Sukses

Karier Cepat Melejit Hanya dengan 4 Bahasa Tubuh ini

Liputan6.com, Jakarta - Setiap orang tentu menginginkan peningkatan pada kariernya masing-masing dengan cepat. Berbagai upaya dilakukan untuk hal tersebut.

Dengan meningkatnya karier, tentu juga akan berdampak pada peningkatan pendapatan. Tak heran jika orang-orang semakin menunjukkan kemampuan dan kelebihannya dibandingkan orang lain.

Berbicara mengenai cara meningkatkan karier, selain kemampuan, ternyata bahasa tubuh juga sangat berpengaruh bagi perkembangan karier Anda. Meskipun terkesan sepele, namun bahasa tubuh memiliki peranan penting akan perjalanan karier Anda.

Lalu, bahasa tubuh yang seperti apa bisa dengan mudah meningkatkan karier Anda? Simak ulasan berikut seperti dikutip dari Cermati.com.

1. Berjabat Tangan dengan Percaya Diri dan Tidak Berlebihan

Saat Anda bertemu seseorang, jangan pernah lewatkan sesi berjabatan tangan, terutama ketika pertama kali bertemu. Jabatlah dengan erat rekan kerja Anda tersebut namun tidak berlebihan. Artinya, tidak terlalu kuat dan terlalu lama.

Melalui jabat tangan, Anda menunjukkan antusiasme bertemu orang tersebut. Setiap orang tentu merasa senang ketika kehadirannya mendatangkan kebahagiaan bagi orang lain. Selain itu, juga mampu menghilangkan sisi “segan berlebih” antar lawan bicara. Jangan lupa untuk menyertakan senyuman tulus Anda saat berjabatan tangan dengan mereka.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

2. Selalu Jaga Kontak Mata saat Komunikasi

Kontak mata sangat penting saat terjadi komunikasi antara beberapa orang. Ketika Anda sedang berbicara dengan orang lain, pastikan bahwa Anda menjaga kontak mata dengan mereka.

Anda tentunya akan merasa kesal ketika Anda menatap mata lawan bicara namun mereka tidak demikian. Hal ini dapat mencerminkan sisi kesombongan karena tidak bisa menghargai orang lain.

Apalagi, jika Anda berhadapan dengan atasan dan kontak mata Anda tidak terjalin dengannya. Pasti Anda akan mendapatkan peringatan akan hal tersebut. Citra Anda di mata atasan pun seketika memburuk.

Oleh karena itu, tataplah mata lawan bicara Anda dan berkonsentrasilah terhadap apa yang dikatakannya. Itu tanda bahwa Anda menghargai orang lain. (Baca Juga: Tips Membangun Karier Cemerlang Berdasarkan Tipe Kepribadian)

3. Pasang Senyum dengan Tulus dan Ramah

Jadilah pribadi yang mudah tersenyum terhadap rekan kerja Anda, terlebih lagi pada atasan Anda. Dengan begitu, secara tidak langsung Anda memperlihatkan sisi keramahan Anda kepada mereka. Hal ini juga membuat orang lain nyaman.

Berikanlah rekan kerja Anda senyuman tulus, dan bukan paksaan. Meskipun Anda tersenyum, namun melakukannya dengan terpaksa, orang yang Anda berikan senyuman juga tidak akan meresponnya dengan baik. Bahkan mereka akan mengartikan senyuman tersebut adalah bentuk sinisme di mana Anda memiliki maksud tertentu di balik senyuman tersebut.

Tidak jarang terjadi sakit hati karena seseorang memberikan senyuman yang terpaksa kepada orang lain. Anda tentu tidak ingin memiliki musuh, apalagi hanya karena kekeliruan cara tersenyum. Bangunlah hubungan yang hangat melalui senyuman dan jadilah pribadi yang ramah.

3 dari 3 halaman

4. Pasang Bahasa Tubuh yang Terbuka

Ketika Anda bertemu dengan seseorang, pastikan bahwa Anda melakukan bahasa tubuh terbuka bukan bahasa tubuh tertutup. Hal ini terkait posisi kaki dan tangan Anda. Jangan pernah menyilangkan kaki Anda di depan rekan kerja atau atasan Anda. Jangan juga membungkukkan kaki Anda.

Saat berbicara, perhatikanlah posisi telapak tangan Anda. Pastikan bahwa posisinya terbuka untuk memberikan kesan bahwa Anda adalah pribadi yang terbuka atas ide-ide yang akan disampaikan oleh rekan kerja Anda.

Bahasa tubuh yang tertutup hanya akan memperlihatkan sisi cemas, sehingga Anda tidak percaya diri sewaktu berbicara dengan lawan bicara Anda. Tentunya tidak ada orang yang menyukai seseorang yang tidak percaya diri sewaktu berbicara, bukan? Nah, bila dirinya saja tidak percaya terhadap kemampuannya, bagaimana mungkin orang lain akan percaya? (Baca Juga: Mitos Tentang Karier yang Tidak Boleh Anda Percayai)

Miliki Bahasa Tubuh yang Baik dan Tingkatkan Karier Anda

Ketika Anda ingin meningkatkan karier, Anda tidak perlu bersikap palsu terhadap rekan kerja atau bos Anda. Bersikaplah seperti biasa. Perhatikan gerak-gerik tubuh Anda, apalagi saat mereka sedang berbicara. Tidak jarang terjadi kesalahpahaman ketika berkomunikasi dan disebabkan oleh bahasa tubuh yang salah. Jadi, tingkatkan karier Anda melalui bahasa tubuh yang baik.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.