Sukses

Catat! Ini 5 Daerah yang Paling Diburu Penyewa Apartemen di Jakarta

Ini lima area yang paling banyak dicari penyewa apartemen di Jakarta dan tipe-tipe apartemen

Liputan6.com, Jakarta - Bagi masyarakat yang tinggal di perkotaan, tinggal di apartemen saat ini sudah menjadi gaya hidup. Apartemen juga menjadi pilihan tepat untuk hunian yang nyaman ketimbang hunian horizontal seperti kos-kosan ataupun sewa rumah. Mana saja lokasi favorit?

Di samping itu, lokasi apartemen yang strategis dan adanya fasilitas yang lengkap, seperti parkir mobil, kolam renang, wifi, area bermain anak, hingga adanya restoran, mini market, laundry, dan lainnya, menjadi alasan mengapa para penyewa memilih tinggal di hunian vertikal.

Bagi Anda yang saat ini ingin menyewa apartemen, portal properti Lamudi sepanjang tahun 2017 lalu mengadakan survei untuk mengetahui daerah mana saja yang paling banyak dicari oleh penyewa apartemen.

Berdasarkan data Lamudi, menyebutkan area yang paling banyak dicari oleh penyewa apartemen di Jakarta adalah Kelapa Gading dengan rata-rata pencari mencapai 1.820 orang per bulannya dengan harga rata-ratanya mencapai Rp 3.135.000 per bulan.

Kemudian disusul daerah Kalibata dengan rata-rata penyewa 1.740 dengan harga sewa per bulannya rata-rata Rp 3.300.000. Disusul Kemayoran dengan total pencarian 1.330 per bulan dengan harga rata-rata sewa per bulannya Rp 3.200.000.

Peringkat empat ada Sunter dengan 1.110 pencarian dengan harga sewa per bulannya Rp 3.200.000. Urutan kelima Kuningan dengan rata-rata pencarian 809 orang dengan harga sewa per bulannya Rp 4.000.000.

Menurut Mart Polman, Managing Director Lamudi Indonesia, daerah Kelapa Gading banyak dicari oleh penyewa apartemen karena kawasan ini dinilai cukup strategis dekat dengan pusat perkantoran dan pusat perbelanjaan.

Mart juga mengatakan bagi masyarakat perkotaan tinggal di apartemen merupakan solusi cerdas untuk menghidari kemacetan di Jakarta, sehingga dapat menghemat waktu perjalanan untuk menuju lokasi kantor. “Tinggal di apartemen sangat cocok bagi mereka para profesional muda yang menuntut kepraktisan dan kemudahan,” kata Mart.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

Tipe Apartemen

Sebelum Anda memutuskan menyewa apartemen, sebaiknya ketahui dahulu kebutuhan akan jenis apartemen. Ada beberapa jenis apartemen, di antaranya Studio, 1 bedroom, 2 bedroom, yang mungkin sudah sering kita dengar, karena jenis-jenis apartemen tersebut paling banyak ditawarkan developer Indonesia.

Tahukah Anda, ternyata apartemen itu banyak jenisnya? Memang tidak semua dijual di Indonesia. Tapi tak ada salahnya Anda mengenal lebih dalam dunia apartemen.

1. Studio

Studio adalah jenis apartemen terlaris di Indonesia. Bentuk minimalis dan harganya yang ekonomis sangat cocok bagi Anda yang terbiasa hidup praktis. Luasnya tak lebih dari 30 m2 dan berbentuk 1 ruang multifungsi. Ruang tersebut sudah mencakup area tidur, dapur, dan kamar mandi.

2. Alcove

Jenis apartemen ini masih “bersaudara” dengan studio. Luasnya pun hampir sama, bedanya alcove berbentuk L dan memiliki ruangan kecil atau half room yang biasa digunakan sebagai kamar tidur.

 

3 dari 6 halaman

3. Convertible

Jenis apartemen convertible lebih besar dari jenis apartemen studio. Karena luasnya yang sedikit lega, Anda bisa memasang partisi untuk memisahkan satu area sebagai kamar tidur yang lebih private. Anda juga bisa meletakan TV yang menjorok masuk ke dalam dinding sehingga TV tersebut bisa dibolak-balik ke dua arah. Tentu hal ini akan sangat menghemat tempat!

4. Junior 1 Bedroom

Satu tingkat di atas jenis apartemen convertible ada junior 1 Bedroom (1 BR). Memiliki 1 kamar tidur terpisah dengan ruangan lainnya, menjadikan jenis apartemen ini cocok untuk Anda yang sudah berkeluarga.

 

4 dari 6 halaman

5. 2 Bedroom

Apartemen 2 bedroom menjadi salah satu jenis apartemen terbesar yang banyak ditawarkan developer Indonesia. Peminatnya pun biasanya sudah berkeluarga dengan 1 atau 2 orang anak. Sama halnya seperti rumah tapak biasa, jenis apartemen ini memiliki 2 kamar tidur dengan ukuran sama besar (atau sedikit berbeda). Lalu ada pula dapur dan ruang tengah.

6. Duplex atau Triplex

Hunian vertikal dengan 2 atau 3 tingkat. Lantai kedua dan tiga hanya digunakan sebagai kamar tidur. Bahkan ada beberapa apartemen jenis Duplex atau Triplex yang memiliki kamar mandi di setiap lantainya.

5 dari 6 halaman

7. Loft

Satu ruangan besar dengan plafon dan jendela sangat tinggi. Memiliki loteng atau mezzanine yang biasa digunakan untuk kamar tidur.

8. Classic Six

Di Indonesia sendiri tidak ada developer properti yang menawarkan jenis apartemen ini (atau mungkin Anda pernah mendengarnya?). Apartemen classic six berada di gedung berusia tua tapi masih sangat kokoh. Memiliki tiga kamar tidur, ruangannya luas, serta dapurnya pun cukup besar.

6 dari 6 halaman

9. Three-Room

Pernahkah Anda mendengar apartemen kereta api (railroad apartment)? Bukan berarti letaknya di dekat rel kereta api, tapi apartemen ini berbentuk persegi panjang yang ruangannya tersusun berdampingan tanpa lorong. Biasanya memiliki 3 hingga 4 ruangan terpisah. Letak kamar tidur berada di setiap sisinya atau di tengah.

10. Garden Apartment

Apartemen taman? Ya, jenis apartemen ini selalu berada di lantai dasar dan menghadap ke taman. Bahkan letaknya ada yang di lantai bawah tanah (basement). Anda tertarik memiliki apartemen ini?

Itulah beberapa jenis apartemen yang perlu Anda ketahui. Semoga dapat membantu Anda untuk menentukan mana jenis apartemen yang paling cocok sesuai kebutuhan. Jangan lupa bila ingin membeli apartemen coba cek lokasi apartemen, karena dapat menjadi investasi menguntungkan di masa depan.

Sumber: www.wormtraders.com

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.