Sukses

Panen Raya, Petani Bawang Merah Bantul Raup Untung Rp 12 Miliar

Liputan6.com, Jakarta - Kelompok tani di Pedukuhan Nawungan, Desa Selopamioro, Kecamatan Imogiri, Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta, mampu meraup keuntungan dari budi daya tanaman bawang merah mencapai Rp 12 miliar pada musim panen Juni.

Koordinator Penyuluh Pertanian Lapangan (PPL) Imogiri Muslih Sawiji mengatakan, keuntungan lebih dari Rp 10 miliar itu dihitung dari penjualan bawang merah hasil panen dikurangi biaya beli benih, biaya tanam, dan perawatan hingga panen.

"Kemarin beli benih bawang di Brebes, Jawa Tengah, untuk seluas 105 hektare ini hampir sebesar Rp 3 miliar, kemudian biaya tanam, perawatan dan air sekitar Rp 1 miliar, sementara panen ini sudah dibeli sekitar Rp 16 miliar," katanya seperti dikutip dari Antara, Sabtu (23/6/2018).

Dengan demikian, kata dia, jika ditotal biaya budi daya bawang merah seluas 105 hektare mulai dari benih hingga panen kurang lebih dua bulan mencapai Rp 4 miliar, sementara bawang hasil panen dibeli sekitar Rp 16 miliar.

"Untuk benih bawang merah kami memang mendatangkan dari Brebes karena kalau mengambil dari daerah Bantul kurang, dalam setahun petani di Nawungan ini bisa menanam bawang merah dua kali," katanya.

Ia menjelaskan, keuntungan dari penjualan panen bawang merah kelompok tani di Nawungan Selopamioro ini tidak lepas dari hasil panenan pada musim ini yang berkualitas, hal itu karena petani Nawungan menerapkan pertanian organik.

"Produktifitas panen bawang merah di Nawungan ini rata-rata sekitar 12 ton per hektare, dan inilah bawang Bantul. Meski dibudidayakan di dataran tinggi, namun hasilnya bagus, air tidak ada masalah," katanya.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Produktivitas Panen

Sementara itu, Ketua Kelompok Tani Lestari Mulyo Nawungan Juhari mengatakan, produktifitas panen bawang merah pada musim ini rata-rata mencapai 1,2 ton per seribu meter atau dalam satuan hektare sekitar 12 ton bawang merah.

"Hasil panen bisa sekitar 1,2 ton bawang per seribu meter, saat ini harga bawang merah petani sekitar Rp20 ribu per kilogram. Jadi hasilnya tinggal dikalikan saja," katanya.

Ia menjelaskan, total petani bawang merah di Nawungan I dan Nawungan II Desa Selopamioro sebanyak 450 orang, yang sebagian sudah menerapkan pertanian organik atau menggunakan pupuk kandang untuk hasil dan kualitas maksimal.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.