Sukses

Bergaul dengan 7 Tipe Orang Ini Bikin Karier Kamu Melejit

Coba tanyakan pada diri sendiri, siapakah orang yang kamu anggap berpengaruh besar di perjalanan kariermu?

Liputan6.com, Jakarta - Coba tanyakan pada diri sendiri, siapakah orang yang kamu anggap berpengaruh besar di perjalanan kariermu? Setidaknya, dalam kurun waktu lima tahun perjalanan profesional, ada beberapa orang yang benar-benar menorehkan pengaruh besar. Pengaruh tersebut datang dari cara mereka bekerja, prinsip-prinsip yang mereka pegang, dan nasihat yang mereka berikan. 

Seperti dikutip dari Swara Tunaiku, dari semua orang yang akan kita temui, setidaknya ada 7 tipe orang yang ‘bertanggungjawab’ membentuk karakter profesionalmu. Siapa saja?

1. Keluarga

Dukungan dan pengertian dari keluarga atas pekerjaan merupakan hal utama yang tidak ternilai. Meskipun tidak terlalu paham jenis pekerjaan, orang tua tetap mendoakan dan membanggakanmu di hadapan teman-temannya.

Adik dan kakakku juga merasa kagum dengan pekerjaanmu sehari-hari, terbukti mereka bertanya tentang pekerjaanmu dengan antusias. Hal-hal kecil seperti ini secara tidak langsung menjadi energi penyemangatmu. 

2. Teman yang Loyal

Teman yang loyal tidak mudah ditemukan. Teman yang loyal bukan sekadar teman hang out atau liburan bareng, tapi juga tempatmu berbagi rahasia dan cerita. Jika teman loyal berasal dari rekan kerja, mereka bisa jadi alasanmu semangat berangkat kerja.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

3. Alumni Sekolah

Network alumni bisa jadi cara terbaik untuk mendapatkan pekerjaan. Apalagi jika mereka adalah alumni kuliah, entah dari sejurusan atau teman organisasi kampus.

Beberapa orang di luar sana sering mendapatkan rekomendasi dari mantan kakak kelas yang kebetulan bekerja di perusahaan incaran. Jika latar belakang akademis sudah oke, pastilah jaringan alumni bisa membantu. 

4. Mentor

Setiap orang bisa menjadi mentor, entah itu atasan, rekan kerja, keluarga, teman sepermainan, bahkan orang asing yang baru dikenal. Bisa juga seseorang yang memiliki latar belakang industri berbeda dengan  yang kamu geluti saat ini. 

 

3 dari 3 halaman

5. Penasihat Karier Profesional

Bisa jadi di awal karier, kamu merasa cukup bercerita dengan teman saja. Namun, seiring bertambahnya kualifikasi, tentunya kamu membutuhkan path yang lebih jelas dan mantap.

Nah, saatnya kamu membutuhkan penasihat karier profesional. Apalagi masa sekarang banyak sekali industri dan bidang pekerjaan yang muncul lebih fleksibel, spesifik, dan muncul jenis pekerjaan baru yang belum ada di 10 tahun yang lalu.

 6. Atasan

Don’t pick a job. Pick a boss. Mendapatkan bos yang keren di pekerjaan pertama, atau setidaknya sekali seumur hidup akan sangat bermanfaat buatmu. Dari sosok inilah kamu akan dibekali dengan skill, motivasi, membangun pondasi, dan menguatkan potensi yang kamu miliki. Jika saat kamu sudah menemukan bos seperti ini, manfaatkan untuk perkembangan kariermu, ya! 

7. Volunteer

Volunteer di sini dibagi dalam dua kategori. Pertama, mereka yang menjadi volunteer di organisasi tertentu. Contohnya orang-orang yang menyantuni orang-orang tunawisma dan kegiatan lainnya yang sejenis.

Kedua, orang-orang yang menjadi volunteer dengan membagikan waktu dan kemampuannya kepada orang lain. Bergaul dengan mereka bisa memberikanmu akses ke pengetahuan, pengalaman, serta jaringan baru. 

7 Tipe orang di ataslah yang bisa memengaruhi perkembangan kariermu. Patikan kamu sudah memilikinya, ya! Tentunya juga kamu harus bermanfaat untuk mereka. Jadi bisa saling menginspirasi!

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini