Sukses

Mau Gaji Tak Sekadar Numpang Lewat? Lakukan 5 Hal Ini

Penting untuk memiliki aturan dan kebiasaan yang baik dalam mengelola gaji Anda sejak awal. Hal ini akan sangat membantu Anda untuk membangun keuangan menjadi lebih kuat dan stabil.

Liputan6.com, Jakarta - Bagi Anda yang telah bekerja dan memiliki panghasilan tetap atau gaji, Anda tentu memiliki cara tersendiri dalam mengelola keuangan. Cara Anda dalam mengelola keuangan akan sangat berdampak pada kondisi keuangan dan juga kehidupan secara keseluruhan.

Jika Anda memiliki cara yang tepat, bisa dipastikan keuangan akan berjalan dengan baik dan lancar. Namun, jika ternyata Anda kerap mengalami masalah dalam keuangan, bisa saja hal ini terjadi akibat buruknya cara dalam mengelola gaji bulanan.

Penting untuk memiliki aturan dan kebiasaan yang baik dalam mengelola gaji Anda sejak awal. Hal ini akan sangat membantu Anda untuk membangun keuangan menjadi lebih kuat dan stabil.

Tidak perlu melakukan langkah yang luar biasa besar dan sulit untuk dijalankan. Sebab hal seperti ini justru kerap hanya menjadi rencana yang tak pernah direalisasikan. Terapkan berbagai langkah mudah dan membuat Anda tetap nyaman, tapi memberi dampak yang cukup besar dalam perbaikan keuangan.

Dikutip dari Cermati.com, berikut ini cara-cara hemat yang mudah dalam mengelola gaji bulanan.

1. Selalu Awali dengan Rencana

Anda yang memiliki gaji tetap akan lebih mudah dalam mengatur segala sesuatunya dengan terencana. Pastikan Anda selalu memulai pengelolaan keuangan dengan rencana yang tepat pada awal bulan sehingga semua kebutuhan terpenuhi dengan baik sepanjang bulan.

Bukan hanya itu. Rencana keuangan ini juga akan membantu Anda untuk mengelola keuangan secara keseluruhan, yakni bagaimana dan ke mana saja gaji Anda akan dialokasikan. Misalnya, tabungan, investasi, pengaluaran rutin bulanan, asuransi, dana liburan, dan yang lainnya.

Aturlah rencana keuangan Anda dengan ketat dan masuk akal. Jangan lupa untuk menjalankannya dengan tepat sasaran. Selain itu, lakukan evaluasi setidaknya sekali dalam seminggu sehingga keuangan tetap terkontrol dengan baik. (Baca Juga: Pinjam Uang: KTA vs Pinjaman Fintech. Pertimbangkan Ini Sebelum Jatuhkan Pilihan)

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

2. Pisahkan Dana Tabungan dan Investasi Segera Setelah Gajian

Ini adalah dua komponen yang wajib diadakan dalam keuangan sehingga sangat penting untuk selalu memastikan bahwa kedua pos ini terisi degan baik setiap bulannya.

Berapa pun gaji Anda, pastikan Anda menyisihkan setidaknya 10-20 persen untuk tabungan dan investasi dalam keuangan. Jangan lupa untuk memisahkan kedua dana ini dalam rekening khusus yang terpisah dari dana lainnya. Dengan begitu, dana tidak tercampur atau terpakai untuk kebutuhan di luar rencana pengadaan keduanya.

3. Pola Hidup Sehat dan Masak Makanan Sendiri

Bagi Anda yang selama ini terbiasa makan di luar, ada baiknya segera mengubah kebiasaan tersebut. Mulailah membiasakan diri untuk memasak dan menyiapkan makanan sendiri di rumah. Hal ini akan menghemat banyak uang, terutama jika Anda juga membawa bekal makan siang sendiri dari rumah.

Bukan hanya itu, Anda juga akan mendapatkan tubuh yang lebih sehat sebagai bonusnya. Bagaimana pun juga makanan yang disiapkan dan dimasak sendiri tentu akan lebih higienis dan terjamin, bukan?

3 dari 3 halaman

4. Hobi Baru yang Produktif

Jika selama ini Anda terbiasa makan atau minum di kafe dan mengabiskan beberapa puluh ribu hanya untuk menikmati secangkir kopi di sore hari, ada baiknya Anda mengubah kebiasaan-kebiasaan tersebut.

Cobalah temukan hobi baru yang menyenangkan dan bisa menghasilkan. Misalnya, Anda menikmati secangkir kopi sambil menulis satu dua artikel yang dikirim ke redaksi media online yang berbayar. Tak hanya membuat Anda memiliki waktu untuk mengasah wawasan dan kemampuan menulis, tapi Anda juga bisa mendapatkan uang dari kegiatan tersebut. (Baca Juga: 10 Cara Mudah Menghemat Energi di Dapur)

5. Kebiasaan Kecil yang Menghemat Banyak Uang

Beberapa hal yang menyenangkan dan sering dilakukan bisa saja menguras banyak uang tanpa disadari. Sebut saja kebiasaan makan junk food dan membeli berbagai pernak-pernik yang seolah tak pernah cukup untuk dikoleksi.

Cobalah mengubah berbagai kebiasaan ini dan alihkan dana belanja tersebut ke akun tabungan Anda. Dijamin dalam sebulan tabungan Anda akan bertambah cukup banyak.

Lakukan dengan Cara yang Menyenangkan dan Mudah

Mengelola gaji menjadi pekerjaan yang sulit, terutama untuk melakukan perubahan di dalamnya. Agar tidak terasa berat, cobalah untuk mengelola gaji Anda dengan cara yang menyenangkan dan mudah, tapi tetap cerdas.

Hal ini akan membuat keuangan lebih terencana dan ketat sehingga gaji Anda bisa dikelola dengan efektif setiap bulannya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini