Sukses

Terkuak, Kenapa Uang Bisa Jadi Masalah Besar dalam Hubungan

Ulasan di bawah ini bisa jadi tips buat kalian dalam menghadapi persoalan seputar uang dalam hubungan. Yuk, mari disimak!

Liputan6.com, Jakarta - Uang bisa menjadi titik persoalan bagi siapa saja, baik yang masih menjalani hubungan di tahap pacaran maupun yang sudah menikah. Semakin serius dan kuat komitmen yang dibangun, maka persoalan uang yang dihadapi juga semakin kompleks. Nah, pertanyaannya kenapa sih uang bisa jadi faktor penyebab masalah dalam suatu hubungan?

Dikutip dari Swara Tunaiku, supaya kalian lebih paham, kamu perlu mengetahui beberapa hal. Ulasan di bawah ini bisa jadi tips buat kalian dalam menghadapi persoalan seputar uang dalam hubungan. Yuk, mari disimak!

1. Pahami bahwa argumen tentang uang enggak selamanya tentang uang

Secara enggak sadar, obrolanmu dengan pasangan sebetulnya memiliki sub-teks. Hal tertentu yang diperdebatkan dipermukaan ternyata memiliki makna dari isi perdebatan itu sendiri. Topik yang diperdebatkan sekilas membicarakan tentang uang. Namun, ternyata bukan itu pokok persoalannya.

Uang memainkan peran penting dalam memenuhi kebutuhan kalian di masa depan. Namun, jangan sampai uang mendefinisikan hubungan kalian. Oleh karena itu, sempatkan untuk saling ngobrol terkait keyakinan masing-masing soal keuangan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

2. Saling memahami sikap pasangan terkait uang

Setiap orang memiliki pandangan berbeda terhadap uang. Sikap ini juga menentukan bagaimana seseorang menghadapi masalah keuangan. Tidak serta merta terbentuk, sikap seseorang terhadap uang ini melalui proses yang cukup lama, lo. Seseorang mulai belajar tentang uang tentu dari orang tuanya.

Keyakinan seseorang terhadap uang bisa dipengaruhi oleh bagaimana orang tua membelanjakan uangnya dan bagaimana mereka mengelola uang. Dengan cara ini, kalian bisa belajar saling memahami. Selain itu, bisa mengurangi potensi pertengkaran diantara kalian.

3. Realistis bahwa enggak ada jawaban instan

Kadang saking rumitnya persoalan keuangan, kalian jadi buru-buru mencari solusinya. Bersikaplah realistis bahwa masalah enggak hanya datang satu hari saja, begitu juga dengan solusinya.

Untuk menemukan solusinya, cari tahu sampai ke akar permasalahannya. Bersabarlah karena semua pasti butuh proses. Hal ini butuh waktu, kepercayaan, dan rasa aman dalam hubungan. Ketika pasangan sudah jujur soal keuangannya, jangan mudah menghakimi atau menertawakannya. Persoalan ini jangan dianggap sebagai bahan bercanda.

3 dari 3 halaman

4. Ekspresikan apa yang kamu inginkan dalam hidup dan hubungan

Bersikaplah terbuka kepada pasangan tentang apa saja yang kamu butuhkan. Kalau kamu merasa boros bulan ini, sampaikan kepadanya. Kalau pasangan sibuk mengelola keuangan rumah tangga, bantu ia membereskannya.

Kalian harus saling bersikap terbuka terhadap kebutuhan dan keinginan. Setelah ini, kalian bisa diskusikan bersama. Kelihatannya sepele, tetapi banyak pasangan di luar sana yang jarang berkomunikasi langsung terkait kebutuhan dan keinginan. Kemudian, buat perencanaan yang terorganisir. Sama seperti sebelumnya, pada tahap ini kalian juga harus saling berkompromi.

Uang bukan satu-satunya pusat permasalahan dalam hubungan. Jangan sampai masalah uang membuat hubungan kalian jadi renggang, atau bikin pasangan jadi terperosok dalam situasi ekonomi yang enggak stabil. Baiknya biasakan komunikasi dengan pasangan se-intens mungkin. Dengan saling jujur, kalian bisa saling bekerjasama mencari penyelesaian, yang bisa menampung semua kebutuhan kalian.

*Pantau hasil hitung cepat atau Quick Count Pilkada 2018 untuk wilayah Jabar, Jateng, Jatim, Sumut, Bali dan Sulsel. Ikuti juga Live Streaming Pilkada Serentak 9 Jam Nonstop hanya di Liputan6.com.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini