Sukses

10 Kota Besar Paling Murah untuk Ekspatriat

Ingin bekerja di luar negeri sebagai ekspatriat dengan biaya hidup terjangkau? Berikut kota-kota yang bisa kamu pertimbangkan.

Liputan6.com, Jakarta Ingin bekerja di luar negeri sebagai ekspatriat untuk menambah pendapatan sekaligus memperluas pengalaman? Bila sudah fasih berbahasa asing, biasanya yang menjadi rintangan adalah masalah finansial.

Jika kondisi keuangan masih terbatas, lebih baik jangan langsung berambisi jadi ekspatriat di Seoul, London, atau Los Angeles. Tetapi cobalah lihat kota-kota yang menawarkan biaya hidup tidak terlalu tinggi.

Bila mencari yang paling murah, perusahaan konsultan global Mercel menyebut ada setidaknya 10 kota yang didaulat paling murah untuk para ekspatriat. Lokasi kota-kotanya pun beraneka ragam, ada yang di Eropa dan ada juga Asia Tengah.

Berikut daftar kotanya seperti dlansir dari Gulf News, Sabtu (7/7/2018)

1. Tashkent, Uzbekistan (Asia Tengah)

2. Tunis, Tunisia (Afrika Utara)

3. Bishkek, Kirgizstan (Asia Tengah)

4. Banjul, Gambia (Afrika)

5. Karachi, Pakistan (Asia Selatan)

6. Blantyre, Malawi (Afrika)

7. Tbilisi, Georgia (Eropa Timur)

8. Minsk, Belarusia (Eropa Timur)

9. Tegucigalpa, Honduras (Amerika Tengah)

10. Managua, Nicaragua (Amerika Tengah)

Di negara-negara Asia Tengah, para ekspatriat hanya butuh Rp 3,9 juta tiap bulan untuk menyewa satu kamar di pusat kota. Tentunya, itu jauh lebih murah dibandingkan di kota seperti Dubai.

Kota-kota seperti Banjul dan Karachi juga termasuk yang termurah. Negara bekas Soviet seperti Belarusia juga bisa dijadikan pilihan apabila ingin merasakan kerja di Eropa.

Meskipun di daftar tersebut mayoritas kota termurah ada di wilayah Asia (Pakistan, Kirgizstan, dan Uzbekistan), tetapi kota-kota termahal juga berada di Asia, seperti Tokyo, Seoul, dan Hongkong.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Bagaimana dengan Kota Termahal?

Bila juga penasaran tentang kota-kota termahal untuk ekspatriat, baru-baru ini laporannya juga sudah keluar.

Mercer baru-baru ini juga merilis survei biaya tinggal tahunannya yang ke-24. Dalam survei ini terlampir laporan atau daftar kota dunia mana saja yang termasuk sebagai kota termahal bagi para ekspatriat. 

Melansir dari laman Business Insider, survei ini meliputi 209 negara dari 5 benua berbeda. Ukuran dari survei ini antara lain lokasi, transportasi, makanan, pakaian, dan juga kebutuhan-kebutuhan lainnya. 

Menariknya adalah, kota-kota di Asia ternyata mendominasi dalam survei ini, dan ada dua kota Afrika. Langsung saja, berikut daftar 10 kota dunia termahal bagi ekspatriat:

1. Hong Kong (Asia Timur)

2. Tokyo, Jepang (Asia Timur)

3. Zurich, Swiss (Eropa Tengah)

4. Singapura, Singapura (Asia Tenggara)

5. Seoul, Korea Selatan (Asia Timur)

6. Luanda, Angola (Afrika Selatan)

7. Shanghai, China (Asia Timur)

8. N’Djamena, Chad (Afrika Tengah)

9. Beijing, China (Asia Timur)

10. Bern, Swiss (Eropa Tengah)

 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.