Sukses

PGN Pasok Gas ke Pabrik Permen di Jawa Timur

Liputan6.com, Jakarta - PT Perusahaan Gas Negara (PGN) Tbk menyalurkan bahan bakar gas (BBG) untuk PT Serba Gurih Indonesia (SGI), Kota Pasuruan, Jawa Timur. SGI merupakan pabrik permen jahe yang berorientasi ke pasar ekspor Amerika, Eropa, dan Australia.

Sekretaris Perusahaan PGN, Rachmat Hutama mengatakan, penetapan SGI menjadi pelanggan PGN sempat terkendala.

"Dalam proses menjadi pelanggan, SGI pada awalnya tidak lolos untuk disetujui menjadi pelanggan karena hitungan investasi jaringan tidak sesuai dengan minimal volume pemakaian," kata Rachmat di Jakarta, Selasa (17/4/2018).

‎Namun, diakuinya, SGI tetap ingin menjadi pelanggan PGN. Bahkan, pabrik permen jahe ini bersedia merogoh kocek hingga Rp 575 juta untuk membangun sendiri jaringan agar terhubung dengan jaringan distribusi gas bumi PGN.

"PT SGI akhirnya sepakat untuk mengeluarkan investasi jaringan dengan skema swadana untuk bisa berlangganan gas, ujar Rachmat.

Menurutnya, Perusahaan Gas Negara mulai menyalurkan gas bumi secara perdana (initial gas in) ke pabrik permen jahe ini mulai awal April 2018. Untuk tahap awal, SGI mengonsumsi gas bumi sebesar 20 ribu meter kubik per bulan.

"Dengan animo industri dan model kerja sama yang disepakati oleh industri seperti ini, kami selaku perusahaan distributor gas bumi semakin merasa tertantang untuk bisa menyalurkan gas bumi dengan lebih andal dan terjamin bagi pelanggan," jelas Rachmat. ‎

Saat ini, PGN telah membangun dan mengoperasikan infrastruktur pipa gas bumi sepanjang 7.453 km atau setara 80 persen pipa gas bumi hilir seluruh Indonesia. Meski terus membangun proyek infrastruktur jaringan gas bumi, PGN tidak membebani Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN).

Dari infrastruktur tersebut, PGN mengalirkan gas ke 1.730 pelanggan industri dan pembangkit listrik, 1.964 pelanggan komersial atau hotel, restoran, dan rumah makan, usaha kecil. PGN juga mengalirkan gas ke 199.403 pelanggan rumah tangga. Pelanggan PGN ini tersebar di 19 kota di 12 provinsi.

2 dari 2 halaman

Industri Nasional Kian Minati Gas Bumi PGN

PT Perusahaan Gas Negara (Persero) Tbk (PGN) berupaya terus memenuhi kebutuhan gas gas bumi untuk kebutuhan domestik masyarakat. Apalati gas bumi PGN dinilai masih menjadi energi alternatif yang ramah dan efisien terutama bagi industri nasional, di tengah kondisi perekonomian yang belum tumbuh seperti harapan pemerintah.

"Industri nasional masih berebut menjadi pelanggan gas PGN," kata Direktur Komersial, Danny Praditya di Jakarta, Selasa (6/3/2018).

Dia mengatakan, hingga saat ini PGN masih mampu untuk terus menambah sambungan gas ke sektor industri. Berbeda dengan kebanyakan badan usaha lain yang menyasar pengguna gas bumi eksisting, PGN setiap tahunnya terus menambah sambungan gas.

"Terutama penambahan sambungan gas langsung ke pengguna gas industri," dia menambahkan.

Menurut catatan PGN, pada 2017, perseroan berhasil menambah sambungan gas bumi ke pelanggan industri sampai 114 industri.

"Ini menjadi bukti bahwa masih banyak industri nasional yang memakai gas bumi PGN sebagai bahan bakar produksi mereka," ujar dia.

Industri yang mendapatkan sambungan gas dari PGN tersebut tersebar mulai dari Sumatera bagian utara, Batam, Palembang, Lampung, Cilegon, Jabodetabek, Jawa Bagian Tengah dan Jawa Bagian Timur.

Danny mengatakan, di tengah maraknya keluhan atas melesunya pasar gas bumi baru sehingga harus menyasar pelanggan yang dikelola badan usaha lain, kinerja PGN sepanjang 2017 lalu justru menunjukkan perluasan pemanfaatan gas bumi domestik masih sangat besar.

"Masih banyak wilayah yang membutuhkan energi bersih yang kompetitif," dia menuturkan.

Pada 2018 ini, PGN pun berencana semakin memperluas jangkauan penyaluran gas bumi kepada pelanggan industri yang baru.

Penambahan sambungan gas ke pelanggan industri oleh PGN tersebut menambah portofolio pengelolaan gas ke pelanggan industri yang saat ini sudah hampir mencapai 1.800 pelanggan.

Sebagai informasi, PGN adalah pengelola gas di Indonesia yang memiliki portofolio pelanggan terbesar mulai dari pelanggan rumah tangga yang mencapai lebih dari 200.000 pelanggan.

Total pelanggan gas bumi PGN itu termasuk penugasan dari pemerintah, pelanggan komersial, dan pelanggan industri.

"Komitmen PGN sebagai BUMN adalah menjalankan penugasannya dengan serius untuk membangun infrastruktur dan pasar gas yang menjangkau seluruh pengguna gas bumi," tutup Danny.

Video Populer Bisnis

Tutup Video
Artikel Selanjutnya
Kementerian ESDM Dorong Pengusaha Investasi di Sektor Energi