Sukses

6 Jurus Jitu Sesuaikan Gaya Hidup dengan Gaji

Kamu perlu memperhitungkan secara matang agar gajimu tidak habis untuk hal yang sia-sia. Berikut beberapa tips yang wajib dicoba

Liputan6.com, Jakarta- Kenaikan gaji memang perlu dirayakan. Namun, tidak berarti kamu bisa menggunakan uang tersebut secara sembarangan.

Kamu perlu memperhitungkan secara matang agar gajimu tidak habis untuk hal yang sia-sia. Ditulis oleh Swara Tunaiku, ini dia beberapa tips untuk menyesuaikan gaya hidup dengan gaji barumu!

1. Patuhi rencana belanja yang dibuat

Kondisi keuangan seseorang pasti akan mengalami pasang-surut. Oleh karena itu, tidak perlu terlalu fokus kepada gaya hidup. Namun, gaya hidupmu harus disesuaikan dengan kondisi keuangan.

Caranya, buat rencana belanja bulanan atau tahunan. Takutnya, jumlah gajimu berubah sewaktu-waktu sehingga perlu untuk bikin rencana belanja yang baru.

2. Memangkas anggaran yang tidak perlu

Daftar belanja dan anggaran bulanan sudah ada di tangan. Coba cek kembali adakah kebutuhan yang bisa kamu hilangkan dari daftar belanja tersebut? Tentukan mana saja barang mendesak dan pangkas anggaran dengan bujet yang besar.

Sebagai contoh, kamu bisa memangkas anggaran untuk hangout ke kafe atau berhenti langganan TV kabel untuk sementara.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

3. Menyortir barang lama

Kamu merasa bahwa banyak barang lama yang tidak bisa dipakai lagi? Jangan langsung dibuang dulu, ya! Coba pikirkan matang-matang, apakah barang tersebut masih kamu butuhkan?

Kalau memang sudah tidak perlu, bisa dijual di online shop, lo. Nanti, hasil penjualannya bisa digunakan untuk dana darurat.

4. Cari tambahan penghasilan

Beruntung buat kamu yang punya keahlian tertentu serta waktu luang setelah kerja kantoran. Mengapa? Karena kamu bisa cari tambahan penghasilan dengan kerja paruh waktu.

Bisa dengan membuka bakery, jualan baju atau aksesori lain secara online. Hasil dari kerja sampingan ini bisa ditabung untuk memenuhi kebutuhanmu.

3 dari 3 halaman

5. Selektif dalam berteman

Tahukah kamu? Bahwa salah dalam memilih teman bisa menyeretmu pada gaya hidup yang boros. Sehingga, kamu perlu lebih selektif dalam memilih teman.

Misalnya, bisa dimulai dengan mengurangi waktu bertemu dengan teman yang memberi efek buruk dalam kehidupanmu.

6. Pakai uang tunai

Saat belanja, usahakan untuk tidak memakai kartu kredit. Faktanya, belanja dengan kartu kredit memang bisa bikin boros. Kamu pun tidak sadar telah membelanjakan uang dengan jumlah yang banyak. Sehingga, perlu membiasakan untuk memakai uang tunai. Nanti, kamu bisa langsung memeriksa seberapa besar pengeluaran setiap kali belanja.

Gaji boleh saja naik, tetapi tetap perlu mengatur keuangan secara ketat. Kalau perlu, bisa mencari uang tambahan agar keuangan tetap stabil.

Tak perlu menunggu sampai uang menipis dan baru bingung mencari uang tambahan dan memangkas anggaran belanja. Selalu terapkan gaya hidup yang membuat keuanganmu tetap sehat.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini