahaan Alibaba yang ia bangun.

Tren tingginya kekuatan finansial dari sektor teknologi tidak hanya terlihat di kalangan orang-orang terkaya. Menurut Forbes, lulusan S1 dan S2 yang belajar bidang komputer juga ditemukan mendapatkan gaji awal yang tinggi. John Collison dan Evan Spiegel, miliarder muda terkaya, juga berasal dari ranah teknologi.

Live Streaming Emtek Goes To Campus 2018 di Yogyakarta

Tutup Video
Artikel Selanjutnya
Terkuak, Ini Alasan Jack Ma Berkunjung ke Eropa
Artikel Selanjutnya
Alibaba Buka Institusi Riset untuk Sektor Ekonomi Digital