Sukses

Tinggal di Apartemen, Enaknya Pakai Kompor Induksi atau Kompor Listrik?

Liputan6.com, Jakarta Penggunaan kompor induksi dan kompor listrik untuk memasak semakin hari makin dikenal masyarakat, terutama yang tinggal di perkotaan. Selain perawatannya yang simple dan mudah, kedua kompor ini dapat menambah kesan elegan dan minimalis di dapur.

Buat kamu yang tinggal di apartemen dan bingung mau pilih kompor induksi atau kompor listrik? Yuk, ketahui keunggulan masing-masing kedua kompor ini.

Cara Kerja

Kompor Induksi

Kompor induksi tidak menghasilkan panas tetapi menginduksi peralatan masak yang digunakan. Kompor induksi akan memanaskan peralatan masak yang digunakan. Jadi, yang akan menjadi panas ialah alat masaknya, bukan kompornya. Dengan demikian, pemanasan dengan kompor induksi berlangsung lebih cepat.

Pada kompor induksi, suhu dapat diatur sesuai kebutuhan dan keakuratan suhu dapat diandalkan. Kamu bisa memasak menggunakan suhu stabil dalam waktu lama. Kompor ini juga relatif aman karena tidak mengeluarkan api.

Selain itu, saat alat masak seperti panci tidak diletakkan di atas kompor induksi, kompor ini tidak akan menghasilkan panas. Selain itu, kondisi dapur pun tidak akan terasa panas saat Anda menggunakan kompor ini

Kompor Listrik

Kompor listrik tidak menginduksi peralatan masak melainkan mengalirkan panas pada peralatan masak tersebut. Jadi, saat kamu menyentuh kompor,akan timbul panas yang menyengat.

Dari segi bentuk, kompor listrik biasanya menggunakan resistor berukuran besar yang terbuat dari nikrom kawat. Bentuknya yang melingkar membuat panas yang dihasilkan lebih optimal dan masakan matang lebih cepat.

 

Tampilan

Kompor Induksi

Bentuk kompor induksi yang datar dengan material kaca membuat kompor ini mudah dibersihkan. Terlebih tombol-tombol touch screen yang didesain menyatu dengan kompor. Alhasil, kehadiran kompor ini dapat mempercantik tampilan dapur Anda.

Kompor Listrik

Bentuk pemanas kompor elektrik yang berbentuk kawat, terasa sulit ketika hendak dibersihkan. Anda pun harus lebih tekun saat membersihkan kompor ini.

Harga

Kompor Induksi

Tidak semua peralatan masak dapat digunakan di kompor ini. Anda hanya bisa menggunakan peralatan masak berbahan stainless steel atau besi. Harga kompor induksi relatif mahal. Akan tetapi, kompor ini lebih hemat energi (listrik). Walhasil, kompor ini pun masih layak Anda pertimbangkan.

Kompor Listrik

Karena prinsip kerja energi listrik yang mengalir ke dalam nikrom kawat dikonversi menjadi energi panas, maka konsumsi listrik kompor listrik jauh lebih besar dari pada kompor induksi, tentunya berpengaruh pada tagihan listrik kamu. Harga kompor listrik jauh di bawah kompor induksi. Kompor jenis ini pun ada tipe portable yang mudah untuk Anda bawa berpergian.

Nah, itulah perbandingan antara kompor induksi dan listrik. Keduanya sama-sama memiliki kelebihan dan kekurangan. Buat kamu yang memiliki kemampuan finansial lebih bisa memilih kompor induksi. Sebaliknya yang ingin lebih hemat bisa pilih kompor listrik. Kompor listrik terbaru dengan merek Maspion di Tokopedia dibandrol mulai harga Rp 100 ribuan, sementara kompor induksi terbaru merek Philips, dijual mulai Rp 900 ribuan.

 

(Adv)