Sukses

Wings Air Buka Rute Baru Pontianak-Miri Serawak, Harga Tiket Rp 700 Ribu

Liputan6.com, Pontianak - Wings Air resmi mengoperasikan rute penerbangan internasional baru dari Pontianak, Kalimantan Barat (Kalbar), menuju Miri, Serawak, Malaysia, pada Kamis ini (15/3/2018). Langkah ekspansi ini ditujukan untuk meningkatkan konektivitas, kegiatan bisnis, dan pariwisata di Indonesia maupun Negeri Jiran.

‎Managing Director Lion Air Group, Daniel Putut Kuncoro Adi, mengungkapkan rute penerbangan dari Pontianak-Miri Wings Air ini merupakan ke 110. Ini menjadi fasilitas penerbangan bagi masyarakat, baik mahasiswa, pelajar, tenaga kerja, pebisnis, dan lainnya.

"Penambahan rute tersebut untuk ‎mendukung program pemerintah untuk mendatangkan wisman sebanyak 20 juta turis sampai 2020," ujar Daniel saat berbincang dengan wartawan di Bandara Internasional Supadio, Pontianak.

Penerbangan Wings Air dari Bandara Supadio, Pontianak, ke Bandara Miri, Serawak menggunakan jadwal reguler, yakni satu kali penerbangan per harinya. Dari ‎Bandara Supadio, berangkat pada pukul 15.30 WIB dan tiba di Miri pada pukul 18.20 waktu setempat.

Sedangkan penerbangan sebaliknya akan dijadwalkan berangkat dari Bandara Miri pada pukul 18.50 waktu setempat dan tiba di Pontianak pada pukul 19.40 WIB.

Penerbangan dari Pontianak menuju Miri ataupun sebaliknya hanya memakan waktu sekitar dua jam. Waktu perjalanan terasa lebih efisien dibanding melalui jalur darat dengan durasi jarak tempuh sekitar 16 jam.

"Untuk satu kali perjalanan, harga tiketnya dibanderol sekitar Rp 700 ribu-an lah karena target kita tingkat keterisian penumpang dari rute ini sekitar 70 persen. Terjangkau," kata Daniel. Sebelumnya, maskapai di bawah naungan Lion Air Group ini sudah membuka rute Pontianak-Kuching, Serawak, pada Januari 2018.

2 dari 2 halaman

Tingkatkan Jumlah Turis dan Pertumbuhan Ekonomi

Terbukanya akses dari Pontianak menuju Miri diharapkan dapat memberikan kontribusi besar bagi pertumbuhan dan perkembangan ekonomi masing-masing daerah. Tentunya dengan peningkatan jumlah kunjungan turis melalui Miri.

Begitupun bagi warga Miri dan sekitarnya bisa terbang ke berbagai daerah di Indonesia lewat Pontianak yang dapat menghubungkan rute lain, yakni menuju Jakarta, Batam, Semarang, Surabaya, Balikpapan, Ujung Pandang, Bandung, Ketapang, Sintang, dan Putus Sibau.

Pelaksana CEO Sarawak Tourism Board, Mary Wan Mering mengatakan, ‎Indonesia merupakan pasar yang sangat penting bagi Serawak, baik ke Kuching maupun Miri karena kedua kota ini menyuguhkan wisata rekreasi, pengobatan, maupun pendidikan.

"Kami menggelar Rainforest World Music Festival dan Borneo Jazz Festival di Kuching dan Miri untuk menarik lebih banyak orang Indonesia berkunjung. Beruntungnya ada Wings Air yang sudah membuka akses langsung ke Kuching dan Miri dari Pontianak, Indonesia," kata Mering.

Rute penerbangan anyar ini diharapkan dapat memiliki keterisian penumpang yang baik, sehingga ada potensi untuk menambah frekuensi penerbangan Pontianak-Miri. Upaya ini pun sebagai bagian dalam rangka menjaga hubungan baik bilateral antara Indonesia dan Malaysia.

‎Dalam operasional rute Pontianak-Miri, Wings Air akan menggunakan armada tipe ATR 72-600 yang dapat menampung 72 penumpang.

Tonton Video Ini: