Sukses

PLN Genjot Layanan di Sumatera Utara

PLN berinovasi dengan memberikan layanan baru untuk meningkatkan pelayanan kebutuhan masyarakat terhadap listrik.

Liputan6.com, Jakarta - PT PLN Wilayah Sumatera Utara (PLN Wilsumut) berinovasi dengan memberikan  layanan baru, untuk meningkatkan pelayanan  kebutuhan masyarakat terhadap listrik.

‎Direktur Human Capital Management PLN, Muhamad Ali mengatakan, PLN melalui PLN Area Binjai bersinergi dengan Pemerintah Kabupaten Karo, untuk migrasi layanan listrik pasca bayar menjadi prabayar. Hal tersebut diimplementasikan dalam penandatanganan nota kesepahaman atau Memorandum of Understanding (MoU).

"MoU migrasi layanan listrik pasca bayar menjadi listrik prabayar guna untuk mewujudkan Tanah Karo 100 persen listrik prabayar dan juga dalam rangka meningkatkan Pendapatan Asli Daerah (PAD) Pemkab Karo,"kata Muhamad, di Jakarta, Selasa (10/4/2018).

Muhamad menyebutkan, program layanan baru yang diresmikan PLN Wilayah Sumatera Utara, di antaranya adalah, pelayanan satu pintu yang membuka kesempatan kepada pelanggan untuk pasang baru listrik atau penambahan daya, serta untuk memperoleh Sertifikat Laik Operasi (SLO) pada satu tempat yang sama. 

Melalui program ini PLN akan bekerja sama dengan Lembaga Inspeksi Teknik Tegangan Rendah untuk memberikan pelayanan yang cepat, khususnya kepada pelanggan yang melakukan pasang baru listrik dan penambahan daya hingga daya 200 kVa. 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Jalankan Program Sarling

Layanan berikutnya adalah pemasaran keliling (Sarling), sebagai perusahaan yang berorientasi kepada pelanggan, PLN Wilayah Sumatera Utara juga melakukan program Sarling.

Program Sarling ini didukung dengan adanya mobil khusus yang dilengkapi fasilitas komputer, petugas pelayanan niaga, dan pelayanan teknik, untuk membantu melayani pelanggan yang berada di daerah terpencil. 

"Hal ini tentunya karena PLN ingin hadir lebih dekat dengan masyarakat," ucap Muhamad.

Pelayanan Teknik Era 2018, Perilaku Sikap Salam Senyum Sapa (PS4), khusus layanan ini merupakan prosedur bagi petugas pelayanan teknik PLN untuk wajib melaksanakan PS4 kepada pelanggan pada saat mengatasi gangguan dan memberikan pelayanan pelanggan. 

Layanan One Step Service, untuk  mendukung pelayanan pelanggan, PLN juga terus berinovasi, seperti yang dilakukan PLN Area Binjai dengan aplikasi Layanan One Step Services. Aplikasi Layanan One Step Services merupakan aplikasi satu atap untuk mempercepat penyambungan pelanggan pasang baru listrik dan tambah daya, khusus untuk proses layanan di PLN Area Binjai. 

"Diharapkan dengan bantuan dan peningkatan pelayanan yang diberikan PLN kepada masyarakat dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Juga diharapkan silaturahmi antara PLN dengan Kabupaten Karo dapat terus terjalin dengan baik,” ujar Muhammad.

Ia menambahkan, kehadiran PLN juga diharapkan dapat memberikan manfaat dan kontribusi positif bagi masyarakat.

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.