Sukses

Menhub Janji Mudik Lebaran 2018 Bakal Lebih Baik

Menhub Budi Karya Sumadi telah melakukan berbagai persiapan supaya mudik Lebaran 2018 berjalan lebih baik dibanding tahun sebelumnya.

Liputan6.com, Jakarta - Menteri Perhubungan (Menhub), Budi Karya Sumadi memastikan mudik tahun ini akan jauh lebih baik daripada tahun sebelumnya. Hal itu dipastikan lantaran berbagai persiapan sudah dilakukan pemerintah secara optimal.

"Mudik Lebaran 2018 kali ini harus lebih baik dari tahun lalu. Tahun lalu, Alhamdulillah berkat dukungan Polri, Kementerian PUPR, Kementerian Kesehatan berjalan baik. Kami merencanakan (persiapan) ini sejak Januari. Kita sudah mengumpulkan semua stakeholder dan apa-apa yang mesti dipersiapkan," katanya di Hotel Borobudur, Jakarta, Selasa (8/5/2018).

Budi Karya mengatakan, persiapan yang dilakukan oleh Kementerian Perhubungan mulai dari riset kecil. Riset tersebut bertujuan untuk melihat angka keberangkatan pemudik jelang Lebaran nanti.

"Suatu riset itu satu kesimpulannya adalah preferensi orang itu pulangnya dua atau tiga hari menjelang mudik Lebaran. Wapres tadi bilang kalau ada orang 10 juta di waktu yang sama, di tempat yang sama, pasti ada masalah. Tapi dengan kita mengidentifikasi itu, maka kita berusaha mendistribusikan mereka yang mudik dengan berbagai pihak berbagai halnya," ujarnya. 

Di sisi lain pada moda transportasi, diakuinya, sudah disiapkan terutama pada transportasi udara. Dia meyakini, pesawat mampu mengambil peran besar dibanding transportasi lainnya.

"Satu pasti moda-moda yang lain kita akan giatkan, (pesawat) udara itu unggulan karena memang pertumbuhan tahun lalu adalah 8,4 persen. Nah, tahun ini kita dorong juga tumbuh besar karena mereka akan mengambil porsi yang relatif besar dibanding yang lain, dengan apa dengan menambah slot menggunakan pesawat berbadan lebar untuk tujuan-tujuan tertentu." imbuhnya.

Sementara, untuk mendukung penerbangan pesawat menjelang Lebaran 2018, Kemenhub akan menambah jam oprasional seluruh bandara hingga pukul 24.00 WIB.

 

 

Reporter : Dwi Aditya Putra

Sumber : Merdeka.com

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Mudik Gratis

Kementerian Perhubungan (Kemenhub) telah meluncurkan program mudik motor gratis. Kemenhub menyiapkan keberangkatan melalui dua moda transportasi darat dan laut.

Di mana untuk kuota mudik gratis 2018 sepeda motor mencapai 39.446, sedangkan kuota untuk orang sebanyak 87.250. Jumlah ini meningkat dibanding tahun lalu, yakni peserta mudik gratis 2017, sepeda motor hanya 19.148 unit, dan orang mencapai 46.885 unit.

Jumlah tersebut, nantinya akan terbagi melalui bus dan truk, kapal ro-ro, kereta api, dan kapal untuk setiap orang serta kendaraan bermotor.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.