Sukses

3 Investasi yang Tak Boleh Dilupakan oleh Wanita

Tanggal 8 Maret diperingati sebagai International Women’s Day untuk merayakan kekuatan perempuan dalam menjalankan keseharian.

Liputan6.com, Jakarta - Tanggal 8 Maret diperingati sebagai International Women’s Day untuk merayakan kekuatan perempuan dalam menjalankan keseharian. Wanita mempunyai peran yang sangat penting dalam kehidupan karena keunikannya, yaitu sifat keibuan.

Sifat keibuan ini tidak terbatas pada mereka yang telah menjadi ibu atau pernah melahirkan. Sifat keibuan ada dalam diri setiap wanita, yaitu sifat yang mengayomi, melindungi, menumbuhkan.

Dengan sifatnya yang seperti itu, wanita lebih sering memikirkan orang lain, cenderung senang memberi, dan berpikir jauh ke depan untuk memastikan kehidupan berlangsung dengan baik.

Hasilnya, wanita lebih sering tidak memikirkan dirinya sendiri, karena semua yang dimilikinya pasti akan kembali ke keluarga atau orang-orang yang disayanginya.

Secara finansial, apa saja yang harus diperhatikan oleh wanita?

Setiap wanita harus ingat bahwa sebelum memberi, ia harus mampu melindungi dirinya terlebih dahulu. Maka mapan secara finansial menjadi hal yang wajib bagi wanita di segala fase kehidupannya, mulai saat masih sendiri (single) alias belum menikah, ketika menikah, di hari tua, ataupun ketika keadaan memaksa ia untuk single lagi.

Apa yang harus dilindungi? Tentunya kebutuhan dasar wanita, di luar kebutuhan umum seperti sandang, pangan, dan papan.

Wanita tidak boleh lupa untuk berinvestasi pada 3 kebutuhan ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

1. Kecantikan

Secara lahiriah, wanita identik dengan keindahan. Kecantikan adalah modal dasar wanita yang harus dirawat. Ditambah sifat diri yang baik dan senyum tulus, tidak ada orang yang tidak senang berinteraksi dengan wanita cantik.

Tentu grooming atau dandan yang baik adalah yang tidak berlebihan. Penampilan yang menarik adalah yang sewajarnya dan sesuai pada tempatnya.

To age gracefullyis the real motto for beautiful woman.

 

3 dari 5 halaman

2. Pendidikan

Pendidikan adalah investasi wajib, tak terkecuali untuk wanita. Hari gini, wanita tak bisa hanya bermodalkan wajah cantik dan tubuh aduhai.

Kecantikan saja belum cukup, karena dunia tak bisa ditaklukkan hanya dengan kedipan mata. Kunci sukses seseorang tergantung pada cara berpikir yang terbuka dan wawasan yang luas, dan itu bisa diperoleh dengan pendidikan yang baik.

Investasi pendidikan tidak terbatas dan perlu dilakukan menyeluruh, intelektual dan spiritual. Wanita adalah orang pertama yang akan mendidik anak dan lingkungannya. Maka wanita harus selalu belajar karena mereka adalah kunci sebuah generasi.

 

4 dari 5 halaman

3. Kesehatan

Wanita terlahir unik dengan hormon yang begitu kompleks, yang membuatnya mampu mengandung dan melahirkan. Kondisi fisik tersebut membuat wanita kuat sekaligus rentan.

Studi menunjukkan bahwa wanita memiliki risiko sakit lebih tinggi daripada pria, secara nyata terlihat dari jumlah premi asuransi kesehatan wanita yang lebih mahal daripada pria.

Oleh karena itu, wanita wajib merawat kesehatannya. Lagi-lagi, asupan gizi yang baik bagi wanita tak hanya bermanfaat bagi dirinya sendiri, tapi bagi anak yang dikandungnya dan orang-orang yang bergantung padanya di rumah.

Secara minimum, selain makan sehat dan rajin berolahraga, wanita wajib melakukan medical check-up secara rutin. Budget kesehatan untuk wanita wajib disiapkan, jumlahnya akan meningkat seiring bertambahnya usia.

5 dari 5 halaman

Segera Mulai

Ya, investasi pada wanita itu sederhana saja dan harus dimulai dari diri sendiri terlebih dahulu. Melindungi dan merawat diri bukanlah suatu tindakan egois, sebaliknya itu adalah suatu bentuk rasa syukur dan tanggung jawab terhadap hidup itu sendiri.

Sepanjang dilakukan dengan kesadaran yang baik dan anggaran yang sesuai, self-care untuk ketiga hal di atas adalah suatu investasi jangka panjang yang akan menunjang segala aspek kehidupan lainnya.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.