Sukses

12 Pekerjaan dengan Bayaran Tinggi untuk Orang Kreatif, Apa Saja?

Liputan6.com, Jakarta - Pekerjaan seni sering kali dianggap remeh oleh sebagian besar orang. Kebanyakan orang berpikir bahwa pekerjaan di bidang seni hanya dapat menghasilkan uang sedikit, sehingga banyak orang tua yang menentang saat anaknya ingin mengambil jurusan seni.

Padahal, nyatanya tidak demikian. Sebenarnya ada banyak pekerjaan untuk seniman dan pemikir kreatif yang menawarkan gaji layak dan menggiurkan. Bahkan, gajinya bisa melebihi profesi lainnya.

Berikut 12 pekerjaan dengan bayaran tinggi untuk orang-orang artistik dan kreatif di berbagai industri dan bidang, seperti dilansir dari Business Insider, Rabu (7/3/2018):

12. Editor

Merencanakan, mengkoordinasikan, atau menyunting isi materi untuk publikasi. Sebaiknya tinjau proposal dan draf untuk kemungkinan publikasi.

11. Makeup artists

Oleskan makeup ke pemain untuk mencerminkan periode, setting, dan situasi peran mereka. Termasuk teater dan pertunjukan.

10. Penyair, penulis lirik, dan penulis kreatif

Buat karya tulis asli, seperti skrip, esai, prosa, puisi, atau lirik lagu, untuk publikasi atau pertunjukan.

1 dari 4 halaman

9. Editor film dan video

Edit gambar bergerak di film, video, atau media lainnya. Dapat mengedit atau menyinkronkan soundtrack dengan gambar.

8. Arsitek lansekap

Merencanakan dan merancang area lahan untuk proyek seperti taman dan fasilitas rekreasi lainnya, bandara, jalan raya, rumah sakit, sekolah, subdivisi tanah, dan kawasan komersial, industri, dan tempat tinggal.

7. Perancang busana

Desain pakaian dan aksesorisnya. Buat desain asli atau adaptasikan tren mode.

2 dari 4 halaman

6. Seniman dan animator multimedia

Buat efek khusus, animasi, atau gambar visual lainnya menggunakan film, video, komputer, atau alat elektronik lainnya dan media untuk digunakan dalam produk atau kreasi, seperti permainan komputer, film, video musik, dan iklan.

5. Perancang komersial dan industri

Mengembangkan dan merancang produk manufaktur, seperti mobil, peralatan rumah tangga, dan mainan anak-anak. Kombinasikan bakat artistik dengan penelitian tentang penggunaan produk, pemasaran, dan bahan untuk menciptakan desain produk yang paling fungsional dan menarik.

4. Penulis teknis

Tuliskan materi teknis, seperti manual peralatan, lampiran, atau petunjuk pengoperasian dan perawatan. Dapat membantu dalam pekerjaan tata letak.

3 dari 4 halaman

3. Arsitek

Merencanakan dan merancang struktur, seperti tempat tinggal pribadi, gedung perkantoran, teater, pabrik, dan properti struktural lainnya. Tidak termasuk arsitek lansekap dan angkatan laut.

2. Perancang video game

Rancang fitur inti dari video game. Tentukan permainan inovatif dan teknik bermain peran, alur cerita, dan biografi karakter. Buat dan pertahankan dokumentasi desain. Panduan dan berkolaborasi dengan staf produksi untuk menghasilkan permainan sesuai yang dirancang.

1. Art Director

Merumuskan konsep desain dan pendekatan presentasi untuk media komunikasi visual, seperti cetak, penyiaran, dan periklanan. Pekerja langsung terlibat dalam karya seni atau desain tata letak.

Artikel Selanjutnya
Menengok 5 Bisnis Sukses ala Gibran dan Kaesang
Artikel Selanjutnya
5 Jenis Bisnis yang Bisa Dibangun Nyaris Tanpa Modal