Sukses

Mudik Lebaran, Konsumsi Pertamax Turbo Naik 15 Persen

Pertamina mencatat BBM jenis Pertamax Turbo naik hingga 15 persen pada masa puncak mudik Lebaran 2018.

Liputan6.com, Jakarta - Untuk melayani kebutuhan energi kendaraan pemudik, PT Pertamina (Persero) terus meningkatkan jumlah penyaluran Bahan Bakar Minyak (BBM). Memasuki masa puncak mudik H-5 Lebaran, Satgas BBM dan elpiji 2018, Pertamina mencatat BBM jenis Pertamax Turbo naik hingga 15 persen.

‎Vice President Corporate Communication Pertamina, Adiatma Sardjito mengatakan, tingginya kebutuhan pemudik pada BBM kualitas tertinggi merupakan fenomena menarik. Para pengendara semakin meyakini jika mudik yang menempuh penjalanan jauh membutuhkan kendaraan yang prima.

"Tren naiknya penyaluran Pertamax Turbo di masa mudik Lebaran ini sangat positif bagi penggunaan BBM kendaraan yang sesuai dengan standar internasional Euro 4. Pertamina telah mengantisipasi tumbuhnya kesadaran ini dengan memperkuat stok di SPBU,” ujar dia dalam keterangan resminya di Jakarta, Senin (11/6/2018).‎‎‎

Menurut Adiatma, penggunaan Pertamax series cocok untuk perjalanan jauh karena keunggulannya mesin menjadi lebih dingin, irit bahan bakar (efisiensi), keawetan mesin, dan meningkatkan perfoma mesin, serta ramah lingkungan.‎

"Pertamax Turbo dengan Research Octane Number (RON) 98 akan menjamin pembakaran mesin kendaraan pemudik akan lebih maksimal," kata dia.

‎‎Bagi pemudik menuju Pulau Jawa, lanjut Adiatma, Pertamina telah menyediakan Pertamax Turbo dalam kemasan di seluruh 25 titik rest area yang disediakan oleh Pengelola Tol melalui fasilitas KiosK Pertamax.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Selanjutnya

Pertamina juga menyiagakan pasukan Motorist Kemasan yang akan melayani konsumen kebutuhan Pertamax Turbo, Pertamax, dan Dexlite bagi pemudik ketika terjadi kepadatan, atas arahan dan didampingi oleh pihak kepolisian.

‎“Kami mengimbau kepada seluruh pengendara untuk mengisi full tank dulu di SPBU wilayah keberangkatan, kemudian segera mengisi jika kondisi tangki sudah terpakai setengah," ungkap dia.‎

Dalam puncak mudik Lebaran ini, Satgas BBM dan elpiji 2018, Pertamina juga mencatat peningkatan penyaluran gasoline jenis Pertamax hingga 24 persen. Tren naik juga terlihat pada produk gasoil jenis Dexlite dan Avtur untuk pesawat sekitar 4 persen.

‎Untuk kebutuhan memasak, data Satgas 2018 Pertamina hingga Minggu, 10 Juni 2018, sore masih menunjukkan kenaikan jumlah penyaluran elpiji. Hingga H-5 Lebaran, Pertamina meningkatkan penyaluran sampai 23 ribu metrik ton atau naik 11 persen dari rata-rata penyaluran harian sekitar 21 ribu metrik ton.

‎Bila mengalami kesulitan atau membutuhkan informasi mengenai kebutuhan BBM dan elpiji, masyarakat dapat menghubungi Contact Centre Pertamina 1 500 000.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini