Sukses

Hebat, Ini 21 Kota Paling Berpengaruh di Dunia

Menurut firma global A.T Kearney 21 kota ini terpilih sebagai kota berpengaruh di dunia. Apa saja?

Liputan6.com, Jakarta - Tidak semua kota-kota besar di dunia diciptakan setara. Ada sejumlah beberapa tempat di dunia yang memiliki pengaruh lebih besar terhadap bisnis, budaya, hingga politik global.

Lantas, apa yang membuat suatu kota bisa disebut sebagai kota berpengaruh di dunia? Inilah pertanyaan yang coba dijawab oleh firma global yaitu A.T. Kearney melalui laporan tahunannya yaitu Global Cities Report. 

Adapun laporan tersebut melihat pada aspek bagaimana sebuah kota mampu mengembangkan daya saing kota tersebut serta faktor-faktor apa yang mendorong kesuksesan di kota tersebut. Demikian seperti dilansir dari laman Business Insider, Minggu (10/8/2018). 

Tak hanya itu, banyak variabel-variabel khusus yang dinilai dalam riset ini seperti aktivitas bisnis, sumber daya manusia, pertukaran informasi, kultur, hingga keterlibatan dalam perpolitikan. Lima kategori ini kemudian dihimpun jadi satu-kesatuan untuk penilaian secara keseluruhan nantinya.

Meskipun Eropa mendominasi hasil riset ini, namun kota-kota terpilih serta tersebar dari berbagai penjuru dunia. Berikut daftar kota yang berpengaruh di dunia:

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

21 Kota Paling Berpengaruh di Dunia

21. Vienna, Austria

Meskipun Austria terbilang sebagai negara kecil, namun kota (Vienna) berbeda dibanding lain, apalagi kota ini juga merupakan rumah dari Organization of the Petroleum Exporting Countries (OPEC) yaitu negara-negara penghasil minyak yang mengontrol pasokan minyak global. 

20. San Francisco, Amerika Serikat

Selanjutnya ialah San Francisco, Amerika Serikat yaitu kota dengan teknologi hidup subur di tempat ini. 

19. Shanghai, China

Merupakan rumah dari pusat keuangan di China, Shanghai juga tercatat sebagai pelabuhan kontainer tersibuk di dunia, menjadikannya pusat global untuk semua jenis perdagangan.  

18. Toronto, Canada

Terhitung sebagai kota yang penting dalam dunia global, Toronto merupakan kota dengan bursa saham terbesar ketujuh di dunia berdasarkan kapitalisasi pasar. 

17. Melbourne, Australia

Melbourne menempati tempat teratas bagi siswa internasional.

16. Berlin, Jerman

Jerman adalah kekuatan besar di Eropa sehingga masuk akal bila ibu kota-nya jadi salah satu kota paling berpengaruh di dunia. Salah satu keunggulan Berlin dari sektor bisnis.

15. Sydney, Australia

Sydney merupakan kota utama di Australia untuk sektor perdagangan keuangan. Kota ini juga menghubungkan wilayah Asia.

14. Moscow, Rusia

Ibu kota terbesar di dunia ini juga merupakan pusat dari industri komoditas Rusia. The Global Cities Index bahkan menyebutkan sebagai tempat terbaik di dunia untuk kunjungi museum.

13. Madrid, Spanyol

Sebagai pusat utama perdagangan di dunia, Madrid mendapat nilai tinggi dalam kategori aktivitas bisnis.

12. Seoul, Korea Selatan

Ketika ketegangan meningkat di Semenanjung Korea pada tahun, aliran dana investor ke Korea Selatan tumbuh signifikan. Selain itu, Seoul juga jadi pusat perdagangan dan rumah bagi merek-merek besar termasuk Samsung.

11. Washington D.C, AS

Ada argumen untuk mengatakan Washington menjadi kota paling berpengaruh di dunia. Hal itu mengingat Washington menjadi rumah bagi institusi politik Amerika Serikat yang paling penting.

Selain Gedung Putih dan Capitol, kota ini menjadi tuan rumah lembaga internasional termasuk Bank Dunia dan Dana Moneter Internasional.

 

3 dari 3 halaman

10.Brussels

10. Brussels, Belgium

Politik dan birokrasi mendominasi agenda di ibu kota Belgia, yang juga menjadi rumah Uni Eropa.

9. Beijing, China

Ibu kota dan pusat politik ekonomi terbesar kedua di dunia ini sangat berpengaruh. Beijing juga menjadi tempat bagi lebih banyak perusahaan di Global Fortune 500 dari pada kota lain mana pun.

8. Chicago, AS

Chicago menjadi kota penting untuk sektor perdagangan global. Dua bursa komoditas terbesar berbasis di Chicago. Produk pertanian antara lain gandum, jagung, dan babi menjadi produk yang diperdagangkan di bursa saham.

7. Singapura

Sektor keuangan dan pelayaran berkuasa di Singapura. Pelabuhan peti kemas Singapura menjadi salah satu terbesar di dunia . Singapura juga menjadi pusat utama bagi industri minyak. Hampir separuh dari semua minyak yang dikonsumsi di dunia melewati Singapura.

6. Los Angeles, AS

Los Angeles juga dikenal sebagai kota tawarkan hiburan. Apalagi ada Hollywood yang dapat ditemui studio film, stasiun televisi dan banyak lainnya.

5.Hong Kong

Hong Kong dikendalikan oleh Inggris sebelumnya. Akhirnya dikembalikan kepada China pada 1997. Hong Kong pun memiliki tempat unik di dunia. Tak hanya itu, kota ini menjadi salah satu pusat keuangan terbesar di Asia, dan merupakan kota pelabuhan utama.

4. Tokyo, Jepang

Tokyo menjadi tempat bagi hampir 40 juta warganya. Kota ini menjadi salah satu kota mencatatkan pendidikan yang baik dengan jumlah penduduk yang meraih gelar pendidikan tinggi cukup banyak.

3. Paris, Prancis

Seni dan mode merupakan tempat bagi Paris. The Global Cities Index juga mencatat Paris sebagai kota terbaik di dunia untuk pertukaran informasi.

2. London, Inggris

Britain Exit (Brexit) kemungkinan akan sedikit kurangi peran London sebagai pusat global. Akan tetapi kini menjadi kota kedua paling berpengaruh di dunia. Sebagai pusat keuangan Eropa, London juga sangat penting bagi ekonomi dunia.

1. New York, Amerika Serikat

New York menjadi kota paling penting di dunia. Kota ini menjadi rumah bagi wall street, kantor perserikatan bangsa-bangsa (PBB) dan Presiden AS Donald Trump.

 

 

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.