Sukses

Tengok Hasil Transformasi Digital yang Dijalankan oleh DBS

Teknologi digital adalah perangkat yang bermanfaat untuk bisa diterapkan di segala sektor industri, termasuk perbankan.

Liputan6.com, Jakarta - DBS Raih 2 Penghargaan di Euromoney Awards for Excellence 2018 DBS Bank Singapore baru saja menobatkan diri sebagai bank Asia pertama yang memenangkan dua penghargaan sekaligus pada acara Euromoney Awards for Excellence 2018, yakni sebagai World's Best Digital Bank dan World's Best SME (Small Medium Enterprise) Bank.

CEO DBS Piyush Gupta menyampaikan, sejak berdiri pada 50 tahun lampau, DBS selalu berusaha untuk berinovasi dan menyesuaikan diri dengan kemajuan teknologi dalam setiap zaman.

"Sekitar 5 tahun lalu, kita berpandangan bahwa masa depan akan ditandai dengan perubahan yang cepat. Oleh karena itu, kita menanamkan tujuan untuk memberikan layanan perbankan yang mudah, cepat dan lebih baik untuk seluruh nasabah kami," ungkap dia di Marina Bay Financial Centre Tower 3, Singapura, Kamis (12/7/2018).

"Pada zaman milenial ini, kita merasa terhormat lantaran inovasi digital DBS ini telah dikenal tidak hanya di Asia, tapi juga di dunia," Piyush menambahkan.

Adapun pada ajang penghargaan bagi bank-bank digital terbaik dunia tersebut, DBS telah berhasil mengalahkan kompetitor besar lain seperti Bank of America dan HSBC. Ini merupakan kedua kalinya langkah digital DBS diakui sebagai yang terbaik oleh Euromoney, setelah sebelumnya sempat menerima pada 2016.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Transformasi Digital

Euromoney menilai, teknologi digital adalah perangkat yang bermanfaat untuk bisa diterapkan di segala sektor industri, termasuk perbankan. Makan dari itu, Euromoney merasa terkesan atas transformasi yang dilakukan DBS tersebut.

Dalam strategi transformasi digital, DBS meningkatkan efisiensi dengan memperbaiki rasio biaya dibanding pendapatan (cost-income ratio), dari 45,4 persen pada 2015 menjadi 43 persen pada 2017. Pendapatan bank pun meningkat sebesar 10,4 persen pada periode yang sama.

Sementara itu, proporsi pengguna DBS SME Banking secara digital di Singapura dan Hong Kong prosentasenya naik 9 persen sejak 2015, menjadi 42 persen pada saat ini.

Menanggapi hal itu, Euromoney menyatakan, jarang menemukan pihak bank yang memberikan pelayanan SME secara lintas batas. Dalam hal ini, DBS berhasil menerapkan SME tidak hanya di Singapura dan Hong Kong saja, melainkan juga di India, China dan Indonesia.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.