Sukses

Maskapai Ini Coba Bayar Bonus Pegawai Pakai Sistem Undian

Liputan6.com, Jakarta - Karyawan maskapai United Airlines kurang beruntung. Ini lantaran manajemen perseroan akan mengganti bonus dengan cara tak biasa.

Namun, pada awal pekan ini, manajemen United Airlines dengan cepat menunda mengganti bonus karyawan secara kuartalan dengan hadiah lotere US$ 100 ribu atau sekitar Rp 1,37 miliar (asumsi kurs Rp 13.751 per dolar Amerika Serikat). Ini karena didorong penolakan dari pekerjanya.

Maskapai mengumumkan pada Jumat pekan lalu akan membayar bonus dengan undian US$ 100 ribu bagi karyawan beruntung yang dipilih secara acak. Bonus pun menjadi lebih kecil dari US$ 2.000 dan US$ 5.000 untuk sekitar 1.300 pegawai.

Karyawan United Airlines lainnya akan mendapatkan hadiah termasuk 50 paket liburan dan mobil mercedes. Mayoritas dari sekitar 90 ribu pekerja United akan kehilangan bonus hingga US$ 1.500 sepanjang 2018.

"Tujuan kami untuk mengenalkan program lebih baik dan menarik tapi kami salah menilai, bagaimana perubahan ini akan diterima oleh banyak orang. Kami jeda dahulu," tulis Presiden Direktur United Continental, perusahaan induk United Airlines, Scott Kirby seperti dikutip dari laman CNN Money, Rabu (7/3/2018).

 

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

 

2 dari 2 halaman

Selanjutnya

Ahli menilai, kalau mereka belum pernah mendengar mengenai kompensasi dan budaya dari United yang mencoba program lotre semacam ini."Saya benar-benar berpikir itu lelucon ketika pertama kali mendengarnya," ujar CEO LaSalle Network, Tom Gimbel.

Reaksi balik pun dilontarkan oleh serikat pekerjanya. Mereka tidak senang dengan undian tersebut. "Ini hanya menempatkan rasa tak enak saja," ujar Roger Philips, Pilot United dan Juru Bicara Persatuan Pilot United.

Mengutip laman New York Times, di bawah sistem undian atau lotre, hanya 1.361 karyawan yang akan menerima bonus. Hal itu menurut memo United Airlines. Hanya satu yang akan dipilih untuk mendapatkan uang tunai sebesar US$ 100 ribu.

Hadiah lainnya termasuk sedan Mercedes untuk 10 pemenang, pilihan paket liburan untuk 20 pemenang dengan nilai US$ 20.000. Selain itu paket senilai US$ 10.000 untuk 30 pemenang. Bonus karyawan memiliki kesempatan terbaik adalah uang tunai US$ 2.000 yang akan diberikan kepada 1.000 pekerja.Pada Februari, Kirby memuji perusahaan tersebut karena mampu berada di posisi pertama untuk maskapai dengan keberangkatan tepat waktu.