Sukses

6 Poin Penting untuk Sukses Berkarier di Luar Negeri

Liputan6.com, Jakarta - Bekerja di luar negeri merupakan impian banyak orang, terutama bagi Anda yang suka dengan tantangan. Berbeda dengan bekerja di Indonesia, saat bekerja di luar negeri, Anda tentu akan menemukan lingkungan dan budaya kerja yang baru serta berbagai tantangan yang tidak sama. Lalu, apakah Anda telah benar-benar siap untuk menghadapi semua ini?

Pastikan Anda memiliki persiapan yang matang sejak awal agar keinginan untuk berkarier di luar negeri bisa terwujud dengan baik. Jangan sampai Anda mengalami kendala atau masalah di kemudian hari hanya karena tidak mempersiapkan diri untuk berbagai tantangan yang akan Anda temui di luar negeri nanti.

Tak hanya kemampuan kerja Anda saja, berbagai hal lainnya juga penting untuk Anda cermati dengan baik. Dikutip dari Cermati.com, berikut ini adalah poin-poin penting yang wajib Anda pahami agar sukses berkarier di luar negeri.

1. Kuasai Bahasa Inggris

Di mana pun Anda bekerja, tentu akan membutuhkan komunikasi yang baik dengan orang-orang di lingkungan kerja. Bekerja di luar negeri sudah pasti Anda wajib memiliki kemampuan bahasa Inggris yang mumpuni.

Bahasa Inggris menjadi salah satu bahasa internasional yang paling banyak digunakan sehingga bisa Anda jadikan sebagai salah satu bekal yang tepat untuk bekerja ke luar negeri.

Pastikan Anda menguasai bahasa Inggris dengan baik sehingga bisa berkomunikasi dengan lancar di lingkungan kerja yang akan Anda masuki nanti. (Baca Juga: Kode Bank Indonesia Terlengkap)

2 dari 4 halaman

2. Miliki Skill yang Mumpuni

Jika ingin sukses dalam pekerjaan, Anda harus memiliki skill yang mumpuni di bidang tersebut. Skill ini juga akan menjadi bekal Anda untuk memenangkan ketatnya persaiangan ketika mencari pekerjaan. Sebab di luar sana, ada jutaan orang lainnya yang memiliki skill yang baik dan sedang mencari pekerjaan sama seperti Anda.

Jangan sampai Anda bekerja dengan skill yang standar saja. Atau bahkan berada di bawah standar yang diperlukan perusahaan. Bukan hanya menjadi kekurangan, melainkan hal seperti ini juga bisa menjadi hambatan Anda untuk sukses berkarier di luar negeri. Pastikan Anda mamiliki skill kerja yang mumpuni dan jika memungkinkan di atas rata-rata.

3. Bekerja Sesuai dengan Minat dan Keahlian

Bekerja di bidang yang Anda minati dan sesuai keahlian adalah pilihan yang sangat tepat. Sebab hal ini bisa saja menjadi salah satu langkah mudah Anda untuk menaklukkan berbagai tantangan di dunia kerja.

Bukan bermain aman, melainkan pada kenyataannya, melakukan sesuatu yang kita sukai tentu akan membuat kita lebih mudah “berdamai” dengan berbagai kesulitan dan tantangan yang dihadapi di dalamnya.

3 dari 4 halaman

4. Bekali Diri dengan Etos Kerja yang Baik

Miliki juga etos kerja yang baik sejak awal. Sebab dunia kerja akan selalu menghadirkan banyak tantangan. Tak ada yang mudah saat bekerja, termasuk jika Anda akan bekerja di luar negeri nanti.

Namun, jika Anda memiliki etos kerja yang baik, tak ada pekerjaan yang terlalu sulit untuk Anda lakukan, bahkan meski itu memiliki banyak sekali tantangan. Anda akan siap untuk menjadi seseorang yang sukses di pekerjaan yang Anda geluti. Sebab Anda telah mempersiapkan diri untuk hal tersebut.

5. Miliki Etika yang Baik

Etika kerja yang baik juga menjadi bekal wajib yang harus Anda miliki. Tak peduli di mana kelak Anda akan bekerja dan apa bidang pekerjaan yang akan digeluti, semua ini akan mudah jika Anda memiliki etika kerja yang baik. Lingkungan kerja akan terasa nyaman dan bisa mendukung Anda untuk sukses dalam pekerjaan. (Baca Juga: Solusi Alternatif Buat Kamu yang Tidak Lulus SNMPTN)

4 dari 4 halaman

6. Pahami Budaya Lokal

Agar mudah bergaul dan nyaman dalam lingkungan kerja, Anda juga harus memahami budaya kerja di dalamnya. Tiap-tiap wilayah akan memiliki budaya tersendiri yang tentu saja dipengaruhi budaya lokal setempat. Pahami hal ini dengan baik agar Anda bisa berteman dan merasa nyaman di lingkungan kerja yang Anda temukan.

Persiapkan Diri dengan Maksimal

Untuk Anda yang memiliki keinginan bekerja di luar negeri, pastikan membekali diri dengan baik terlebih dahulu. Bukan hanya skill, melainkan berbagai hal lainnya juga patut Anda pahami dan miliki. Persiapkan diri Anda secara maksimal agar berbagai tantangan kerja yang akan dihadapi bisa Anda taklukkan.