Sukses

Mau Kaya Hanya dengan Mengelola Keuangan? Lakukan 5 Tips Jitu Ini

Liputan6.com, Jakarta - Setiap orang tentu memiliki kebutuhan dan keinginan. Kebutuhan yang harus dipenuhi untuk mempertahankan hidup dan menjadi sejahtera, serta keinginan untuk memperoleh sesuatu yang didambakan, seperti halnya kekayaan.

Dengan kekayaan, maka segala kebutuhan dan keinginan sekaligus dapat dipenuhi, sehingga mendapatkan kehidupan yang layak. Oleh sebab itulah, semua orang ingin menjadi kaya agar dia memiliki kehidupan yang sejahtera. Untuk menjadi kaya dibutuhkan usaha, salah satunya usaha untuk mengelola keuangan.

Mengelola keuangan merupakan salah satu cara terpenting untuk menjadi kaya. Dengan mengelola keuangan yang baik dan benar, kita akan dapat mengetahui seberapa banyak kebutuhan dan sebisa mungkin menekan pengeluaran.

Dengan pengelolaan keuangan yang baik, maka kita juga akan dapat mengurangi atau bahkan menghilangkan sifat boros, sehingga keuangan dapat terjaga dengan baik dan benar.

Selalu Ingat Rumus Mengelola Keuangan

Nah, untuk mengelola keuangan dengan baik dan benar, tentunya ada cara yang harus diperhatikan. Setidaknya, kita harus selalu ingat dengan rumus mengelola keuangan sebagai dasar untuk melakukannya dan mencapai tujuan keuangan yang baik.

Rumusnya adalah: X = Y – Z

X adalah Kekayaan

Y adalah Harta

Z adalah Utang

Jika Y > Z, maka kekayaan akan bernilai positif, artinya keuangan kita baik

Apabila Z > Y, maka kekayaan akan bernilai negatif artinya keuangan kita buruk

Lalu, bagaimana cara mengelola keuangan yang baik tersebut? Seperti dikutip dari Cermati.com, berikut cara mengelola keuangan yang tepat agar bisa kaya.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

1. Buatlah Pembukuan yang Mencatat Arus Kas

Dengan membuat pencatatan arus kas atau pengeluaran dan pemasukan, maka Anda akan mengetahui dengan pasti setiap nominal yang didapatkan dan yang dikeluarkan. Selain itu, Anda juga dapat melihat bahwa pengeluaran yang dilakukan itu sebenarnya penting atau tidak.

Membuat pembukuan penting dan sangat diperlukan setiap orang, terutama bagi Anda yang sedang memiliki program hemat. Dengan kas, Anda dapat meninjau ulang barang-barang yang pernah Anda beli sebelumnya. Buatlah pembukuan sederhana, yang penting semua pengeluaran dan pemasukan tercatat dengan baik. (Baca Juga: Sambut 2018: Ini Cara Wujudkan Resolusi Keuangan!)

2. Prioritaskan Kebutuhan, Bukan Keinginan Semata

Setelah mengetahui pengeluaran yang telah dilakukan, ada baiknya Anda menyusun daftar yang memprioritaskan kebutuhan dibandingkan keinginan. Hal itu akan membuat Anda lebih menjaga keuangan agar tidak terbuang dengan percuma.

Jadi, buatlah daftar kebutuhan Anda, sehingga ketika ingin membeli sesuatu atau melakukan pengeluaran, akan lebih bijak lagi dalam memilih dan menjaga keuangan. Catatlah segala sesuatu yang diperlukan, dimana Anda wajib untuk mengeluarkan uang untuk itu.

3 dari 4 halaman

3. Pantau Secara Berkala Arus Kas dan Tetapkan Tujuan

Ketika Anda memantau arus kas, maka Anda akan mengetahui bagaimana keadaan keuangan Anda. Lakukan pemantauan arus kas ini secara berala. Dengan begitu, Anda bisa menentukan tujuan Anda untuk memanfaatkan keuangan agar tidak terpakai dengan sembarangan.

Sebagai contoh, tujuan yang bisa Anda pertimbangkan adalah menabung, berinvestasi, dan membuka usaha di luar usaha yang sedang Anda jalani. Pastikan juga Anda konsisten melakukannya. (Baca Juga: Apakah Keuangan Anda Sehat? Cek di Sini)

4. Boleh Berutang Asalkan untuk Hal yang Produktif

Tak ada yang salah dengan berutang. Namun yang perlu diperhatikan adalah Anda harus memastikan bahwa utang atau pinjaman yang diambil akan digunakan untuk hal yang bersifat produktif, seperti modal usaha, memenuhi kebutuhan yang sifatnya mendesak dan penting seperti ponsel untuk berkomunikasi dan lainnya.

Bila Anda memiliki kartu kredit, usahakan Anda melakukan transaksi pembelian yang sesuai dengan pendapatan Anda. Dan bayarlah tagihan yang muncul setiap bulannya dengan baik, dan hindari menunggak tagihan agar tidak terbebani bunga.

4 dari 4 halaman

5. Rutin dan Disiplin Melakukan Pembukuan

Dengan rutin dalam membuat pembukuan, Anda akan terbiasa dan dapat dengan mudah melakukan pengelolaan terhadap keuangan dengan baik dan terarah. Dengan begitu, Anda dapat menciptakan keuangan yang baik dan sejahtera. Maka, akan mudah bagi Anda mencapai merdeka finansial.

Kelola Keuangan dengan Baik dan Jadilah Kaya

Pengelolaan keuangan sangat penting dilakukan. Tanpa pengelolaan keuangan yang baik, maka seberapa pun gaji atau pendapatan yang diperoleh tidak akan pernah cukup dan menjadikan diri orang kaya. Untuk itu, teraturlah dalam mengelola keuangan dan selalu berpikir panjang sebelum memutuskan membelanjakan uang agar keuangan tidak berantakan dan hidup semakin sejahtera.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.