Sukses

Tol Salatiga-Kartasura Bisa Dilewati Gratis Saat Mudik Lebaran 2018

Liputan6.com, Jakarta Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono menyampaikan tol lainnya yang nanti bisa dilalui fungsional alias gratis pada saat mudik Lebaran 2018 adalah Tol Salatiga-Kartasura sepanjang 32 kilometer (km).

Dia mengatakan, ruas Tol Salatiga-Kartasura bisa dilalui tanpa harus keluar tol. Saat ini, masih dilakukan pengerjaan jalan sepanjang 1,3 km berupa tanah yang akan dilapis dengan lean concrete setebal 10 cm.

Ditargetkan, jalur Tol Salatiga-Kartasura bisa dipakai pada awal Juni nanti. Meski begitu, ada sebuah pengecualian untuk Jembatan Kali Kenteng yang menurut dia masih belum bisa dilalui.

"Ditargetkan tanggal 2 Juni 2018 (Tol Salatiga-Kartasura) sudah selesai, termasuk jembatan sudah tersambung, kecuali Jembatan Kali Kenteng. Untuk mengatasinya telah disiapkan jalan alternatifnya," ucap Basuki dalam keterangan tertulis, Senin (28/5/2018).

Jalan alternatif yang disiapkan, yakni jalan melintasi bawah jembatan sepanjang 500 meter, yang terdiri dari dua lajur dengan pengerasan beton. Jembatan Kali Kenteng ditargetkan rampung pada akhir 2018.

Setelah pekerjaan konstruksi tol selesai pada 2 Juni 2018, akan dilanjutkan pembersihan, pemasangan penerangan, dan penyiapan rest area hingga 8 Juni 2018.

Nantinya, akan terdapat dua rest area pada ruas ini, yakni rest area Koripan dan rest area Mudal. Tempat peristirahatan tersebut bakal dilengkapi berbagai fasilitas tempat parkir, musala, pos kesehatan, bengkel darurat, toilet, hingga rumah makan.

Tonton Video Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Tol Pejagan-Pemalang Bisa Dilalui Pemudik Lebaran 2018 Gratis

Jelang mudik Lebaran 2018, Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) melakukan pengecekan terhadap empat proyek tol di Jawa Tengah, yakni Tol Pejagan-Pemalang, Pemalang-Batang, Batang-Semarang, dan Semarang-Solo. Pemeriksaaan dilakukan pada Sabtu (26/5/2018).

Dalam peninjauan, Menteri PUPR Basuki Hadimuljono menyampaikan bahwa ruas Tol Pejagan-Pemalang sepanjang 37,3 km dari Brebes Timur hingga Pemalang sudah dalam kondisi mantap untuk dilalui secara fungsional tanpa tarif alias gratis pada saat mudik nanti.

"Untuk laporan sekarang, ruas tol dari Brebes ke Pemalang Insyaallah sudah bisa kita tembus dengan kondisi mantap," lapor dia saat menyambangi proyek Tol Pejagan-Pemalang.

Terkait jadwal pembukaan jalur tol tersebut, dia mengatakan Kementerian PUPR akan berkoordinasi dengan Kementerian Perhubungan (Kemenhub) selaku koordinator pelaksanaan mudik Lebaran.

"Kita bertugas memastikan agar sarana dan prasarananya dapat digunakan paling lambat pada H-10 Lebaran, atau sekitar tanggal 9 Juni (2018) saat dimulainya liburan," ujarnya.

Sebagai tambahan informasi, Tol Pejagan-Pemalang sepanjang ruas Brebes Timur hingga Pemalang kini kondisinya terbilang sudah bagus, dengan dilakukannya pengerasan jalan menggunakan beton (rigid pavement).

Jalur tersebut saat ini tengah menjalani uji laik fungsi dan operasi oleh Kementerian PUPR, Kementerian Perhubungan dan Korps Lalu Lintas (Korlantas) Polri.

Adapun jalan Tol Pejagan-Pemalang yang berjarak total 57,5 km dikerjakan oleh PT Pejagan Pemalang Toll Road, dengan nilai investasi sebesar Rp 7,26 triliun. Ruas itu sendiri untuk Seksi I dan II, sebelumnya sudah dioperasikan sampai pintu Tol Brebes Timur

Lebih lanjut, Menteri Basuki menjelaskan, pemudik yang hendak lanjut dari Tol Cikampek menuju Brebes Timur dan melanjutkan ke Semarang, telah difasilitasi oleh pembangunan gardu tol sementara di daerah Sewaka-SS, sekitar Km 294 Tol Pejagan-Pemalang.

"Kalau dari Cikampek ke Semarang tidak keluar di Brebes bayarnya akan gratis di Sewaka ini. Setelah itu juga bakal gratis dari Brebes Timur hingga Semarang untuk mudik Lebaran," dia memungkasi.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.